Finansial

Mengenal Investasi Jangka Panjang Beserta Manfaat dan Jenisnya

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Jun 2020

Mengenal Investasi Jangka Panjang Beserta Manfaat dan Jenisnya

Investasi jangka panjang menjadi sarana paling tepat untuk menjamin masa depan yang cerah baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Investasi ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa merasakan manfaat dari investasi tersebut. Sehingga sangat cocok untuk jaminan masa depan hingga beberapa tahun mendatang.

Investasi merupakan salah satu sarana untuk hidup lebih berkualitas di tengah perekonomian yang dinamis. Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan yang berbeda sehingga tidak ada yang tahu akan masa depannya. Untuk membuka jalan cerah bagi masa depan Anda, berinvestasi bersama penyedia jasa resmi adalah cara yang paling tepat

Investasi jangka panjang mempunyai beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Masing-masing memberikan return yang berbeda sesuai dengan nilai investasi tersebut. Setiap uang yang diinvestasikan akan diproses dengan aman sebagai tabungan masa depan yang lebih cerah serta dapat dinikmati di masa tua.


Baca juga: 4 Investasi Jangka Pendek Terbaik untuk Anda


Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jangka panjang dan pendek. Investasi berjangka panjang merupakan  investasi yang dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun di masa yang akan datang. Jika dilihat secara nyata, investasi ini bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama bahkan puluhan tahun. 

Namun, hasil yang dirasakan sangat memuaskan karena menjamin kondisi finansial yang sehat. Finansial yang sehat pasti diinginkan oleh semua orang, terutama saat usia tidak produktif lagi. Oleh karena itu, Anda bisa mulai Investasi jangka panjang dengan jumlah yang terjangkau agar tidak memberatkan pengeluaran. 

Seiring berjalannya waktu, dana tersebut semakin banyak tanpa Anda sadari. Bahkan saat ini banyak layanan finansial teknologi yang canggih yang akan memudahkan penggunanya. Di usia senja pasti daya produktivitas menurun karena faktor usia. Sehingga Anda tidak bisa bekerja meski ingin terus bekerja dengan giat. 

Namun, hal tersebut tidak mungkin terpenuhi karena kondisi fisik yang tidak mendukung. Jika tidak bisa bekerja, tentu saja tidak ada penghasilan yang diperoleh sehingga dapat memengaruhi kehidupan Anda. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menjamin keuangan di masa depan adalah dengan investasi jangka panjang

Mulai dari sekarang Anda bisa berinvestasi untuk mempersiapkan diri saat memasuki masa tua. Sehingga semua kebutuhan saat Anda tidak produktif lagi masih tetap terpenuhi dengan baik. Bahkan Anda bisa bersantai dengan menikmati masa tua bersama cucu dan anak tercinta.


Manfaat Investasi Jangka Panjang

Selain menjamin masa depan, investasi juga dapat meningkatkan nilai aset kekayaan. Dana investasi yang Anda miliki juga termasuk aset, termasuk barang properti yang bernilai tinggi. Seiring berjalannya waktu, aset yang diinvestasikan akan semakin meningkat. 

Dengan begitu, otomatis kekayaan Anda juga semakin tinggi meski sudah tidak bekerja. Investasi jangka panjang dapat membebaskan diri dari finansial atau keuangan. Anda bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus bekerja dan hanya bersantai dirumah. 

Karena semua kebutuhan sehari-hari didapatkan dari hasil investasi yang dilakukan saat masa muda. Aset yang diinvestasikan akan menjadi pundi rupiah dalam rekening Anda. Sehingga bisa digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan tanpa perlu khawatir akan kondisi finansial.

Manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari investasi adalah terhindar dari inflasi. Setiap negara pasti mengalami inflasi  termasuk Indonesia dengan tingkatan yang berbeda.  Inflasi sangat memengaruhi kondisi ekonomi negara sehingga dapat melemahkan daya beli konsumen. 

Dengan investasi, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik dan terhindar dari inflasi. Investasi jangka panjang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan di masa yang akan datang. Terutama untuk biaya pendidikan maupun pernikahan yang membutuhkan dana cukup tinggi. 

Dengan adanya dana hasil investasi, Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena semuanya sudah dicatat dengan baik. Anda hanya perlu mengatur dengan baik kondisi keuangan saat ini dan membaginya untuk berinvestasi supaya tidak terlalu membebani.


Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Ada beberapa jenis investasi untuk jangka panjang yang bisa Anda pilih untuk masa depan, di antaranya:

Saham

Saham merupakan tanda kepemilikan suatu perusahaan yang bentuknya lembaran kertas. Saham mempunyai tingkat risiko dan keuntungan yang berbanding lurus. Di mana risiko saham yang tinggi maka keuntungan yang diperoleh semakin tinggi. 

Jika Anda ingin memilih saham untuk investasi jangka panjang, Anda harus memahami jenis saham dan analisisnya. Karena untuk mendapatkan keuntungan sangat diperlukan kemampuan menganalisis penempatan modal  untuk investasi.

Emas

Emas merupakan investasi jangka panjang paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Investasi ini mempunyai beberapa jenis, yaitu Perhiasan Emas, Emas Batangan, Logam Mulia, dan Voucher Emas. Investasi Emas harus dilakukan dengan penyimpanan yang baik dan tepat salah satunya dengan Safe Deposit Box.

Harga jual emas selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sehingga memberikan keuntungan yang besar jika Anda ingin menjual investasi tersebut di masa depan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menggunakan brankas khusus. 

Deposito

Deposito hampir sama dengan tabungan, namun terdapat kesepakatan dengan nasabah.  Deposito dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Deposito Berjangka, Deposito On Call dan Sertifikat Deposito. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kemampuan di era milenial ini. Jangka waktu deposito 3.6 hingga 12 bulan.

Properti

Properti merupakan investasi yang sifatnya klasik karena sudah ada sejak dulu. Jenis properti cukup beragam salah satunya tanah, rumah dan sebagainya. Investasi ini paling mudah dan sederhana karena sistemnya tidak terlalu kompleks. Karena keuntungan yang didapatkan juga besar.

Setiap orang pasti ingin hari tuanya bahagia dan terpenuhi secara finansial dengan baik. Untuk menunjang keuangan di masa depan, cara yang paling tepat adalah melakukan investasi jangka panjang dengan jenis investasi sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

 

Baca juga: Memilih Investasi yang Menguntungkan di Tahun 2020, Begini Caranya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru