Finansial

Penentuan Tujuan Pengaruhi Cara Menabung, Benarkah?

Kabrina Rian Ferdiani-

24 Jul 2020

Penentuan Tujuan Pengaruhi Cara Menabung, Benarkah?

Cara menabung satu individu tentu berbeda dengan individu lainnya. Selain itu, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi cara menabung seseorang yaitu penentuan tujuan.

Dengan menentukan tujuan menabung sedari awal, Anda akan menemukan cara menabung yang lebih efektif untuk dilakukan. Tak hanya itu, menabung akan terasa lebih mudah dengan tujuan sudah berada di depan Anda.


Baca juga: Kakeibo, Seni Mengatur Uang a la Orang Jepang


Memangnya, apa saja tujuan dari menabung?

Bagi Anda yang sedang atau baru mulai menabung, ada 3 tujuan yang bisa Anda pilih secara bertahap:

Tabungan untuk kebutuhan pribadi

Tujuan yang sangat mendasar dalam menabung adalah untuk memenuhi kebutuhan pribadi mulai dari biaya hidup sehari-hari, gadget atau pakaian baru, kebutuhan untuk pergi berlibur dan sebagainya.

Namun, sebisa mungkin Anda tidak menjadikan kebutuhan pribadi sebagai tujuan utama dalam menabung ya. Sebab, kebutuhan pribadi tidak akan ada habisnya sehingga dikhawatirkan Anda tidak akan menemukan pencapaian yang berarti dalam menabung.

Tabungan untuk dana darurat

Berbeda dengan kebutuhan pribadi sehari-hari, tabungan untuk dana darurat adalah tujuan yang paling penting untuk dicapai saat menabung. Tabungan dana darurat diperuntukkan hanya untuk saat darurat, misalnya: 

  • Anda atau keluarga perlu perawatan di rumah sakit,
  • Anda mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), atau
  • Masa pandemi yang menyebabkan ketidakpastian dalam segala hal.

Menjadikan tabungan dana darurat sebagai tujuan utama Anda dalam menabung adalah keputusan yang bijak. Adanya tabungan dana darurat akan memberikan Anda rasa aman saat menjalani hidup terutama di masa-masa sulit.

Tabungan untuk investasi

Investasi juga dapat dijadikan sebagai tujuan Anda untuk menabung. Tujuan ini pun sangat cocok bagi Anda yang ingin menabung tetapi juga sambil memiliki pendapatan pasif.

Salah satu keuntungan dari investasi adalah bisa dinikmati baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, Anda tak harus memiliki nominal yang besar untuk bisa berinvestasi karena saat ini sudah banyak penyedia layanan investasi dengan nominal awal yang kecil.

Anda juga dapat jadikan tabungan investasi sebagai modal untuk usaha sampingan sebagai Agen Pulsa, Paket Data, dan juga Payment Point Online Bank (PPOB) di PAYFAZZ. Cukup dengan mengisi deposit, Anda sudah bisa menjalankan usaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Bahkan, salah satu Agen PAYFAZZ bisa meraup keuntungan hanya dengan modal Rp50.000 saja. Anda tentunya dapat memutar kembali keuntungan dari usaha sampingan jadi Agen PAYFAZZ untuk dijadikan sebagai tabungan investasi.

Klik di sini untuk cari tahu lebih lanjut.


Lantas bagaimana cara menabung yang sesuai tujuan sekaligus efektif?

Penentuan tujuan akan membuat menabung menjadi lebih mudah. Namun untuk bisa menabung secara efektif perlu beberapa trik berikut yang harus Anda lakukan.

Sisihkan di awal

Salah satu kesalahan dari cara menabung yang sering dilakukan adalah menyisihkan dana tabungan di akhir bulan setelah semua anggaran bulanan terpenuhi. Padahal, justru yang harus Anda lakukan adalah sebaliknya. 

Menyisihkan dana tabungan di awal akan jauh lebih efektif sebab Anda dapat menganggarkan sebanyak 20 hingga 30% dari pendapatan Anda untuk ditabung. Dengan begitu, dana tabungan akan utuh sehingga mencapai tujuan menabung bisa jadi lebih cepat.

Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit

Pepatah ini memang menggambarkan langkah awal dari cara menabung yang dimulai dengan nominal kecil. Namun, Anda bisa membuat kegiatan menabung jadi lebih menantang dengan meningkatkan nominal yang ditabung setiap jangka waktu tertentu.

Misalnya, Anda memiliki keuntungan dari bisnis sampingan berupa bisnis pulsa, paket data, dan pembayaran tagihan sebesar Rp200.000/bulan dan memutuskan untuk ditabung. Anda menabung dengan nominal yang sama selama 3 bulan.

Pada 3 bulan berikutnya, Anda mendapat keuntungan yang lebih dan memutuskan untuk meningkatkan nominal yang ditabung menjadi Rp300.000/bulan dan begitu seterusnya. Dengan cara ini, Anda akan menghemat waktu untuk mencapai tabungan yang berbukit-bukit dengan meningkatkan dana tabungan sedikit demi sedikit.

Ikut program tabungan berjangka

Selain tujuan, menentukan jangka waktu juga salah satu cara menabung yang efektif sebab Anda hanya dapat menarik tabungan pada jangka waktu tertentu. Saat ini sudah banyak perbankan yang menyediakan program tabungan berjangka yang bisa Anda pilih sesuai nominal dan waktu yang telah disepakati bersama. 

Selain itu, program ini juga akan mengajarkan Anda pentingnya kedisiplinan dalam mencapai tujuan dari menabung.


Itulah beberapa uraian mengenai penentuan tujuan yang bisa membawa Anda untuk memilih cara menabung yang tepat dan juga efektif. Jadi, sudah siapkah untuk menabung?


Baca juga: Mengenal Efek Compounding dalam Berinvestasi

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru