Finansial

Laundry Kiloan, Usaha Kecil Menguntungkan Selalu Dibutuhkan

Kabrina Rian Ferdiani-

23 Apr 2021

Laundry Kiloan, Usaha Kecil Menguntungkan Selalu Dibutuhkan

Jika Anda merasa bingung mencari usaha kecil menguntungkan maka laundry kiloan menjadi solusi terbaik. Laundry sebenarnya sudah ada sejak dari dulu dan lebih dikenal sebagai bisnis jasa cuci baju.

Ternyata laundry semakin berkembang dan sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat saat ini. Kalau memang tertarik untuk menjalankan bisnis ini mari mengenal peluangnya dan apa saja hal-hal harus dipersiapkan.


Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol


Mengenal Usaha Jasa Laundry Kiloan dan Bagaimana Peluangnya

Laundry menjadi usaha kecil menguntungkan yang banyak dibutuhkan bahkan bisa dikatakan selalu dicari. Kesibukan seseorang baik karena bekerja atau hal lainnya dan kebutuhan akan mencuci bajunya setiap hari menjadi peluang. 

Laundry sendiri secara sederhana dapat dikatakan sebagai usaha cuci baju sampai bersih, rapi dan wangi. Daripada menggunakan jasa asisten rumah tangga yang biaya bulannya lebih mahal dibandingkan memakai jasa cuci.

Pelanggan dapat menentukan sendiri mau mencuci semua baju kotornya atau hanya baju-baju tertentu. Bisa juga hanya mencuci sprei, bed cover, selimut besar ataupun boneka yang butuh perhatian khusus saat dicuci.

Peluang laundry sebagai usaha kecil menguntungkan masih sangat terbuka lebar tidak hanya di kota besar saja. Bahkan di desa-desa juga sudah banyak ditemukan usaha satu ini karena memang sangat dibutuhkan.

Jika Anda berada di kota besar tentu untuk memulainya menjadi lebih mudah karena banyak orang sudah mengetahuinya. Jika berada di desa dibutuhkan promosi lebih mendalam lagi untuk memperkenalkan ke masyarakat.

Sebenarnya sangat sederhana karena Anda hanya perlu menerima baju kotor kemudian ditimbang beratnya berapa kilo. Barulah diproses dicuci memakai mesin cuci, terus di jemur sampai kering, disetrika kemudian di packing.

Tidak perlu khawatir karena informasi yang sudah berkembang pesat membuat banyak orang lebih mudah mengenal laundry. Anda bisa memulai usaha kecil menguntungkan dengan mempelajari bagaimana konsep kerjanya.

Agar lebih siap memulai usahanya lebih baik mempelajari apa saja dibutuhkan, hal-hal harus dikerjakan dan masih banyak lainnya. Semakin banyak ilmu dan informasi yang didapatkan membuat lebih yakin segera mulai.


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Laundry Kiloan

Meskipun konsep usaha kecil menguntungkan satu ini sangat sederhana namun jangan lupa memperhatikan banyak hal. Agar tidak sekedar memulai menjalankan usahanya namun mampu bertahan dan lebih sukses lagi.

Kondisi lingkungan dan kebiasaan masyarakat

Pertama Anda harus memperhatikan bagaimana kondisi lingkungan dan kebiasaan dari masyarakat itu sendiri. Laundry kiloan sangat cocok dijalankan pada lingkungan pekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci.

Jika memutuskan usaha ini pada lingkungan yang terbiasa mencuci sendiri tentu sangat merepotkan untuk penawaran. Jangan mengambil resiko asal membuka usahanya saja namun kebiasaan masyarakat dan kondisi lingkungan sangat penting. 

Perencanaan sebelum memulai usaha

Hal lainnya perlu diperhatikan saat memulai usaha kecil menguntungkan yaitu dengan melakukan perencanaan. Merencanakan tempat untuk usahanya, jenis mesin cuci apa yang akan digunakan, dan berbagai peralatan lainnya.

Perencanaan tenaga kerja, konsep cara kerjanya, dan cara promosi yang akan dilakukan agar lebih mudah dikenal. Jangan sepelekan perencanaan seperti ini karena akan sangat membantu Anda di awal memulai usahanya.

Estimasi kebutuhan modal

Sangat penting juga memperhitungkan berapa kemungkinan modal usaha kecil menguntungkan yang Anda butuhkan sebelum memulai. Tujuannya agar mempersiapkan modal baik dari uang sendiri ataukah mencari sumber pinjaman dari pihak lain.

Bedakan antara modal untuk kebutuhan usaha sehari-hari dan modal sebagai investasi jangka panjang. Kalau memang berencana memakai modal pinjaman sebaiknya Anda memiliki sumber yang aman untuk angsurannya.

Target pasar yang ingin dicapai

Perhatikan juga target pasar dari usaha kecil menguntungkan khususnya laundry kiloan satu ini. Pastikan memiliki target pasar yang jelas agar Anda lebih mudah menentukan strategi untuk pemasaran.

Selain itu target pasar membantu dalam proses pemenuhan kualitas terutama aroma yang digunakan biasanya berbeda. Semakin spesifik target pasarnya yang dibuat tentu sangat memudahkan untuk mendapatkan pelanggan tetap.


Baca juga: Usaha Kuliner: 3 Kiat Sukses Memulai dan Mengembangkannya


Tips Sukses Menjalankan Jasa Laundry Kiloan Bagi Pemula

Banyak orang membuktikan kalau mampu sukses dengan usaha kecil menguntungkan laundry kiloan. Gunakan beberapa tips berikut ini untuk menunjang agar lebih mudah mendapatkan kesuksesan sesuai dengan target Anda.

Pastikan kualitas hasil terbaik

Kunci utama dalam usaha laundry kiloan adalah memastikan kalau kualitas hasil cuciannya sangatlah terbaik. Baju sangat bersih, wangi, rapi, tidak rusak dan pastinya kemasan akhirnya sangat menentukan.

Kualitas yang diberikan haruslah seimbang dengan ketepatan waktu menyelesaikan pengerjaan cuciannya. Jangan sampai proses cuciannya molor sampai sudah mau diambil tetapi belum Anda selesaikan tentu sangat mengecewakan.

Jangan sampai salah barang

Meminimalkan berbagai kesalahan sangat penting saat menjalankan laundry sebagai usaha kecil menguntungkan. Misalnya kesalahan barang milik orang lain saling tertukar sehingga tidak sesuai dengan barang-barang awal.

Minimalkan juga berbagai kesalahan dalam perawatan misalnya saat menyetrika terlalu panas sehingga menjadi berkerut. Baju-baju mudah luntur dicampurkan dengan baju putih sehingga menjadi ada nodanya dan sulit hilang.

Berikan promo-promo khusus

Banyaknya penyedia jasa laundry membuat Anda harus selalu memberikan inovasi agar mendapatkan banyak pelanggan. Misalnya dengan memberikan promo khusus pada hari tertentu sehingga pelanggan tertarik datang saat hari tersebut.

Bisa juga promo bonus cuci misalnya 10 kg free 1 kg sehingga banyak pelanggan tertarik mencuci banyak. Terpenting buatlah promo semenarik mungkin sehingga menjadi berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

Buatlah sistem member

Tips sukses terakhir adalah dengan membuat sistem member kepada para pelanggan sehingga ada perlakuan khusus. Bedakan antara pelanggan dengan member agar semakin banyak orang tertarik menjadi member saja.

Laundry kiloan menjadi sangat menguntungkan karena dibutuhkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Jasa satu ini menjadi usaha kecil menguntungkan paling direkomendasikan karena mudah untuk dijalankan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru