Gaya Hidup

5 Ciri-Ciri Pekerja Keras, Apakah Anda Memilikinya?

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Apr 2020

5 Ciri-Ciri Pekerja Keras, Apakah Anda Memilikinya?

Hampir semua orang akan menganggap diri mereka sebagai orang yang kerja keras. Alasannya adalah karena jumlah jam yang mereka masukkan ke dalam pekerjaan mereka. Dan ya, banyak dari kita menghabiskan banyak waktu.

Tetapi apakah jam merupakan satu-satunya indikator dari apa artinya menjadi pekerja keras? Apakah cara Anda bekerja, bukan hanya berapa jam Anda bekerja, berkontribusi pada seperti apa sebenarnya kerja keras itu?

Inilah ciri-ciri orang pekerja keras.


Baca juga: Alasan Mengapa Kerja Keras adalah Kunci Sukses


1. Prioritas: Sampai di Tujuan Akhir

Menjadi pekerja keras dimulai dengan memiliki prioritas yang tepat. Tidak ada gunanya bekerja keras menuju tujuan yang tidak penting. Ketika kita tidak memulai dengan tujuan akhir dalam pikiran, kita berakhir di tempat yang tidak pernah kita pikirkan.

Untuk membantu Anda menetapkan prioritas yang tepat, praktikkan Aturan 80/20. Aturan 80/20 mengatakan bahwa 80% dari hasil Anda adalah hasil 20% dari penyebab Anda. Dengan kata lain, 20% dari aktivitas Anda akan menghasilkan 80% dari dampak Anda. Atau, 20% dari pelanggan Anda merupakan 80% dari penjualan Anda. Atau, 20% dari produk dan layanan Anda akan mencakup 80% dari keuntungan Anda. Atau, 20% dari tugas Anda akan menghasilkan 80% dari nilai yang Anda tambahkan ke organisasi.

Untuk mempraktikkan Aturan 80/20, buat daftar semua yang Anda lakukan di tempat kerja (mungkin ada puluhan kegiatan). Kemudian, pilih 20% dari item dalam daftar Anda yang memiliki dampak terbesar pada organisasi.

Akhirnya, investasikan waktu sebanyak mungkin dalam 20% teratas, menyadari mereka kemungkinan akan menghasilkan 80% dari hasil Anda. Jika Anda mencoba mencari cara mengidentifikasi 20% teratas Anda, tanyakan pada diri sendiri tiga pertanyaan:

Apa prioritas utama organisasi saya?

Apa kekuatan terbesar saya?

Kegiatan apa yang memberikan pengembalian terbesar atas investasi waktu saya?

Di mana jawaban Anda untuk ketiga pertanyaan ini berpotongan harus memberi Anda petunjuk untuk 20% teratas Anda. Cari cara untuk mendelegasikan atau mengalihdayakan tugas yang tersisa. Banyak dari mereka mungkin hanya membuang-buang waktu sehingga Anda harus berhenti melakukannya.


2. Inisiatif: Mulai Sekarang

Pekerja keras memahami pentingnya mengambil inisiatif. Tidak cukup untuk berbicara, bicara harus menjadi tindakan.

Tepat waktu - Tiba tepat waktu untuk bekerja, rapat, dan janji temu. Jika Anda terus menerus terlambat, Anda mungkin menjadwalkan terlalu banyak, terlalu banyak tidur, atau meremehkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk suatu tugas.

Menyelesaikan masalah - Pekerja keras memiliki masalah saat mereka muncul. Mereka tidak menunjuk, menyalahkan orang lain, atau mengatakan, "Itu bukan pekerjaan saya." Ketika masalah muncul, mereka mengambil inisiatif untuk menyelesaikannya dengan cepat.

Jadilah Proaktif - Pekerja keras tidak menunda-nunda. Mereka memotivasi diri, didorong, dan memiliki bias terhadap tindakan. Anda tidak perlu menyalakan api di bawah orang yang proaktif.


3. Kualitas: Secara konsisten menampilkan keunggulan

Pekerja keras berkomitmen untuk menjadi lebih baik. Mereka memiliki keinginan yang tak pernah terpuaskan untuk terus meningkat. Mereka mempelajari praktik terbaik, menerapkan solusi yang tepat, dan mengukur hasil. Pekerja keras berkomitmen untuk memberikan tingkat kualitas tertinggi hari demi hari.


4. Efisiensi: Maksimalkan Waktu Anda

Pekerja keras belajar mengatur waktu mereka dengan memberikan kualitas dengan efisiensi.

Untuk memaksimalkan waktu Anda, sisihkan segmen waktu yang lebih besar dalam jadwal Anda. Anda akan selalu memiliki segmen kecil waktu yang dibuat untuk Anda. Tetapi sejumlah besar waktu harus dijadwalkan dengan sengaja.

Selanjutnya, berinvestasi dalam sistem hemat waktu. Ketika Anda membuat sistem hari ini yang menangani tugas besok, maka Anda memiliki waktu bebas besok yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan tugas.

Pekerja keras berkomitmen untuk tidak hanya melakukan prioritas yang tepat dengan tingkat kualitas yang tinggi, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan waktu mereka.


5. Kegigihan: Tidak Pernah Menyerah

Alasan mengapa banyak orang tidak berhasil adalah karena mereka menyerah sebelum sukses memiliki kesempatan untuk muncul. Pekerja keras tidak berhenti. Mereka terus mendorong, dan mencari solusi, sampai mereka mencapai tujuan mereka.

Jika kita tidak hati-hati, kita akan alergi terhadap kegigihan, selalu mencari jalan yang mudah. Sementara itu, terkadang jalur yang mudah tidak ada.


Baca juga: Jangan Asal Pilih! Inilah Ciri-ciri Asuransi Kesehatan yang Terpercaya


Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru