Finansial

8 Tips Memilih Investasi P2P Lending Terbaik Hasilkan Cuan

Pretty Angelia Wuisan-

21 Oct 2021

8 Tips Memilih Investasi P2P Lending Terbaik Hasilkan Cuan

Memilih investasi P2P lending terbaik sudah sepatutnya Anda lakukan untuk menjadi investor yang berhasil. P2P lending terbaik juga jauh dari manipulasi dana alias investasi bodong. Anda perlu tahu bagaimana memilih P2P lending terbaik dan terpercaya.

Kesimpulannya, investasi P2P lending terbaik punya ciri khasnya tersendiri. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan karena fintech peer-to-peer (P2P) lending terbaik sudah lolos verifikasi tertentu untuk bisa beroperasi. Ini tips untuk memilih investasi P2P lending.


Baca juga: 7 Ciri-Ciri P2P Lending Aman yang Perlu Anda Ketahui


Investasi P2P Lending Terbaik adalah yang Legal

Salah satu ciri investasi P2P lending terbaik adalah terdaftar dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

P2P lending terdaftar diperuntukkan bagi platform P2P lending Indonesia yang baru saja berdiri dan mengajukan menjadi terdaftar di OJK. Apabila memenuhi kriteria, P2P lending itu diizinkan untuk menaruh logo terdaftar di OJK di aplikasi dan situs webnya.

Namun, logo itu hanya berlaku 1 tahun, berikutnya P2P lending wajib mengajukan perizinan. Setelah itu, barulah bisa meraih predikat berizin yang berlaku permanen. Modal Rakyat merupakan P2P lending yang sudah berizin dari OJK. 

Untuk mengetahui P2P lending lainnya yang sudah legal, Anda bisa mengeceknya langsung di website OJK. 


Bisa Dimulai dari Modal Minim

Investasi P2P lending terbaik biasanya juga bisa dimulai dari modal yang minim. Memberikan pinjaman dari modal kecil ini cocok untuk Anda yang masih ingin mencoba mendanai di P2P lending atau memang belum punya modal yang besar.

Anda jadi mempermudah penerima pinjaman mendapatkan pinjaman untuk usaha mereka. 


Menawarkan Imbal Hasil yang Menarik dan Wajar

Investasi P2P lending terbaik biasanya akan memberikan imbal hasil yang menarik dan wajar. Umumnya, imbal hasil yang diberikan pada pendana mulai dari 18% hingga 20%. 

Jika Anda menjadi pendana di Modal Rakyat, Anda bisa meraih imbal hasil 18% setiap tahunnya. Menguntungkan, bukan?

Imbal hasil ini sebagai bentuk apresiasi untuk Anda yang sudah membantu peminjam seperti pelaku UMKM yang kesulitan meraih akses kredit ke perbankan yang syaratnya lebih rumit.

P2P lending yang terbaik biasanya tidak akan mengiming-imingi penggunanya dengan keuntungan yang tidak masuk akal. Misalnya, bisa mendapatkan untung hingga 100% dalam waktu sebulan atau bahkan sehari. Berarti dia sudah berbohong.


Memberikan Informasi Benar Terkait Peminjam

Sebagai pendana nanti Anda akan diberikan daftar peminjam yang bisa Anda danai. Untuk memberikan modal pada mereka, Anda terntunya perlu mempelajari tentang mereka dulu.

Hal yang perlu dipelajari itu mulai dari usaha apa yang dilakukan, laporan keuangan, BI checking atau credit score, dan informasi penting lainnya. Dari sini Anda pasti akan menemukan peminjam yang menarik untuk didanai.

Anda tentunya tidak mau mengalami gagal bayar, jadi akan memilih peminjam dengan fact sheet terbaik. Anda juga akan diberi kebebasan dalam memilih jangka waktu atau tenor.

Di Modal Rakyat, Anda akan mudah melakukan pengecekan karena informasi yang diberikan sesuai fakta yang diberikan langsung oleh peminjam. Tentu hal itu juga sudah melewati prosedur verifikasi yang ketat.


Jumlah Dana yang Disalurkan Besar

Pilih P2P lending yang berhasil menyalurkan dana dalam jumlah yang tinggi. Itu artinya P2P lending tersebut dipercaya sebagai instrumen investasi oleh banyak orang. Itu juga berarti P2P lending tersebut sudah bekerja secara profesional.

IP2P lending itu tidak menggunakan dana dari pengguna untuk digunakan pada hal-hal yang dilarang oleh hukum negara. Misalnya, menyelewengkan dana untuk kepentingan perusahaan.

Penyaluran dana diterima dengan baik oleh peminjam yang membutuhkan. Pendana juga meraih pengembalian dana miliknya sesuai dengan yang dijanjikan.

Contohnya adalah P2P lending Modal Rakyat yang berhasil menyalurkan dana sebesar Rp2,5 triliun.


Akses Data Hanya untuk “CAMILAN”

Anda tidak perlu khawatir data pribadi Anda bocor karena biasanya P2P lending yang legal tidak akan mengakses data seperti kontak hingga data penting lainnya.

P2P lending legal hanya diperbolehkan untuk mengakses “CAMILAN” yang dikenal juga dengan sebutan kamera, mikrofon, dan GPS atau lokasi Anda. 

Selebihnya jika Anda merasa P2P lending yang Anda pilih berani mengakses kontak pribadi, berarti P2P lending tersebut ilegal. Anda pun bisa melaporkannya pada pihak OJK supaya bisa ditindaklanjuti.  

Modal Rakyat pun aplikasinya hanya bisa mengakses “CAMILAN”, sesuai dengan arahan OJK.


Mempunyai Nilai TKB90

Anda juga perlu memilih investasi P2P lending terbaik yang memiliki nilai TKB90 ke atas. Maksud dari TKB adalah tingkat keberhasilan P2P lending dalam mengembalikan pinjaman pada pihak pendana.

Apabila TKB yang dimilikinya mencapai nilai 100, itu berarti para peminjam di sana taat peraturan karena mampu mengembalikan dana 90 hari dari waktu jatuh tempo.

Untuk mudah mengecek TKB milik P2P lending, Anda dapat melihatnya di situs web resminya. Dari arahan OJK, P2P lending legal diharuskan memasang nilai TKB pada situs web miliknya.

Sementara itu, Modal Rakyat berhasil meraih 99,97%, nyaris mendekati angka 100.


Menyediakan Asuransi

Dalam mendanai di P2P lending Anda juga dihadapkan dengan risiko, seperti peminjam usahanya bangkrut dan membuatnya gagal membayar pinjaman Anda. Anda pun berisiko kehilangan modal dalam waktu sekejap. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena modal Anda bisa tetap aman dengan cara proteksi asuransi.

Biasanya pihak P2P lending akan menyediakan opsi asuransi untuk pendana. Pendana bisa setuju atau tidak. Tentunya jika ingin mempunyai proteksi untuk risiko gagal bayar, Anda bisa menerima opsi tersebut.


Baca juga: P2P Lending Indonesia: Sejarah dan Peran di Inklusi Keuangan


Itulah tips untuk memilih investasi P2P lending terbaik yang dapat menghasilkan cuan menjanjikan. P2P lending memang cocok menjadi salah satu instrumen untuk berinvestasi.

Jangan lupa juga untuk memilih P2P lending legal demi kemudahan mendanai usaha kecil. P2P lending legal sudah mengikuti serangkaian penilaian sehingga operasionalnya sesuai dengan aturan pemerintah. 


Raih Cuan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru