Finansial

Buat Akun Modal Rakyat untuk Perencanaan Keuangan Masa Depan

Kabrina Rian Ferdiani-

06 Jan 2021

Buat Akun Modal Rakyat untuk Perencanaan Keuangan Masa Depan

Modal Rakyat menjadi solusi mengatur perencanaan keuangan secara lebih praktis karena tidak perlu melakukan pertemuan langsung untuk memberi dan mendapatkan modal usaha. Peranan teknologi digital kian memudahkan masa depan dan kemajuan bisnis UMKM.

Siapa saja bisa menjadi lender atau peminjam modal dengan uang minimal demi mendapatkan keuntungan melalui bunga. Sementara itu pemilik usaha diuntungkan dengan memperoleh modal dengan cara lebih sederhana untuk memulai serta mengembangkan berbagai jenis usaha. 

Pada pemerintahan terkini kita seringkali mendengar gaung UMKM terus didorong dengan berbagai upaya karena melirik potensinya. Mulai dari penyediaan modal oleh pemerintah maupun swasta turut mendukung pelaksanaan UMKM supaya berjalan lebih baik semakin waktu berlalu. 

Pemilik usaha mikro kecil dan menengah memiliki kesempatan mendapatkan perencanaan keuangan secara lebih baik dengan adanya p2p lending. Pemilik UMKM di Barat bisa saja memperoleh modal dari Timur atas adanya kemajuan teknologi digital saat ini.


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat


Membuat Akun, Menebar Keuntungan

Untuk mendapatkan perencanaan keuangan dari Modal Rakyat, lebih dulu pahami cara kerja yang diterapkan. Anda harus melalui beberapa hal di bawah ini sebagai pemberi modal:

Pembuatan Akun

Agar dapat mendapatkan keuntungan dari Modal Rakyat maka Anda harus lebih dulu membuat akun. Caranya klik daftar pada garis tiga di bagian kanan atas kemudian klik menu masuk apabila pendaftaran sudah selesai. Pastikan mengingat user id dan password ketika mendaftar akun. 

Pemilihan UMKM

Setelah selesai, pilihlah satu atau lebih UMKM yang akan didanai dengan nominal tertentu. Dalam pemilihan UMKM ini Anda dapat mempertimbangkan berbagai hal perencanaan keuangan, di antaranya kesesuaian dengan dana serta prediksi peluang masa depan usaha untuk keuntungan bersama. 

Penyaluran Dana

Anda tidak harus menjadi pemodal tunggal untuk mendapatkan keuntungan dari satu atau lebih UMKM. Sumber dana bisa dihimpun dari berbagai pihak untuk kemudian disalurkan setelah terkumpul. Ini memungkinkan untuk menyatukan para pemodal dengan satu visi misi.

Imbal Hasil

Hasil dari jerih payah melakukan perencanaan keuangan dengan mendanai UMKM tertentu dapat dirasakan ketika pelunasan terjadi. Seluruh Pemuda akan mendapatkan keuntungan melalui penerapan bunga yang berlaku sesuai dengan ketentuan ketika awal memberi pinjaman. 

Berbagai tahapan di atas memungkinkan para pemilik modal untuk bekerja sama meskipun berada pada lokasi berbeda. Kemudahan mendapatkan modal juga dapat dirasakan pemilik usaha yang ingin memulai serta mengembangkan bisnisnya di mana saja.


Baca juga: Peran P2P Lending untuk Perekonomian di Indonesia


Referensi Penanaman Modal untuk UMKM

Pendanaan untuk jenis UMKM dapat diseleksi melalui berbagai sisi. Anda dapat mempertimbangkan hobi maupun prediksi terhadap kemajuan bisnis di masa depan. Sebagai referensi, bisnis makanan barangkali dapat menjadi pilihan untuk pemberian dana. 

Mengingat bahwa makanan adalah kebutuhan pokok yang sudah pasti digunakan semua orang tanpa kecuali. Melakukan perencanaan keuangan pada bisnis ini akan mendulang keuntungan dengan catatan lokasi berbisnis strategis serta menu andalan yang cocok untuk  berbagai lidah. 

Jenis bisnis lainnya yang bisa dijadikan sebagai sarana penanaman modal adalah usaha pakaian. Selain usaha makanan yang menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, pakaian juga turut menjadi kebutuhan mendasar yang tidak mungkin diabaikan setiap orang dalam berbagai situasi.

Bidang kesehatan tradisional, seperti penjualan jamu dapat menjadi pilihan lainnya. Saat ini setiap orang dituntut untuk sehat dengan mempertimbangkan efek jangka panjang ke depannya. Dibandingkan dengan obat kimia, obat herbal lebih memberikan dampak baik.

Berbagai jenis usaha lainnya dapat masuk ke dalam pertimbangan untuk mendukung perencanaan keuangan secara lebih efektif. Jika dirasa butuh lebih banyak referensi untuk pemilihan jenis UMKM maka jangan ragu untuk mencari sumber valid sebanyak mungkin.

 

Fintech untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Sebagai salah satu finansial teknologi, Modal Rakyat memberikan dampak penting bagi perkembangan ekonomi masa kini, terutama bagi UMKM. Finansial teknologi menggabungkan kemajuan antara bisnis online dengan pendanaan yang sistematikanya disesuaikan dengan zaman. 

Peralihan sistem tersebut mendukung perencanaan keuangan sebagai pemodal maupun pemilik usaha secara lebih efisien. Pemanfaatan fintech bahkan dianggap sangat efektif dan membantu para pelaku UMKM dalam rangka mendapatkan suntikan dana terhadap usaha.

Sebagai platform yang menyediakan pinjaman untuk berbagai jenis UMKM tanpa harus melalui bank atau menjalani proses rumit. Sebagai peminjam dana, Anda tidak perlu bolak-balik ke satu lokasi untuk menyelesaikan administrasi karena semuanya bisa dilakukan secara online. 

Pemenuhan dokumen secara lebih mudah serta sederhana didukung pula oleh kecepatan pencairan dana. Hanya membutuhkan hitungan jam suntikan dana untuk memulai usaha maupun mengembangkannya dapat diterima oleh pemohon tanpa mengeluarkan ongkos sedikitpun. 


Kata AFPI Soal Fintech Terhadap UMKM

Fakta bahwa UMKM mendominasi pinjaman pada fintech telah tercatat pada asosiasi fintech pendanaan bersama Indonesia atau AFPI. Kemudahan untuk melakukan perencanaan keuangan melalui cara ini memang menjadi pilihan demi menjalankan berbagai jenis usaha. 

Daily Social research memberikan data bahwa baik pelaku UMKM konvensional maupun online menempati porsi paling banyak memanfaatkan fintech. Paling banyak memanfaatkan jenis fintech Syariah, yaitu sebanyak 70% dari para pelaku UMKM yang menjalankan bisnis online. 

AFPI tidak sembarangan memberikan data karena memang mempertimbangkan 146 anggota berdasarkan berbagai hal. Keberadaan financial teknologi menjadi salah satu cara bagi Indonesia untuk bersaing mengembangkan bisnis mengikuti zaman dihadapan negara-negara dunia. 

Sebagai bagian dari AFPI, Modal Rakyat adalah P2P Lending yang memungkinkan milenial atau bukan mendanai UMKM minimal Rp 25.000 dengan keuntungan mulai 15-25% per tahun.


Baca juga: Tips Investasi di P2P Lending Modal Rakyat untuk Pemula

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru