Finansial

Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Kabrina Rian Ferdiani-

08 May 2020

Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Saat ini, topik terkait mempersiapkan dana darurat cukup hangat di tengah masyarakat. Namun, mayoritas hanya sekadar wacana, tanpa benar-benar memahami tentang pengertian, fungsi, apalagi cara tepat dalam menyiapkan dana tersebut. Secara sederhana, dana darurat sendiri merupakan bagian upaya dalam mempertahankan stabilitas finansial.


Baca juga: 8 Alasan Memiliki Emergency Fund Sekarang Juga


Mengetahui Lebih Dalam Tentang Dana Darurat

Pengertian yang tepat dari dana darurat adalah sumber uang yang dialokasikan dari penghasilan individu untuk disisihkan namun dapat digunakan sewaktu-waktu ketika keadaan mendesak. Asal dana bisa berasal dari penghasilan utama, penghasilan sampingan, maupun gabungan keduanya yang dikumpulkan baik secara kontan maupun bertahap.

Apakah dana darurat memiliki wujud khusus? Contohnya seperti tabungan tunai, deposito jangka pendek, atau investasi. Jawabannya tidak karena memang tak ada ketentuan khusus terkait bentuknya. Selama dapat digunakan atau dicairkan secara mendadak ketika ada keperluan mendesak, maka tidak ada masalah.


Manfaat Dana Darurat

Sebelum mempersiapkan dana darurat, kamu tentu perlu mengetahui lebih dulu manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukannya :

Terhindar dari Peluang Mengalami Pailit

Memiliki dana darurat dapat menghindarkanmu dari potensi kebankrutan finansial. Sebab, kamu selalu memiliki sumber dana segar pada situasi terburuk. Contohnya, kamu menggeluti bisnis dan tiba-tiba neraca keuangannya menunjukkan defisit. Kamu bisa memakai dana darurat menyelamatkan usaha yang dimiliki atau untuk bertahan hidup dengan membuka bisnis baru.

Menghindari Utang

Mempunyai dana darurat juga bermanfaat menhindarkanmu dari utang. Sebab, ketika mendadak muncul situasi mendesak di mana membutuhkan dana segar dalam jumlah besar, kamu sudah memiliki sumbernya. Contoh saat jatuh sakit dan harus rawat inap di instansi kesehatan yang tidak ter-cover asuransi, kamu tidak perlu berutang meskipun total biayanya besar.

Menjaga Kesehatan Finansial dalam Situasi Tidak Terduga

Manfaat lain sekaligus menjadi yang utama adalah menjaga kesehatan finansial ketika terlilit situasi tidak terduga. Contoh yang sering dialami oleh milenial adalah kemungkinan menjadi pengangguran akibat pemutusan kerja sepihak bagi yang berstatus sebagai karyawan. Sampai mendapatkan pekerjaan lain, dengan dana darurat kebutuhan pokokmu masih dapat terpenuhi.


Cara yang Tepat dalam Menyiapkan Dana Darurat

Lantas, bagaimana cara mempersiapkan dana darurat yang tepat agar bisa menghasilkan manfaat sesuai harapan? Satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah kesalahan fatal yang wajib dihindari ketika dalam proses persiapannya, yaitu terburu-buru. Banyak orang yang memilih menyiapkan dana ini tanpa rencana, dalam tempo yang singkat dan sudah terdesak.

Sedangkan faktanya, persiapan tersebut masuk dalam kategori gegabah yang dapat mengurangi efektivitas dan efisiensinya. Lantas, bagaimana persiapan yang tepat untuk menyediakan dana darurat?

Sisihkan Dana Sedikit Demi Sedikit dan Sedari Dini

Hindari menyiapkan dana ketika kondisi keuanganmu sudah tidak sehat. Pastikan untuk menyisihkan dana secara bertahap – lebih baik dialokasikan setiap kali menerima gaji. Juga, dilakukan sedini mungkin ketika kondisi finansial masih baik-baik saja. Sehingga, ketika situasi mendesak muncul, jumlah dana yang kamu miliki sudah cukup banyak.

Siapkan Rekening Khusus

Pastikan untuk memisahkan uang guna kebutuhan sehari-harimu dengan persiapan dana darurat. Siapkan rekening khusus dan usahakan memenuhi klasifikasi :

  • Memberikan bunga cukup besar sehingga menambah jumlah dana yang kamu simpan secara cuma-cuma.
  • Bebas biaya administrasi bulanan atau memiliki fee paling rendah agar tidak berbalik mengurangi dana yang kamu setorkan.

Hindari juga penggunaan mobile banking, internet banking, serta kartu ATM untuk rekening darurat ini. Minimalisir cara untuk dapat mengaksesnya agar tidak bisa kamu gunakan sesuka hati.

Mewujudkan Dana Darurat dalam Bentuk Investasi

Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan dana darurat adalah mewujudkannya dalam bentuk investasi. Jadi, dana segar yang kamu alokasikan berputar menghasilkan profit menjanjikan melalui investasi. Namun perlu diingat bahwa investasi juga memiliki risiko sendiri, tergantung pada objek yang dipilih. Jadi, pandai memilih objek investasi menjadi keharusan.

Dana Darurat Berbentuk Investasi yang Aman

Merupakan fakta bahwa objek investasi di masa kini terus berkembang ragamnya. Pastikan objek yang kamu pilih memenuhi kualifikasi berikut :

  • Tingkat risiko yang minim, bisa dilihat dengan peluang kerugiannya.
  • Menunjukkan tren yang positif – minimal stabil.
  • Bisa dimulai dengan dana yang kecil.
  • Dapat menjadi investasi jangka menengah maupun jangka panjang.
  • Nilainya tidak terpengaruh ketika dicairkan secara mendadak.

Dengan begitu, objek investasi yang kamu pilih akan memberikan keuntungan maksimal dengan peluang kegagalan yang kecil. Cocok dengan kriteria dana darurat yang kamu butuhkan di mana bisa sewaktu-waktu diandalkan sebagai suntikan dana segar sekaligus menghasilkan profit yang menambah alokasi dana awal secara konsisten.

Jadi, apa objek investasi yang paling tepat sebagai perwujudan dana darurat ini? Emas merupakan pilihan terbaik. Logam mulia ini jelas memenuhi poin-poin kualifikasi sebagaimana dijabarkan di atas. Sehingga, tidak berlebihan menyebutnya sebagai langkah terbaik dalam mempersiapkan dana darurat berbentuk investasi.


Dana Darurat Berbentuk Investasi Tabungan Emas

Saat ini, sudah hadir opsi asyik berinvestasi emas untukmu, yaitu dengan cara menabung. Konsep ini persis seperti kamu menabung secara konvensional di instansi perbankan, tetapi bukan saldo uang tunaimu yang bertambah, melainkan logam mulia. Kamu cukup menyetorkan dana segar, maka tabungan emasmu akan bertambah dari waktu ke waktu.

Solusi mudah dan praktis dalam berinvestasi emas ini diperkenalkan oleh IndoGold. Didukung dengan aplikasi khusus gawai pintar, kamu bisa melakukan segala aktivitas tabungan emas ini melalui metode daring. Tanpa perlu keluar rumah, tidak harus menyimpan secara konvensional, tetapi profit terus berjalan dan tabungan juga kian menggunung.

Tabungan emas dari IndoGold ini efektif untuk menjadi perwujudan dana darurat karena bisa kamu jual kapan saja tetapi disimpan juga terus bertambah mahal nilainya. Pastikan untuk mempersiapkan dana darurat yang kamu butuhkan dengan tepat dan terstruktur. Hindari kebangkrutan finansial akibat kebutuhan tidak terduga melalui investasi yang tepat.


Baca juga: Macam-Macam Buah Pelengkap Buka Puasa yang Menyehatkan



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru