Gaya Hidup

Mengenal KITAS baik dari Segi Pengertian Maupun Kegunaan

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Feb 2021

Mengenal KITAS baik dari Segi Pengertian Maupun Kegunaan

KITAS adalah kartu izin tinggal terbatas yang sudah tidak asing lagi di telinga. Kartu tersebut dilakukan pengurusannya di kantor imigrasi. Kartu tersebut memang sangat penting keberadaannya agar warga negara asing yang tinggal di Indonesia dapat dilacak keberadaannya. Kartu tersebut ibarat sebuah izin tinggal yang diberikan oleh pemerintah bagi warga negara asing.

Untuk izin tinggal tersebut juga terdapat berbagai macam durasinya atau masa berlakunya. Hal ini tentu menyesuaikan dengan kepentingan warga negara asing atau non-Indonesia yang bersangkutan. Mengenai durasi maksimal masa berlaku izin tersebut adalah selama dua tahun. Sehingga jika masa berlaku sudah habis, dapat melakukan perpanjangan izin kembali.


Baca juga: Fenomena P2P Lending Indonesia di Hadapan Mata Dunia


Mengenal Pengertian KITAS Lebih Jelas

KITAS adalah izin tinggal dalam waktu tertentu atau terbatas bagi orang non Indonesia. Tidak jarang penduduk negara asing yang tinggal di Indonesia melakukan berbagai kegiatan dan agenda. Mulai dari agenda pribadi maupun bisnis. Oleh karena itu, sesuai dengan prosedur yang berlaku bagi hukum di Indonesia, sangat penting dijalani.

Orang non-Indonesia yang memiliki agenda dalam perjalanan bisnis, misalnya mengunjungi Indonesia untuk kepentingan investasi dalam jangka waktu tertentu, dapat mengurus izin tinggal terbatas tersebut. Segala peraturan mengenai izin tersebut berada di bawah wewenang kementerian hukum dan HAM. Hal ini penting diketahui agar dapat mengurus perizinan dengan tepat.

KITAS sudah berbentuk seperti KTP dan sifatnya elektronik. Artinya data mengenai informasi warga asing yang bersangkutan sudah terekam dalam database atau sistem negara. Sehingga memudahkan untuk pelacakan dan juga pemantauan. Di dalam kartu elektronik izin terbatas terdapat beragam informasi pribadi mengenai orang non-Indonesia.

Mulai dari informasi tentang nomor izin, nama lengkap, kebangsaan, tanggal lahir, jenis kelamin hingga masa berlakunya. Hal ini memang penting bagi orang non-Indonesia untuk menjadi pegangan dalam melakukan aktivitas di Indonesia. Terutama untuk mereka yang memiliki kepentingan berbisnis atau investasi. Hal ini agar orang dari luar Indonesia tersebut tidak dianggap ilegal. 

Administrasi tinggal bagi warga asing di Indonesia memang penting dilakukan. Hal ini juga dapat dilakukan sebagai kontrol negara. Sehingga orang luar yang berada di Indonesia dapat dilacak kepentingannya. Hal ini juga mencegah aksi kriminalitas atau kejahatan di kemudian hari jika orang non-Indonesia tersebut terpantau dengan baik.


Mengenal Beberapa Macam Fungsi KITAS

KITAS memiliki berbagai fungsi. Mulai dari kepentingan untuk kerja, pernikahan maupun pensiun. Hal ini penting dipahami agar dapat mengurus izin sesuai dengan kepentingan yang ada. Mengenai surat izin untuk kerja tentu saja warga asing tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Perusahaan tersebut juga berarti menjamin orang non-Indonesia tertentu untuk melakukan aktivitas bekerja di perusahaannya. Jika orang non-Indonesia mengurus izin tinggal untuk kerja namun belum mendapatkan rekomendasi atau persetujuan dari perusahaan tertentu, tentu saja hal tersebut tidak akan disetujui oleh pemerintah Indonesia. 

Di dalam dokumen pengurusan KITAS nantinya juga akan memuat informasi yang jelas mengenai pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh warga asing tersebut. Selain itu juga memuat jabatan yang akan diduduki oleh warga asing tersebut. Hal ini sebagai bukti real bahwa memang tenaga kerja asing tersebut sudah jelas bekerja di Indonesia dalam bidang apa.

Aturan tersebut tentunya berlaku untuk mencegah berbagai potensi kejahatan atau hal yang tidak diinginkan. Dikarenakan pernah ada kejadian atau pemberitaan yang menyampaikan bahwa ada warga negara asing yang meminta-minta sumbangan untuk pembangunan di sebuah masjid. Aksi tersebut tentu saja meresahkan warga. 

Setelah kantor imigrasi menyelidiki kasus tersebut dikarenakan adanya aduan dari warga lokal, diperoleh fakta bahwa uang hasil minta-minta digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Oleh karena itu inilah fungsi pentingnya KITAS bagi warga asing yang memutuskan untuk berada di Indonesia.

Segala aksi kejahatan tentu saja dapat dihindari. Warga lokal juga tidak merasa resah atas aksi warga asing yang tidak tepat tersebut. Kantor imigrasi juga sudah mengimbau kepada warga Indonesia untuk melaporkan segala aksi warga asing yang meresahkan. Jika pemerintah mendapatkan laporan masuk, tentu saja akan diselidiki terlebih dahulu.

Proses penyelidikan tentunya menentukan kebijakan yang akan diambil pemerintah. Pemerintah bisa saja mengambil kebijakan tegas seperti melakukan pemulangan atau mendeportasi warga asing tersebut. Sehingga segala aksi dan aktivitas yang dilakukan tidak meresahkan warga lokal.


KITAS untuk Pernikahan Warga Negara Asing

KITAS untuk pernikahan digunakan oleh warga negara asing yang hendak melangsungkan pernikahan di Indonesia. Tentu saja untuk rekomendasi maupun dukungan dilakukan oleh istri maupun suami sendiri. Menikah adalah hak warga negara dan negara tidak melarang pernikahan warga negaranya dengan siapa saja termasuk warga asing.

Namun untuk melakukan pernikahan antara warga lokal dengan asing memang dibutuhkan beberapa pengurusan dokumen, termasuk izin tinggal terbatas dalam waktu tertentu. Jika salah satu pasangan masih menjadi warga negara Indonesia, tentu saja dokumen untuk pernikahan seperti izin tinggal sangat diperlukan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa warga asing tersebut memang sudah memiliki jaminan dan rekomendasi tidak melakukan kegiatan merugikan apa pun. Untuk izin tinggal tersebut memang hanya diperuntukkan untuk melakukan pernikahan saja. Warga asing tertentu tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan tetap. Hal ini dikarenakan prosedur pengurusannya berbeda. 

Beragam jenis izin tinggal sementara waktu tersebut memang perlu dipahami dengan baik. Hal ini dilakukan untuk melakukan perizinan dengan tepat dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti. Dukungan dari perusahaan bagi warga asing yang bekerja hingga pasangan untuk izin melangsungkan pernikahan juga penting untuk mendapatkan KITAS secara tepat.


Baca juga: Peran P2P Lending untuk Perekonomian di Indonesia


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungan.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru