Gaya Hidup

Menemukan Kebahagiaan dengan Hidup Sederhana

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Feb 2020

Menemukan Kebahagiaan dengan Hidup Sederhana

Kebahagiaan? Ya tentu semua orang menginginkan hidup bahagia. Namun dari sekian orang yang menginginkan bahagia, ternyata terdapat beberapa orang yang tidak bahagia hanya karena hidupnya sangat sederhana. Menemukan kebahagiaan melalui hidup sederhana bisa Anda temukan dengan hidup apa adanya. 

Banyak yang berkata bahagia itu ketika memiliki banyak uang. Namun bagaimana dengan orang-orang yang hidupnya cukup sederhana? Apakah mereka tidak bisa berbahagia? Maka dari itu di artikel ini akan dibahas mengenai hidup sederhana. Bagi kalian yang sedang terpuruk oleh keadaan, simak ulasan berikut ini agar Anda bisa berbahagia.


Baca juga: 6 Kado Hari Valentine yang Romantis untuk Pasanganmu


Selalu Bersyukur 

Dengan bersyukur kepada Tuhan, maka Anda akan menemukan kebahagiaan, karena kebahagiaan yang sejati berasal dari Tuhan. Di dalam keadaan apapun Anda akan akan berbahagia berbahagia jika Anda berharap kepada Tuhan.

Anda harus mensyukuri suka dan duka yang Anda rasakan, karena suka duka yang dirasakan terkadang malah akan berbuah baik. Sehingga di masa yang sulit Anda harus tetap bersyukur kepada Tuhan.

Hal ini akan membuat Anda lebih merasa tenang karena lebih bisa mengendalikan emosi dan menyerahkan semua beban masalah kepada Tuhan lewat doa.


Berpenampilan Sesuai Isi Kantong

Sangat sedikit orang di zaman sekarang yang tidak segan berhutang supaya memiliki penampilan yang sedikit lebih menarik dari kebanyakan orang. Sehingga pada akhirnya harus kebingungan membayar hutang. hidup yang demikian ini sebenarnya tidak benar-benar bahagia, tetapi hanya kebahagiaan semu. justru hanya akan berakhir pada kepedihan.


Rendah Hati

Meskipun Anda memiliki banyak keunggulan di dalam diri Anda diantara teman-teman yang lain, namun Anda harus menghindari keinginan untuk menyombongkan diri atau merasa lebih hebat.

Seseorang yang memiliki sikap rendah hati akan lebih disukai oleh orang lain. sikap ini akan membuat seseorang lebih humble dan tidak sombong, sehingga lebih bisa dapat menghargai orang lain.

Terlebih lagi Anda akan mendapatkan lebih banyak teman karena Anda memiliki sifat yang rendah hati. Karena kebanyakan orang lebih senang memiliki teman yang rendah hati dan tidak sombong.


Membaur dengan Lingkungan Sosial

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan sosialisasi. interaksi dengan lingkungan sosial akan membuat seseorang dapat membuka pikiran dan lebih enjoy karena dapat bertukar pikiran atau sekedar berdiskusi. membaur dengan lingkungan sekitar adalah bagian dari cara belajar untuk hidup sederhana dari orang-orang sekitar Anda. dan juga akan lebih peka terhadap sekitar karena Anda berinteraksi dan mengenal langsung manusia disekitar Anda.


Berpikir Positif

Menemukan sebuah kebahagiaan dengan hidup sederhana bisa dimulai dengan berpikir positif, tidak ada hal yang akan menghalangi hidup Anda. Anda akan mampu mengatasi banyak masalah di dalam kehidupan, bangkit dari kegagalan dan bersemangat jika Anda mampu berpikir positif.


Rutin Berolahraga

Anda harus rajin berolahraga karena dengan berolahraga, maka beban hidup akan berkurang karena Anda bisa mengalihkan masalah dengan olahraga. Dengan berolahraga juga akan membuat tubuh Anda menjadi sehat, maka harus memilih waktu yang tepat untuk berolahraga agar badan dan pikiran Anda menjadi sehat.


Makan dan Minum Secukupnya

makan dan minum adalah kebutuhan pokok bagi manusia untuk hidup. maka prinsip inilah yang harus dipegang oleh seseorang agar mampu mengontrol keinginannya dalam mengkonsumsi makanan yang berlebih, sehingga dapat menjalani hidup lebih sederhana. Selain juga untuk tujuan berhemat, maka hal ini juga dapat Anda lakukan agar bisa belajar bahwa segala hal tidak harus dilakukan dengan berlebihan.


Menerima Diri

Jika Anda merasa, ketika membeli sesuatu aku lebih berharga dan lebih bahagia. Maka hal tersebut harus digantikan untuk tetap bahagia dengan apa yang Anda miliki saat ini.

Menerima keadaan diri sendiri dan selalu bersyukur akan apa yang sudah dimiliki merupakan salah satu langkah awal untuk mendapatkan kebahagiaan. Karena kebahagiaan sejati adalah memulai mencintai diri sendiri.


Menjadi Kreatif

Selanjutnya Anda perlu menjadi kreatif, contohnya adalah dengan mengelola keuangan pribadi. Anda bisa mengelola uang dengan sangat kreatif bahkan ketika tidak memiliki uang.

terkadang menjadi kreatif itu keharusan disaat kondisi seseorang dalam keterbatasan. untuk break the limit dan keluar dalam suatu masalah misalnya keuangan, seseorang dituntut berpikir kreatif agar mampu keluar dari masalahnya.

Anda harus belajar untuk menemukan kebahagiaan di dalam hal yang terkecil dan sederhana sekalipun. apapun itu, Anda harus percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk melakukan banyak hal dengan kemampuan dan kreatifitasnya masing-masing.


Tidak Meniru Orang

Tidak jarang sebagian orang menduplikasi diri orang lain atau idolanya hanya demi mendapatkan pengakuan dan kepuasaan. Bersikap dan berperilaku seperti ini sebenarnya tidak memberikan dampak positif dan kebahagiaan batin seseorang, bahkan terkadang seseorang akan semakin tertekan karena harus selalu mengikuti standar orang lain.

Oleh sebab itu, tak perlulah Anda menjadi orang lain hanya untuk memperoleh kebahagiaan palsu, cukup jadilah diri Anda sendiri dan maksimalkan potensi Anda. maka Anda akan mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan batin yang hakiki.

Jangan pernah ingin menjadi orang lain dan menginginkan kehidupan orang lain.

Nikmati banyak hal kecil yang terjadi dalam hidup Anda, hal ini bertujuan agar hidup Anda semakin bahagia.


Lakukan Hal Sesuai Passion

Seseorang yang mengerjakan pekerjaan sesuai passionnya, akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal karena selain mampu, seseorang juga merasa bahagia dalam melakukannya.

pekerjaan yang dilakukan dengan bahagia, maka dalam proses pekerjaannya akan memicu seseorang mengeluarkan segala kreativitas dan gagasannya karena merasa enjoy dan bebas tanpa tekanan.


Memaafkan Kesalahan Orang 

Jika Anda berada di dalam lingkungan dengan banyak orang, bertemu dengan banyak orang, maka kesalahan sekecil apapun pasti pernah Anda lakukan. Begitu pula dengan mereka yang ada di sekitarmu, pasti semua orang pernah melakukan kesalahan. 

Namun Anda adalah manusia yang punya kesempatan yang sama untuk meminta maaf, memaafkan dan memperbaiki kesalahan. Meskipun menyakitkan, namun Anda memiliki kewajiban untuk saling memaafkan sesama.


Berhenti Membuat Alasan

Jika Anda pernah mengingkari janji, maka jangan pernah membuat atau melebih-lebihkan masalah hanya untuk mendapatkan simpati. Anda harus mengucapkan maaf dengan tulus dan memberikan penjelasan seadanya terhadap keadaan yang Anda alami. 

Meskipun tidak mudah untuk mengembalikan keadaan, namun setidaknya rasa bersalah di dalam hari Anda pun akan perlahan hilang.

Kebahagiaan dengan hidup sederhana bisa Anda temukan dengan melakukan hal-hal kecil, meskipun kelihatannya tidak berguna dan berarti tapi hal itu bisa berdampak besar loh. Semangat!


Baca juga: Aplikasi yang Bisa Membantu Anda Mengatur Keuangan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru