Bisnis

Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Jun 2020

Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi

Anda mungkin berpikir menjalani bisnis online merupakan hal yang mudah mengingat maraknya bisnis ini. Anda bisa menjalani bisnis di bidang kuliner, fashion, hingga elektronik, tergantung bidang apa yang disukai. Anda pun dengan mudah menemukan produsen produk yang ingin Anda jual.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa dalam menjalani bisnis secara online tidak semudah yang dibayangkan? Selayaknya jenis bisnis lainnya, bisnis online pun memiliki tantangan tersendiri yang hampir tidak mungkin Anda hindari. Berikut ini merupakan kelima tantangan yang harus Anda hadapi sewaktu memulai bisnis ini. 


Baca juga: Modal Utama untuk Sukses Menjalankan Bisnis Online


Bahaya Penipuan yang Rentan Terjadi

Saat ini penipuan di internet sudah marak terjadi. Penipuan di internet bahkan sudah terjadi sejak awal berkembangnya bisnis ini, yaitu sekitar 12 tahun yang lalu. Oleh karenanya, sebaiknya Anda berhati-hati karena target penipuan di internet tidak hanya pembeli. 

Melainkan juga penjual yang bisa saja menjadi target tindak kejahatan dunia maya ini. Penipu di internet bisa saja berpura-pura menjadi pembeli kemudian melakukan tipu muslihat yang akhirnya mengakibatkan Anda mengalami kerugian. Selain itu, hacker juga bisa mempora-porandakan bisnis online Anda dan membuat Anda merugi. 

Anda tentunya tidak ingin hal ini terjadi pada Anda selaku pelaku bisnis, bukan? Jadi, pastikan Anda tetap waspada. Sebagai penjual, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk mengerti atau mengenal setiap produk yang dijual secara rinci. 

Selain itu, pastikan baik diri Anda maupun bisnis online Anda tidak disalahgunakan oleh si penipu di internet untuk menipu pelanggan. Atasi masalah ini dengan membuat informasi resmi secara berkala kepada pelanggan Anda.


Kompetitor dengan Bidang yang Sama

Tantangan selanjutnya merupakan tantangan pertama yang bisa langsung Anda temui. Tidak lain adalah kompetitor. Seiring dengan berkembangnya zaman, ribuan bahkan jutaan orang memulai bisnis mereka secara online. Jika mengingat bisnis online lebih mudah dibanding dengan bisnis konvensional yang harus bertatap muka dan memerlukan sewa, tempat .

Tentunya bisnis secara online terbilang lebih menguntungkan. Keberadaan para pelaku bisnis online ini selanjutnya akan menjadi tantangan bagi Anda menjalankan bisnis karena mereka akan menjadi kompetitor dalam berbisnis. 

Terlebih lagi kompetitor yang menjalani bisnis ini dengan menjual produk yang serupa bahkan sama dengan produk yang Anda jual di bisnis ini. Anda tentunya perlu bersiap-siap. Meskipun begitu, Anda jangan terlalu kaku dalam memandang kompetitor. 

Karena kompetitor sebenarnya bisa menjadi percontohan bagi Anda untuk belajar bisnis online, di samping menjadi pesaing bagi Anda. Terlebih lagi jika kompetitor tersebut merupakan pengusaha online yang jauh lebih besar. Dengan adanya kompetitor yang seperti itu, Anda bisa meniru cara berjualan dan melakukan inovasi dari situ.


Masalah pada Manajemen Keuangan

Anda mungkin berpikir manajemen dalam bisnis ini terbilang mudah karena yang perlu Anda lakukan adalah mengelola pembelian stok produk kemudian menjualnya lagi. Masalah keuangan bisa saja terjadi ketika Anda tidak berhati-hati dalam mengelolanya sehingga dibutuhkan pencatatan yang baik dan benar. 

Mulai dari pencatatan seluruh pendapatan hingga pencatatan pengeluaran untuk urusan apapun, harus Anda masukkan ke dalam pembukuan keuangan bisnis Online Anda. Dengan adanya catatan ini, Anda tidak kesulitan dalam menelusurinya kembali kalau-kalau terjadi sesuatu yang salah dari keuangan Anda. 

Anda bisa mencari hal yang mencurigakan tersebut dengan mengecek pembukuan keuangan Anda. Sebenarnya pembukuan keuangan bisnis online ini tidak jauh berbeda dengan pembukuan bisnis konvensional karena manajemen keuangan merupakan salah satu hal paling penting yang perlu diperhatikan untuk berbagai jenis bisnis. 

Dengan pembukuan ini, Anda bisa menganalisis perkembangan bisnis dan apabila hasilnya melebihi target, Anda bisa membesarkan bisnis tersebut. Maka, sangat penting melakukan manajemen keuangan dengan baik meski Anda baru memulai bisnis ini.


Karakter Pelanggan yang Beraneka Macam

Bisnis tanpa pelanggan bukanlah bisnis. Apa gunanya Anda menjual jika tidak ada yang membeli. Itulah mengapa pelanggan adalah raja. Akan tetapi, perlu Anda ketahui, meskipun Anda tidak bertemu langsung, Anda tetap harus memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan Anda serta pahamilah karakter pelanggan-pelanggan Anda.

Dalam menjalankan bisnis online, Anda akan menemukan berbagai tipe pelanggan yang berbeda. Mulai dari yang ramah, terburu-buru, panik dan lain sebagainya. Ada tipe pelanggan yang kritis, banyak maunya, dan juga banyak bertanya, serta ada kalanya setelah itu tidak jadi membeli. 

Sebagai penjual, Anda harus bersabar dan tetap membeli pelayanan yang terbaik karena dengan begitu Anda tetap bisa menjaga citra Anda. Beberapa pelanggan bahkan hanya ingin jahil terhadap Anda. Ada juga konsumen yang terlalu banyak kritik dan menyalahkan Anda meskipun Anda tidak salah. 

Beberapa di antaranya mungkin baru pertama kali menggunakan online shop, sehingga pelanggan ini bingung. Akan tetapi, Anda tetap harus ramah pada pelanggan namun tetap jeli dan tetap menjaga reputasi bisnis online Anda.


Perkembangan Pesat pada Teknologi

Seperti yang Anda ketahui bisnis ini tidak bisa lahir dan tidak mungkin lepas dari yang namanya teknologi dan seiring berkembangnya zaman teknologi terus berkembang pesat. Pesatnya perkembangan teknologi ini tentunya dapat memengaruhi bisnis yang sedang Anda jalani.

Karena mau tidak mau Anda harus tetap bisa menyesuaikan diri. Dahulu bisnis menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut atau melalui media cetak. Saat ini, karena Anda sedang menjalankan bisnis online, maka sebaiknya melakukan pemasaran dengan media sosial. 

Lebih lanjut Anda bisa menggunakan e-commerce satu dan e-commerce lainnya. Anda harus bisa menyesuaikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi agar bisnis Anda tetap eksis. Jika tidak, mungkin usaha Anda akan jauh tertinggal dari saingan bisnis yang ada.

Apakah Anda tertarik menjalankan bisnis dengan memanfaatkan teknologi dan pelayanan online? Pastikan Anda paham betul apa-apa saja yang akan hadapi. Jangan sampai kelima hal di atas menggoyahkan semangat Anda dalam melakukan bisnis online karena Anda pasti bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini.


Baca juga: Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru