Finansial

Bisnis

Mudahnya Pendanaan P2P Lending di Era Digital

Kabrina Rian Ferdiani-

12 Jan 2021

Mudahnya Pendanaan P2P Lending di Era Digital

Istilah P2P Lending barangkali terdengar masih awam di benak Anda. Namun sebenarnya istilah tersebut sudah dikenal oleh sebagian orang.

Peer-to-peer Lending merupakan wadah bagi para peminjam dan pemberi dana atau modal agar terjadi interaksi pinjam-meminjam uang berbasis teknologi.

Sederhananya Peer-to-peer Lending dimaksudkan untuk memudahkan para peminjam yang ingin mendapatkan bantuan modal. Selain itu istilah tersebut juga diartikan sebagai tempat bagi para investor yang ingin menginvestasikan dana mereka. Dana para investor kemudian dialokasikan untuk membantu calon peminjam. 

Pernahkah Anda kesulitan mendapatkan pinjaman di saat keadaan mendesak? Secara umum langkah yang dilakukan kebanyakan orang akan meminta bantuan ke saudara terdekat.

Namun apabila hal tersebut tidak berhasil maka solusinya tentu saja memanfaatkan P2P Lending. Biasanya aktivitas meminjam modal dilakukan dengan syarat yang ketat. 

Apalagi jika Anda melakukan peminjaman modal lewat perbankan. Ada beberapa poin persyaratan yang kemungkinan tidak mudah untuk dipenuhi. Selain itu meminjam lewat Bank memerlukan jangka waktu yang lama. Lantas apa saja keuntungan meminjam modal lewat fintech yang memiliki sistem tersebut?


Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Pinjaman Uang untuk Modal Usaha

 

Borrower Cepat Memperoleh Modal di P2P Lending 

Sebelum menjadi nasabah Anda perlu mencermati beberapa istilah di dalamnya. Salah satunya adalah istilah borrower yang digunakan untuk menyebut para nasabah atau peminjam modal. Saat menjadi peminjam modal Anda nantinya akan disebut sebagai borrower. Sementara orang yang meminjamkan dananya sebagai modal disebut lender. 

Keuntungan menjadi borrower satu diantaranya ialah cepat mendapatkan bantuan pinjaman modal. Hal ini dikarenakan program P2P Lending saat ini sudah mengacu pada era digitalisasi. Maksudnya adalah prosesnya mempertimbangkan tiga hal. Di antaranya yaitu kepraktisan, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan modal.

Di era digitalisasi ini semua proses pinjaman dilakukan dengan cepat. Dukungan teknologi sangat penting dalam setiap prosesnya. Seperti adanya platform yang memudahkan para peminjam untuk bertemu dengan lender. Platform merupakan kombinasi perangkat keras dan lunak yang diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan aplikasi. 

Lewat aplikasi tersebutlah para peminjam nantinya dipertemukan dengan lender. Dengan demikian mereka tidak perlu bersusah payah datang ke kantor untuk menyerahkan berkas. Biasanya berkas dapat diunggah sebagai persyaratan peminjaman modal. Pencairannya hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Tergantung dari kebijakan masing-masing fintech.

 

Peminjam Mudah Mengisi Berkas Pinjaman P2P Lending 

Merasa takut meminjam modal secara online lantaran resah dengan pengisian data yang ribet? Kekhawatiran tersebut wajar dirasakan oleh setiap orang yang ingin meminjam modal. Terlebih langkah peminjaman dilakukan menggunakan sistem online berbasis digital. Namun Anda tidak perlu merasakan kekhawatiran yang sama. 

Peer-to-peer Lending dirancang sesuai dengan kebutuhan manusia di era serba praktis dan cepat. Oleh sebab itu program peminjaman dan penanaman modal tersebut dilakukan lewat aplikasi yang aman. Ini diupayakan agar para peminjam dapat merasakan kemudahan meminjam modal usaha. 

P2P Lending tetap mengharuskan pemberi dana maupun peminjam mengisi setiap data di dalam aplikasi. Namun untuk melewati proses tersebut tidaklah sulit. Proses pengisian data dan berkas peminjaman juga tidak panjang. Sehingga para peminjam yang awalnya enggan menjadi nasabah tertarik meluangkan waktu mengisi data. 

Data yang diperlukan berkaitan dengan biodata peminjam. Apabila peminjam berasal dari kalangan pribadi maka diperlukan berkas yang menerangkan informasi diri. Seperti KTP, KK dan berkas pendukung lainnya. Sementara peminjam yang berasal dari perusahaan dapat melampirkan berkas usaha sebagai penguat borrower.


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat 


Peminjam dapat Mengajukan Pinjaman P2P Lending Online 

Salah satu keuntungan menjadi nasabah Peer-to-peer adalah mudahnya melakukan transaksi pinjaman secara online. Kedua belah pihak yaitu peminjam dan pemberi modal sama-sama dapat memanfaatkan sistem online. Hal ini dikarenakan semua proses peminjaman dan penanaman modal memanfaatkan platform tertentu. 

Para peminjam hanya perlu menyiapkan kuota untuk membuka situs maupun platform yang telah ditunjuk oleh penyedia layanan. Tentu saja dalam hal ini Anda membutuhkan dukungan internet yang kuat. Oleh sebab itu dapat dikatakan mengajukan pinjaman P2P Lending hanya membutuhkan modal minim. 

Selain modal kuota dan jaringan internet Anda yang ingin mengajukan permohonan hutang modal perlu menyiapkan berkas-berkas pendukung. Persyaratan yang tidak boleh diabaikan biasanya seputar usia sang peminjam. Karena sifatnya adalah bantuan modal maka sang peminjam harus sudah memiliki pekerjaan pada saat pengajuan online. 

Apabila hal tersebut terpenuhi langkah mendapatkan bantuan modal semakin mudah. Anda akan dipertemukan dengan orang-orang yang menjadi lender. Pihak-pihak yang menjadi lender bisa datang dari berbagai profesi dan kalangan. Mereka umumnya mengalokasikan uang yang dimiliki sebagai bentuk investasi yang menguntungkan. 


Aman Meminjam Dana P2P Lending Modal Rakyat

Modal Rakyat merupakan sarana bagi pihak-pihak yang ingin menanamkan modal maupun meminta bantuan dana usaha. Keuntungan yang didapat dengan menjadi nasabah Modal Rakyat adalah praktis meminjam dana secara online. Dalam hal ini calon nasabah yang mendapatkan bantuan modal yaitu pemilik UMKM. 

Modal Rakyat memberikan ruang bagi Anda yang ingin mencari lender P2P Lending. Mereka yang hendak menjadi penanam modal juga lebih aman menginvestasikan uang. Bagi pendana jumlah modal awal yang diperlukan sangat minim yaitu Rp25.000 saja. Sementara bagi para peminjam tentu saja dapat memilih jangka waktu.

Seperti jangka waktu peminjaman modal mulai dari satu bulan. Anda juga dapat memastikan bahwa bunga pinjaman masih aman sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bunga yang rendah tentunya memudahkan Anda dalam melunasi cicilan modal. Jadi, Modal Rakyat cocok dijadikan sebagai tempat mencari dan menginvestasikan modal P2P Lending. 

Modal Rakyat juga sudah terdaftar di OJK sehingga layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi ini memiliki badan hukum yang jelas. Modal Rakyat tidak akan melakukan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap peraturan yang sudah ditetapkan.


Baca juga: Daftar Fintech Lending yang Terdaftar dan Berizin di OJK (2020)

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru