Finansial

Gaya Hidup

Manfaat Investasi Sambil Kerja dan Instrumen Idealnya

Paskalia-

14 Aug 2019

Manfaat Investasi Sambil Kerja dan Instrumen Idealnya

Ketika mendengar kata investasi pastinya Anda ingin tahu jenis instrumen terbaik yang tak membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Namun, mari kita cek dahulu bahwa setiap karyawan bisa investasi sambil kerja di instrumen yang kredibel dan aman. 

Apalagi melihat kesibukan yang karyawan miliki. Tidak semuanya yakin bisa memantau investasinya setiap saat. Oleh karena itu, banyak karyawan masih berpikir berulang-ulang sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Belum lagi sekarang banyak informasi seputar investasi bodong yang semakin membuat ragu untuk melakukan investasi. Jadi, ada banyak pertimbangan kenapa para pekerja dan karyawan sering menunda berinvestasi.

Dengan membaca artikel ini, Anda yang seorang karyawan dijamin tidak akan ragu lagi untuk berinvestasi karena di sini akan dijelaskan manfaat dan instrumen investasi yang terbaik untuk Anda.


Baca juga: 6 Ide Investasi yang Menguntungkan yang Bisa Dicoba


Manfaat Investasi Sambil Kerja

Memilih sebuah investasi sambil kerja bisa lebih mudah dengan beberapa pilihan instrumen investasi. Sebelum ke sana, ada beberapa manfaat yang perlu karyawan tahu bahwa investasi yang dilakukannya itu tidak akan berakhir sia-sia apabila tahu bagaimana cara mengelolanya.


1. Sangat Penting Bagi Masa Depan

Dengan investasi sambil kerja, karyawan tidak perlu mengkhawatirkan masa depannya karena sekarang Anda sedang memperjuangkannya. Anda bekerja keras saat ini agar di masa tua nanti dapat beristirahat dengan tenang sembari menikmati hasil jerih payah Anda.

Kita tahu pada masa-masa tua pastinya membutuhkan banyak dana untuk mencukupi kebutuhan. Apalagi kesehatan juga jadi hal terpenting ketika memasuki usia senja sehingga tak salah bagi seorang karyawan berinvestasi untuk persiapan di masa depan.


2. Menjadi Pendapatan Pasif Saat Pensiun

Rata-rata seorang karyawan masih belum memikirkan soal dana pensiun karena terlalu fokus pada masa kini. Kendalanya mungkin ada pada penghasilan yang pas-pasan. Padahal jika diatur dengan bijak, Anda tetap bisa berinvestasi sesuai dengan budget

Di masa pensiun nanti pastinya Anda berharap tetap memiliki penghasilan tanpa melakukan pekerjaan berat. Investasi adalah cara yang bisa Anda andalkan demi menggapai hal itu.

Anda tinggal memilih instrumen investasi yang tepat yang bisa mengantarkan Anda mendapatkan penghasilan pasif di masa depan nanti.


Baca juga: Sukses di Usia Muda Berkat Cara Berinvestasi yang Benar


3. Mengantisipasi Kesehatan yang Memburuk

Kita pastinya tak tahu kapan waktu sakit. Walaupun sudah menjalani hidup sehat, tetap saja harus ada cadangan dana untuk biaya berobat. Sekarang bentuk investasi sudah tersedia dalam berbagai pilihan dengan banyak manfaat. Maka, dalam memilih investasi sambil kerja Anda perlu menyesuaikan dengan kemampuan.

Investasi bisa dipadukan bersama asuransi kesehatan yang Anda miliki. Apalagi tidak semua golongan penyakit bisa dicover oleh asuransi kesehatan. Cadangan dana untuk kesehatan ini pun perlu Anda persiapkan sedini mungkin.


Instrumen Investasi Sambil Kerja Untuk Karyawan

Banyak kalangan karyawan menikmati hasil kerja mereka tanpa memikirkan asuransi ataupun investasi. Padahal ada banyak instrumen investasi dapat dijadikan modal penting untuk menghadapi segala ketidakpastian yang ada di masa depan. Lalu, apa saja jenis instrumen terbaik untuk dijadikan investasi seorang karyawan?


1. Investasi Emas

Pertama, Anda dapat memilih jenis investasi emas yang dapat memberikan keuntungan terbaik di masa tua. Nilai investasi emas ini terbilang stabil, bahkan masuk dalam daftar instrumen investasi paling aman dengan tingkat risiko minim. 

Maka dari itu, saat Anda bingung dalam memilih instrumen investasi sambil kerja, langsung saja menabung emas di lembaga keuangan yang terpercaya. 


2. Investasi Properti

Meskipun untuk membeli sebuah properti membutuhkan biaya cukup besar, Anda dapat memilikinya dengan metode KPR. Investasi ini juga bisa dilakukan oleh karyawan asalkan Anda punya niat yang kuat.

Prospek dari investasi properti ini terbilang minim risiko, bahkan nilai keuntungannya bisa meningkat tajam sehingga cocok dijadikan investasi bagi karyawan. Investasi properti umumnya tidak berpengaruh terhadap inflasi karena harganya yang selalu meningkat. Jadi, instrumen ini bisa Anda manfaatkan sebagai investasi di masa tua nanti.


3. Reksa Dana

Sudah jelas bahwa reksa dana bisa dijadikan opsi untuk investasi sambil kerja. Reksa dana sangat cocok untuk karyawan karena terpercaya, aman, dan juga tak perlu memantau secara detail mengenai perkembangannya. Pengelolaannya akan dilakukan oleh orang lain yang lebih ahli.

Pilih platform reksa dana yang sudah terbukti terpercaya sehingga Anda tak perlu khawatir jika terjadi masalah ke depannya. Dalam perkembangannya, nilai reksa dana ini terbilang cukup cepat dalam jangka waktu 4-5 tahunan. 

Jadi, saat Anda mulai pusing memikirkan jenis investasi apa yang cocok untuk kalangan karyawan, pilih saja reksa dana.


4. Deposito

Para karyawan yang ingin mendapatkan jenis investasi terbaik cobalah memilih investasi deposito. Dari pengalaman banyak investor, keuntungan deposito pergerakannya cukup cepat. Bahkan tidak memberi risiko besar seperti trading. Ada banyak penawaran keuntungan di dalam investasi deposito. 

Anda tak perlu ragu dalam berinvestasi deposito karena memang tak perlu pengetahuan secara lengkap. Pihak bank akan memberikan bunga deposito cukup besar untuk Anda yang menggunakan jasa mereka. 

Deposito pun tidak perlu dilakukan dengan berbagai macam analisis. Anda langsung dapat menghitung hasilnya dari awal ketika Anda mulai membuka tabungan deposito di sebuah lembaga keuangan. Ini sangat cocok untuk investasi sambil kerja yang ingin Anda praktikkan.


Berbagai tipe investasi sambil kerja benar-benar bisa memberi banyak pengalaman untuk masa depan yang lebih cerah. Tak perlu ragu dan takut dalam berinvestasi karena akan berisiko besar ketika Anda tak melakukan investasi dari sekarang. Meskipun berprofesi sebagai karyawan, Anda tetap bisa melakukan investasi yang aman, nyaman, serta fleksibel.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru