Bisnis

Lengkap! Inilah Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Kabrina Rian Ferdiani-

06 Dec 2019

Lengkap! Inilah Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Instagram adalah media sosial yang sering digunakan oleh penikmat dunia maya. Banyak fitur yang disediakan oleh Instagram juga visual yang menarik membuat orang-orang senang menggunakan media sosial ini. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada cara mendapatkan uang dari Instagram?

Banyak cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memperoleh penghasilan dari media sosial ini. Namun, Anda juga harus memperhatikan peluang yang Anda miliki untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda juga beberapa modal yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan cara mendapatkan uang dari Instagram.

Semua informasi tersebut dapat Anda temukan dalam artikel di bawah ini.


Baca juga: Cara Analisis Pasar untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis


Apakah Bisa Mendapatkan Uang dari Instagram?

Ya, tentu saja Anda bisa mendapatkan uang dari media sosial ini. Selama sebuah bisnis bisa diekspresikan secara visual dan kreatif untuk pemasaran, Anda dapat memanfaatkan pengguna Instagram. Sekarang Anda mungkin berpikir: benar, saya mengerti itu mungkin, tetapi bagaimana tepatnya saya bisa menghasilkan uang di Instagram?


Bagaimana Peluang Mendapatkan Uang dari Instagram?

Bagi mereka yang bertanya-tanya mengapa mereka harus menghasilkan uang di Instagram, kami telah menyusun statistik Instagram teratas untuk Anda. Angka-angka di belakang Instagram sangat mengejutkan, dan platform ini menyusul pertumbuhan Facebook.

Sementara Facebook memiliki 2,07 miliar pengguna aktif bulanan, pertumbuhan Instagram telah mencapai 1 miliar pengguna selama 8 tahun pada tahun 2018 sejak diluncurkan pada tahun 2010.

Dengan Instagram mendapatkan popularitas tanpa henti, tidak mengherankan bahwa Instagrammer menjadi kekuatan yang tak terhentikan. Mereka telah menemukan cara untuk menghasilkan uang di Instagram, dan menguangkan gambar yang mereka ambil.

Untuk tujuan bisnis, angka-angka berikut layak dipertimbangkan untuk orang yang ingin menghasilkan uang dengan Instagram:

1) 1 miliar pengguna aktif setiap bulan. Itu hampir tiga kali lipat populasi Amerika Serikat.

2) 500 juta pengguna aktif setiap hari. Itu hampir dua kali lipat populasi Amerika Serikat.

3) 80 persen pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis. Ini berarti 640 juta pengguna mengikuti setidaknya satu akun bisnis.

4) Ada 2 juta pengiklan Instagram setiap bulan.

5) Waktu yang dihabiskan di Instagram meningkat 80 persen setiap tahun.

6) 300 juta akun Instagram menggunakan Cerita Instagram setiap hari.

7) Pengguna Instagram berdasarkan usia:

Berusia 18 hingga 29 tahun: 59 persen

Berusia 30 hingga 49 tahun: 33 persen

Berusia 50 hingga 64 tahun: 18 persen

Berussia 64+ tahun: 8 persen

8) pengguna Instagram berdasarkan jenis kelamin:

Perempuan: 38 persen

Laki-laki: 26 persen

Lainnya: 36 persen

10) Posting Instagram dengan tag lokasi mendapat 79 persen lebih banyak keterlibatan.

11) Foto dengan wajah mendapat 38 persen lebih banyak suka.


Baca juga: Peluang Bisnis saat Natal yang Mampu Datangkan Cuan


Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Instagram?

Setidaknya, ada 5 cara mendapatkan uang dari Instagram yang paling sering dilakukan. Dalam uraian berikut ini, kami akan menjelaskan masing-masing cara tersebut dengan lebih detail.


Menjadi influencer dan menghasilkan uang dari endorsement

Dengan status influencer Anda, Anda bisa diminta untuk melakukan endorsement bagi produk atau toko oleh sebuah merk. Influencer adalah seseorang yang telah membangun reputasi dengan melakukan dan berbagi hal-hal secara online. Mereka memiliki follower yang banyak dan mereka dapat meyakinkan audiens mereka tentang tren.

Merk atau online shop cenderung bermitra dengan influencer untuk melakukan posting yang disponsori untuk membantu menyebarkan berita tentang produk dari merk atau online shop. Tidak hanya membuat post, seorang influencer harus benar-benar memikirkan bagaimana promosi ini bisa mendapatkan engagement yang besar dan benar-benar meyakinkan audiens untuk membeli produk atau jasa sebuah merk.

Influencer top dapat menghasilkan belasan juta per post yang disponsori. Bayangkan, melakukan satu post disponsori per hari, Anda dapat menghasilkan ratusan juta per bulan dengan mudah.

Sebagai influencer, sangat penting bagi Anda untuk mengenali audiens Anda. Anda perlu memahami siapa audiens Anda, sehingga Anda tahu merk mana yang paling cocok untuk audiens Anda. Jika Anda telah beralih ke akun bisnis Instagram, Anda dapat mengetahui berapa umur dan gender follower Anda melalui Instagram Analytics.

Sekarang, Anda mungkin berpikir, bagaimana cara menemukan merk yang mau membayar saya untuk melakukan endorsement?

Nah, jika Anda cukup terkenal di dunia maya, kemungkinan merk besar akan menjangkau Anda. Namun, Anda juga dapat menemukan merk yang menurut Anda paling cocok dengan kepribadian dan nilai Anda secara mandiri. Anda dapat menjangkau mereka secara langsung (melalui Instagram atau melalui situs web mereka) untuk mencoba menegosiasikan kesepakatan endorsement. Namun, Anda juga dapat mendaftarkan diri Anda di pasar influencer untuk meningkatkan peluang Anda ditemukan oleh merk besar.

Sebagai tips tambahan, berhati-hatilah untuk tidak kehilangan kepercayaan dari audiens Anda ketika Anda mengunggah post endorsement. Itulah sebabnya Anda bisa menambahkan #sponsored agar audiens Anda tahu. Atau, Anda perlu mencoba produk dan jasa yang akan endorse secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa menjaring mana produk atau jasa yang layak di-endorse dan mana yang tidak.


Menjadi afiliasi dan hasilkan uang dengan menjual produk orang lain

Anda dapat menjual produk orang lain dan mendapatkan diskon. Banyak merek menjual produk mereka melalui program afiliasi. Ada banyak orang yang menghasilkan uang dari Instagram dengan cara ini.

Perbedaan antara influencer dan afiliasi adalah bahwa afiliasi berupaya menghasilkan penjualan untuk merek yang bermitra dengan imbalan komisi. Di sisi lain, influencer memiliki tujuan utama meningkatkan awareness. 

Afiliasi menghasilkan uang di Instagram melalui tautan yang dapat dilacak atau kode promo. Setiap klik dari audiens Anda bisa dikonversi menjadi penjualan. Buatlah post yang menarik sehingga Anda dapat mempromosikan produk tanpa memaksa. Di setiap post, sertakan keterangan bahwa produk dapat dibeli melalui tautan di bio Instagram.


Jual foto poster dan produk virtual lainnya

Instagram sangat digemari karena konten visualnya. Produk fotogenik akan laris manis di Instagram. Anda dapat menjual poster, lukisan, gambar, animasi, video, dan produk virtual berbasis gambar atau video lainnya.

Di setiap posting Anda, rujuk pembaca untuk mengunjungi tautan di bio Anda. Ini adalah cara populer lainnya yang menghasilkan uang dari Instagram.

Jika Anda berpikir memiliki kemampuan fotografi yang tinggi, Anda bisa dibayar mahal untuk skill tersebut. Namun, jangan membatasi diri Anda hanya dengan keterampilan fotografi Anda. Coba kemungkinan lain dengan menggunakan aplikasi pengeditan foto terbaik untuk ponsel untuk mendapatkan hasil maksimal dari foto yang Anda ambil.

Cobalah untuk menjadi original saat Anda mengambil foto. Anda dapat menggunakan Instagram untuk mempromosikan portofolio fotografi Anda menggunakan tagar Instagram yang relevan.


Jual produk fisik Anda sendiri

Anda dapat menjual produk fisik apa pun yang Anda produksi sendiri atau beli dari pemasok. Anda membutuhkan tempat untuk dapat menyimpan produk, seperti ruang kosong di rumah atau tempat penyimpanan sewaan. Misalnya, jika Anda membeli beberapa inventaris dari pemasok yang berbasis di Cina, Anda perlu ruang untuk menyimpannya sebelum dipesan dan dikirimkan ke pelanggan.

Mulai Februari 2018, Anda dapat menjual produk langsung di Instagram melalui post dan story Instagram. Dengan hanya menandai produk di gambar Instagram, Anda dapat mengarahkan pengikut Instagram Anda ke halaman produk Anda di mana mereka dapat membeli produk dengan cepat.


Jual produk dropship

Dropshipping adalah model bisnis yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan toko Anda tanpa harus menyimpan inventaris apa pun. Setelah Anda melakukan penjualan, pemasok Anda akan mengirimkan produk Anda dari gudang mereka, langsung ke depan pintu pelanggan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan, pengemasan, atau pengiriman produk Anda.

Anda dapat dengan mudah membuat toko dropshipping dengan platform e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Dengan dropshipping, Anda dapat bereksperimen untuk menemukan produk yang akan laris manis, tanpa menyia-nyiakan modal awal.


Apa Modal untuk Menghasilkan Uang di Instagram?

Sebelum mulai menjalankan misi Anda untuk menghasilkan uang dari Instagram, Anda perlu memiliki modal untuk “berperang”. Berikut ini beberapa modal yang harus Anda miliki untuk menghasilkan uang di Instagram.


Kuasai Instagram untuk Bisnis

Ada 2 jenis akun Instagram: pribadi dan bisnis. Akun bisnis diluncurkan pada Juli 2016. Anda dapat belajar Instagram untuk Bisnis dengan menonton video instruksional yang banyak di Youtube.

Anda perlu tahu tool yang ada di fitur Instagram untuk Bisnis. Manfaatkan berbagai tool tersebut memasarkan produk dan jasa Anda. Anda juga bisa menemukan peluang bisnis dengan menggunakan akun Instagram untuk Bisnis.


Luncurkan Toko Instagram

Toko Instagram memungkinkan Anda mengintegrasikan katalog produk Anda dengan profil Instagram Anda. Anda dapat  mempromosikan produk Anda langsung ke pengguna Instagram melalui post atau story. Jika Anda ingin tahu cara memasarkan produk Anda melalui Instagram, bacalah artikel 6 Tips Sukses Memasarkan Produk di Instagram.


Menguasai Integrasi Aplikasi Belanja E-commerce dengan Instagram

Instagram hadir dengan daya beli terbatas, yang membutuhkan kecerdikan untuk membuatnya berfungsi untuk bisnis. Namun, fitur belanja e-commerce dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang dirancang khusus.

Cobalah beberapa aplikasi, sehingga Anda dapat melihat sendiri aplikasi mana yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan produk, beserta harga dan spesifikasinya pada halaman terpisah. Dengan cara ini, pembeli akan merasa mereka masih di halaman Instagram Anda sementara mereka sebenarnya sudah ada di halaman aplikasi belanja yang siap untuk e-commerce.

Kami merekomendasikan menggunakan Shopify karena Shopify memiliki banyak aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan Instagram. Banyak dari aplikasi itu yang bisa dicoba secara gratis, jadi tidak ada risiko jika Anda tidak berhasil.


Kuasai Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Instagram

Instagram memiliki aturan terperinci tentang bagaimana Anda harus memposting, jenis gambar atau video untuk dikirim, dan berapa kali sehari Anda dapat memposting. Mengikuti aturan-aturan ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan uang dari Instagram. Ini juga membatasi jumlah tagar untuk dimasukkan, sehingga Anda tidak bisa hanya melakukan spam akun Instagram Anda dengan lebih dari 30 tagar yang tidak terkait dengan konten posting.

Menurut CoSchedule, disarankan untuk memposting 1 hingga 2 kali per hari, sehingga pengikut Anda tidak akan merasa kewalahan. Anda juga akan memiliki waktu yang cukup untuk membuat pos yang unik.

Menurut Sprout Social, panjang ideal teks Instagram adalah antara 138 hingga 150 karakter. Untuk teks iklan, tetap dengan 125 karakter. Jumlah tagar yang optimal adalah antara 5 hingga 10.


Anda telah mempelajari peluang dan cara mendapatkan uang dari Instagram. Anda juga telah mengetahui modal yang perlu Anda siapkan untuk memperoleh uang dari Instagram. Jadi, siapkah Anda berbisnis dengan mengandalkan media sosial ini?


Baca juga: Ide Bisnis Online Tahun 2020 yang Sayang untuk Dilewatkan


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru