Bisnis

Finansial

Tips Mengelola Dana Bisnis Online Agar Tepat dan Efisien

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Jun 2021

Tips Mengelola Dana Bisnis Online Agar Tepat dan Efisien

Tak bisa dipungkiri, trend belanja online turut membuat perkembangan bisnis online juga semakin berkembang pesat. Para pelaku bisnis online kemudian memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk membuat bisnisnya bertahan di tengah kompetisi yang semakin tinggi. Salah satunya adalah bagaimana pengelolaan dana bisnis yang dimiliki. 

Bisnis berbasis online saat ini bisa dilakukan melalui berbagai media. Bisa melalui sosial media, membuat website bisnis sendiri hingga bergabung ke dalam marketplace. Semakin banyaknya platform yang bisa dijadikan lahan berbisnis ini tentu membuka peluang lebih besar.

Sekarang giliran Anda mengatur dana bisnis yang Anda miliki agar tepat dan efisien. Bagaimana caranya? 


Baca juga: Ingin Jadi Wirausahawan Sukses Hindari 10 Hal Ini


6 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Online yang Efektif

Berikut enam cara mengelola keuangan bisnis online dengan efektif yang bisa Anda lakukan.

Memisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis 

Tips paling awal yang harus diperhatikan untuk mengelola dana bisnis online agar tepat dan efisien adalah dengan memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Pisahkan keuangan yang merupakan modal usaha dan keuangan pribadi Anda. 

Hal ini sering luput dari perhatian, sebab kebanyakan pelaku bisnis berbasis online masih bekerja sendiri dan belum ada tenaga yang secara khusus mengatur keuangan. Maka, jangan sampai kebutuhan pribadi Anda sampai harus menggerogoti uang untuk modal bisnis.

Buatlah Laporan Keuangan Rutin 

Tips kedua ini bukan hanya diterapkan sebagai cara jualan online saja, namun juga bisnis secara umum. Membuat laporan keuangan rutin akan membantu Anda dalam memantau dan menyajikan kondisi keuangan secara objektif. 

Nantinya, di dalam laporan keuangan ini akan memuat berapa pemasukan dan pengeluaran pada bisnis yang Anda jalankan. Kemudian juga harus tercantum arus kas setiap bulannya, apakah arusnya positif atau negatif. 

Dan terakhir akan memuat juga aset dan hutang yang Anda miliki dalam menjalankan bisnis tersebut. Menjalankan cara jualan online dengan membuat laporan keuangan rutin ini akan membantu menunjukkan kepada Anda apakah bisnis yang Anda jalankan mengalami kerugian atau keuntungan berdasarkan data dan angka yang tercantum.

Perhatikan Arus Kas (Cash Flow)

Dalam menjalankan sebuah bisnis, arus kas yang positif menandakan jika bisnis berjalan positif. Ini artinya bisnis berhasil tumbuh dan belum membutuhkan suntikan modal. Arus kas ini meliputi bagaimana Anda mengelola modal usaha, hutang piutang dan aset apa saja yang Anda miliki.


Baca juga: Laporan Cash Flow atau Arus Kas dan Dua Metode Membuatnya


Manfaatkan Pinjaman Modal 

Ketika bisnis yang Anda jalankan mulai tumbuh, Anda kemudian harus memikirkan cara untuk mempertahankan momentum agar terus tumbuh. Hal tersebut tentu membutuhkan modal tambahan. Nah, modal ini bisa didapatkan salah satunya dari pinjaman. 

Pinjaman modal pun saat ini bisa didapatkan dengan mudah. Ada banyak lembaga perbankan yang menyediakan layanan pinjaman dengan bunga rendah kepada nasabahnya. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman modal dari website bisnis yang khusus memberikan pinjaman modal.

Manfaatkan Modal untuk Mengembangkan Bisnis

Jika sudah mendapatkan pinjaman modal, Anda pun harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda menjalankan bisnis berbasis online, maka membuat website adalah satu langkah besar yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Adanya website ini bisa digunakan selain untuk memuat profil bisnis, membangun brand awareness, juga sekaligus bisa menjadi website jualan. Berjualan di website ini tentu memiliki kelebihan dibandingkan menjual di platform e-commerce. 

Menggunakan website jualan untuk menjual produk Anda ini setidaknya bisa membuat pasar bisnis Anda pun bisa lebih berkembang. Website yang lebih mudah diakses oleh pengguna internet tentu akan menarik mereka agar nantinya bisa menjadi konsumen Anda.

Biasakan Menghemat Dana yang Anda Miliki 

Meskipun memiliki modal yang cukup, memiliki kebiasaan hemat juga merupakan salah satu tips yang bisa diterapkan untuk mengelola dana bisnis agar lebih tepat dan efisien. Pergunakan dana yang Anda miliki hanya untuk kebutuhan yang benar-benar diperlukan saja. 

Contohnya paling mudah misalnya dalam membuat website. Dibandingkan dengan menggunakan jasa pembuatan website yang pastinya akan memakan biaya lebih besar, Anda bisa memanfaatkan berbagai tools gratis yang bisa digunakan untuk membuat website sendiri. 

Ada banyak website builder yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat situs bisnis dan jualan Anda sendiri. Dengan menggunakan builder tersebut setidaknya bisa menghemat sedikit dari dana modal yang Anda miliki untuk kemudian dialokasikan ke sektor lainnya. 

Menariknya lagi, website builder ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan menarik untuk membuat sebuah web bisnis. Jadi, Anda hanya perlu mengolahnya agar lebih menarik lagi dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. 

Semakin banyaknya bisnis berbasis online yang berkembang tentu membuat tingkat persaingan juga semakin ketat. Agar bisnis berbasis online yang Anda jalankan bisa tetap bertahan bahkan berkembang, salah satu upaya yang harus Anda lakukan adalah cermat dalam mengelola dana yang Anda miliki. Tips mengelola dana bisnis online agar tepat dan efisien sebagaimana yang dijelaskan di atas bisa menjadi panduan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda.


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru