Bisnis

Peluang Usaha Modal Kecil Tahun 2020

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Apr 2020

Peluang Usaha Modal Kecil Tahun 2020

Usaha modal kecil sering dipandang sebelah mata dan dianggap tidak bisa menghasilkan untung yang menjanjikan. Sebagian besar orang hanya menganggap bahwa, modal yang diperlukan dalam membuka usaha dalam bentuk uang. Padahal Anda juga membutuhkan modal lainnya, seperti pengetahuan dan keterampilan. Apabila modal uang Anda kurang, maka pengetahuan dan keterampilan harus dimaksimalkan.

Pada dasarnya, seberapa pun modal yang Anda miliki jika Anda bisa memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik, maka usaha tersebut bisa menjadi lebih besar dan Anda tidak akan pernah menduganya. Jadi, bagi Anda yang ingin membuka usaha tapi terhalang dengan modal uang yang terbatas, maka jangan menyerah karena Anda bisa mencoba beberapa usaha berikut ini.

 

Baca juga: Mau Jadi Pengusaha Sukses? Yuk, Latih Skills Berikut ini

 

Menjual Makanan Sarapan

Pagi hari sering membuat orang-orang merasa terburu-buru, karena waktunya terasa singkat. Banyak hal yang harus dikerjakan, seperti mempersiapkan diri untuk pergi ke kantor, sekolah dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak orang yang kehilangan waktu makannya karena tidak sempat menyiapkan sarapan. Kondisi ini membuat peluang usaha menjual makanan sarapan sangat terbuka lebar.

Menjual makanan sarapan juga termasuk usaha modal kecil, karena menu yang Anda masak tergantung dengan modal yang Anda miliki. Banyak menu makanan yang bisa Anda buat untuk dijual sebagai menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi liwet, soto, gado-gado, atau nasi yang ditemani dengan berbagai sayuran dan lauk pauk. Jadi, Anda tidak membutuhkan banyak modal.

 

Menjalankan Bisnis Catering

Selain untuk sarapan, Anda juga bisa menjajal bisnis catering karena keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak dan modal yang dibutuhkan pun tidak begitu banyak. Biasanya, seseorang yang memesan catering akan memberikan DP terlebih dahulu sehingga Anda tinggal menambahkan modal yang kurang. Dengan begitu, modal yang diperlukan tidak begitu menyulitkan.

Usaha modal kecil ini bisa memberikan hasil yang menjanjikan apabila Anda bisa mendapatkan konsumen yang akan menyelenggarakan acara, seperti arisan, pengajian, rapat atau acara lainnya. Dalam acara-acara ini biasanya dibutuhkan banyak catering, baik berupa makanan atau kudapan ringan. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan dari usaha ini pun juga semakin menjanjikan.

 

Bisnis Makanan Ringan

Jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk memasak, maka tak perlu menyerah begitu saja. Anda masih bisa menjual makanan ringan tanpa harus mempermasalahkan tentang skill memasak. Anda tinggal mencari agen atau produsen dari makanan ringan tersebut dan kemudian menjualnya lagi dengan harga eceran sehingga Anda akan mendapatkan untung dari penjualan tersebut.

Usaha modal kecil ini sangat cocok apabila Anda berada di lingkungan yang banyak anak kecil, di mana Anda bisa menjual kudapan ringan kesukaan anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan ringan yang ditimbang sesuai permintaan konsumen. Kemudian Anda juga bisa membungkusnya dan kemudian menjualnya sudah dalam kemasan yang lebih kecil.

 

Usaha Aneka Minuman

Bukan hanya usaha makanan yang dapat memberikan banyak keuntungan, tapi menjual minuman juga bisa mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi jika Anda menjualnya saat siang hari, di mana terik matahari membuat Anda merasa haus. Minuman yang menyegarkan akan sangat dicari saat siang hari, seperti es kelapa, es cincau, es jus buah dan lain sebagainya.

Usaha modal kecil ini bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin membuka bisnis sendiri. Modal yang Anda butuhkan pun tergantung dengan jenis minuman yang ingin dijual. Misalnya, Anda ingin menjual es kelapa, maka yang Anda butuhkan adalah beberapa kelapa yang masih segar, gula putih, gula jawa, plastik, es batu dan keperluan lainnya.

 

Bisnis Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan, maka jangan sia-siakan keterampilan tersebut karena bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Bisnis kerajinan tangan ini justru hanya membutuhkan modal kecil, karena bisnis ini tergantung pada keterampilan Anda dalam menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai hingga menjadi produk yang bernilai.

Selain memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai, Anda juga bisa membuat berbagai kerajinan tangan yang baru sebagai usaha modal kecil. Misalnya, Anda membuat mahar dengan kreasi yang lebih inovatif dan kreatif, kemudian Anda promosikan melalui media sosial. Modal yang Anda butuhkan hanyalah saat membuat contoh maharnya saja, karena nantinya konsumen akan membayar DP terlebih dahulu.

 

Bisnis Dropship Fashion

Fashion selalu mengalami perkembangan setiap waktunya dan tidak heran jika banyak orang yang ingin selalu mengenakan fashion terbaru. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membuka suatu bisnis, yaitu menjual berbagai item fashion secara online, seperti pakaian, sepatu, tas, jilbab dan lain sebagainya. Tapi pastikan bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang sedang tren.

Jika Anda ingin menjalankan usaha modal kecil ini, maka Anda harus mencari produsen atau agen terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa produsen yang Anda pilih menyediakan produk yang berkualitas dan terpercaya. Biasanya, Anda diminta untuk melakukan pendaftaran jika ingin menjual kembali produk mereka dan terkadang dikenakan biaya sebesar Rp100.000 atau gratis.

 

Bisnis Kaos Pre-Order

Kaos menjadi jenis pakaian yang paling nyaman untuk dikenakan, terlebih saat bersantai. Hal inilah yang membuat banyak orang senang mengenakan kaos. Oleh karena itu, Anda bisa menjual kaos dengan desain yang unik dan keren sehingga banyak orang yang akan membelinya. Jadi Anda bisa menyediakan desainnya terlebih dahulu dan ketika ada yang memesan, barulah Anda memproduksinya.

Bagaimana? Sudah menemukan usaha yang tepat untuk Anda? Modal kecil atau pun besar bisa menjadi jalan bagi Anda untuk membangun dan mengembangkan bisnis hingga memberikan keuntungan yang menggiurkan. Dengan modal yang dimiliki, Anda harus bisa mengelolanya dengan baik, agar usaha modal kecil yang Anda bangun bisa berkembang dan maju.

 

Baca juga: 7 Tips untuk Memaksimalkan Penghasilan Coffee Shop Anda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru