Finansial

Keunggulan dan Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Paskalia-

25 Jun 2019

Keunggulan dan Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi reksa dana termasuk salah satu bentuk penanaman modal yang termasuk dalam jenis investasi keuangan. Bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, maka reksa dana ini termasuk lebih mudah untuk dilakukan apalagi untuk calon investor yang masih pemula dan belum pernah sama sekali berhadapan dengan yang namanya investasi. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik untuk mencoba berinvestasi menggunakan reksa dana, berikut ini akan dijelaskan mulai dari keunggulannya hingga panduan langkah demi langkah secara lebih jelas.


Keunggulan Investasi Reksa Dana


1. Potensi Keuntungan Tinggi

Keunggulan reksa dana yang pertama adalah kemungkinan untungnya cukup besar. Reksa dana dapat menghasilkan untung rata-rata per tahun mencapai 20%. Alasan tingginya keuntungan yang ditawarkan yakni reksa dana memiliki rentang waktu yang lama, kemudian kerap dijadikan persiapan dana untuk pendidikan atau pensiun.


2. Risiko Rendah

Berinvestasi menggunakan reksa dana termasuk kecil resikonya, sebab uang yang berasal dari investor itu kemudian akan disebar ke berbagai jenis instrumen investasi lainnya, sehingga jika terjadi suatu hal yang membuat nilai investasi anjlok, tidak semua dana reksa dana akan anjlok secara bersamaan. Seperti diketahui, reksa dana itu sebenarnya merupakan dana yang terkumpul dari berbagai investor, sehingga cukup mudah untuk dijalankan dengan cara menyebarkan dana investasi daripada bertindak sebagai investor individual yang dana untuk investasinya juga terbatas.


3. Manajer Profesional Bertindak Sebagai Pengelola

Melakukan investasi dengan reksa dana adalah hal yang mudah, sebab diurus oleh manajer pengelola yang profesional serta memadai di bidangnya. Kinerja manajer yang profesional ini juga layak diacungi jempol. Selain itu, untuk masalah fee juga Anda tidak perlu khawatir sebab reksa dana merupakan kumpulan dari investor, maka fee yang akan Anda peroleh pun akan selalu rutin. 


4. Batas Minimal Investasi Aplikasi Pilihan Sangat Murah

Investasi reksa dana sangat mudah dilakukan dan batas minimalnya juga sangat kecil sehingga Anda sudah bisa mulai berinvestasi menggunakan reksa dana menggunakan uang sebesar Rp10.000 saja. 


5. Proses Transaksi yang Tidak Merepotkan

Investasi reksa dana kini bahkan menggunakan platform online sehingga segala transaksi bisa dilakukan melalui website atau aplikasi. Proses reksa dana yang mudah dan cepat merupakan daya tarik dari investasi ini.


Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula


1. Memilih Platform

Langkah pertama ketika Anda ingin berinvestasi menggunakan reksa dana adalah dengan cara memilih platform yang akan Anda jadikan sebagai tempat mendapatkan manajer investasi yang andal. 


2. Proses Pendaftaran

Biasanya sebuah platform investasi reksa dana yang berkualitas akan menghadirkan pengalaman berinvestasi yang menyenangkan, sebab proses pendaftaran secara online lebih mudah dan cepat


3. Proses Penyetoran Dana Deposit

Setelah resmi terdaftar menjadi member di sebuah platform investasi, Anda hanya perlu menyetorkan sejumlah dana. Selanjutnya Anda dapat langsung memeriksa apakah uang sudah berada di dalam rekening. Setelah yakin bahwa Anda sudah mengirimkan sejumlah uang maka Anda sudah siap untuk berinvestasi. Hanya saja, Anda juga perlu memilih jenis apa reksa dana yang akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan. 


Memilih Jenis Reksa Dana

Ada beberapa jenis reksa dana, seperti dijabarkan berikut ini.


1. Reksa Dana Saham Terbaik

Biasanya jenis reksa dana ini paling menjadi buah bibir khususnya di media, jadi bisa dibilang bahwa jenis reksa dana yang satu ini adalah salah satu jenis paling terkenal.


2. Return Tertinggi

Meskipun terkesan bahwa return tertinggi ini akan membuat Anda bisa lebih tergiur, tetapi sebenarnya belum tentu. Sebabnya return yang tinggi juga mengakibatkan risiko yang tinggi pula.


3. Dana Kelolaan

Pada dasarnya, dana kelolaan ini merupakan tanda seberapa besar uang yang sudah masuk dalam investasi.


Membeli Reksa Dana

Setelah memilih jenis reksa dana seperti apa yang akan Anda cari, maka berikut ini akan dijelaskan proses pembelian reksa dana yang berbeda dengan platform reksa dana online. Cara membeli reksa dana, diawali dari memilih jenis reksa dana yang diinginkan kemudian pilih reksa dana saham yang akan menjadi bahan investasi Anda. Berikutnya pada setiap kamar akan tersedia tombol Buy dan Sell sebab letak hurufnya berada di bagian ujung kanan. Setelah kolom jumlah investasi terisi, langkah berikutnya Anda perlu mengklik Confirm yang letaknya ada di bagian bawah form, baru setelah itu platform online tersebut akan memproses investasi reksa dana yang Anda lakukan. 


Memantau Kinerja Reksa Dana

Sebagai seorang investor, maka Anda tidak seharusnya mengabaikan pergerakan investasi yang Anda lakukan. Anda harus selalu melakukan monitor terhadap perkembangan dari kinerja reksa dana secara terus menerus, sehingga hasil pantauan tersebut merupakan hasil yang akurat. Sebagai seorang investor pula Anda sebaiknya perlu tahu tentang nilai investasi reksa dana, potensi keuntungan atau kerugian dan lain sebagainya. Dalam sebuah platform online yang melayani investasi reksa dana tentunya akan dijelaskan mengenai beragam informasi tersebut, di antaranya seperti berikut ini.


1. Nilai investasi yang dilihat dari harga pasar terakhir.

2. Potensi keuntungan atau kerugian dilihat dari harga pasar.

3. Potensi keuntungan atau kerugian dilihat secara persentase.

4. Platform investasi online yang berkualitas tentunya akan mampu menyediakan laporan kinerja yang selalu diperbaharui setiap hari secara otomatis sesuai dengan perkembangan harga yang paling akhir, dengan demikian Anda sebagai investor tentunya akan dapat mengetahui nilai investasi yang paling baru.

Menjual Reksa Dana

Menjual reksa dana juga terbilang cukup mudah, sebab pada dasarnya, salah satu keunggulan dari investasi reksa dana ini termasuk mudahnya pencairan reksa dana. Jika Anda ingin menjual reksa dana, maka Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi platform online di mana Anda menyimpan daftar portofolio reksa dana. Setelah masuk ke halaman portfolio maka Anda tinggal memilih Sell.

Menjual reksa dana bisa dilakukan dengan dua cara, menjual berdasarkan jumlah unit dari reksa dana yang Anda miliki atau menjual berdasarkan nilai uang yang ingin Anda cairkan. Pilih salah satu dari dua pilihan tersebut pada kolom yang sudah tersedia. Kemudian, Anda juga akan diminta untuk menentukan dana hasil pencairan penjualan reksa dana itu akan dikirimkan ke rekening Anda yang mana. Anda dapat memilih agar ditransfer ke rekening platform investasi reksa dana online yang Anda ikuti, sehingga dana tersebut dapat dijadikan sebagai bahan untuk investasi lagi, atau langsung ditransfer ke rekening milik Anda sendiri.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru