Finansial

Bisnis

Pentingnya Ambil Pinjaman Usaha Guna Kembangkan Bisnis

Kabrina Rian Ferdiani-

19 Feb 2021

Pentingnya Ambil Pinjaman Usaha Guna Kembangkan Bisnis

Berkembangnya sebuah bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak modal di mana sering didapat dari pinjaman usaha. Para pelaku usaha sebenarnya tidak punya banyak pilihan mengingat kondisi tersebut cukup mendesak sehingga meminjam menjadi jalan satu-satunya cukup aman, cepat apalagi kini semakin mudah dengan hanya menggunakan aplikasi.  

UMKM adalah sekian banyak bisnis berkembang di masyarakat Indonesia. Usaha yang dijalankan oleh kalangan menengah ke bawah tersebut sangatlah butuh tambahan modal guna cepat berkembang. Sayangnya pinjaman usaha dari bank konvensional dinilai tidak maksimal mengingat prosesnya lama serta menyulitkan karena bunga cenderung besar.


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Bisnis Menuntut Diperluas agar Kian Maju

Alasan pertama adalah bisnis Anda menuntut segera diperluas atau segera dikembangkan. Berbicara mengenai modal memang selalu dibutuhkan meski bisnis sudah berkembang. Bahkan semakin berkembang maka besar pula modal dibutuhkan. Arus perputaran dana semakin cepat sehingga butuh suntikan uang banyak apabila ingin tetap stabil. 

Stabil tidaknya inilah membuat pebisnis rela ajukan pinjaman usaha. Nantinya dana dapat digunakan guna kepentingan seperti memodali operasional hingga lakukan pemasaran lebih luas. Sehingga produk cepat dikenal hingga pelosok. Terlepas dari baik tidaknya pengelolaan, uang pinjaman tersebut perannya begitu penting demi kelangsungan usaha khususnya UMKM. 

Banyak orang sering kali mempertanyakan mungkinkah terus-menerus butuh modal besar apalagi ketika bisnis sudah berkembang. Tidak dapat dipungkiri semakin besar maka kebutuhan suatu perusahaan terus meningkat. Serta tidak mungkin semua biaya diperoleh dari uang kas. Tentu akan berisiko apabila seluruhnya menggunakan uang kas meski guna kepentingan usaha. 

Maka dari itu, solusi tepat ialah dengan mengajukan pinjaman usaha meski tidak dalam jumlah besar. Setidaknya dana tersebut mampu dialokasikan guna beberapa kepentingan seperti menambah media pemasaran tanpa harus mengorbankan uang kas. Biarkan uang kas tersebut menjadi dana darurat yang digunakan apabila terjadi hal tidak diinginkan. 

Anda juga dapat menjadikan dana pinjaman usaha tersebut sebagai investasi jangka panjang. Apalagi tenor pengembalian pinjaman khususnya sistem online umumnya panjang. Bahkan dapat dikembalikan sekali bayar sesuai pilihan awal. Ingat mengembangkan usaha pada dasarnya sulit dilakukan apabila harus menunggu dana dari profit penjualan terkumpul. 


Baca juga: Memulai Bisnis Tanpa Modal dan Pengalaman


Mengubah Produksi dari Manual ke Otomatis

Di era teknologi seperti sekarang sangat sulit apabila terus bertahan dengan sistem produksi manual. Selain hasil produksi terbatas, sistem tersebut relatif tidak efektif lantaran berkaitan erat dengan kualitas produk. satu-satunya jalan adalah dengan mengubahkan ke sistem otomatis. Di mana Anda membutuhkan beberapa mesin sebagai penunjangnya. 

Mengubah sistem produksi tentu membutuhkan banyak dana. Solusi tercepat serta mudah adalah dengan mengajukan pinjaman usaha. Cara tersebut sudah sering dipilih guna peroleh dana cepat sehingga segera dapat dimanfaatkan. Terlalu lama apabila harus menunggu apalagi persaingan bisnis kini semakin ketat serta sulit diprediksi. 

Ketika Anda memanfaatkan dana guna mengubah sistem produksi setidaknya juga berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Konsumen akan lebih percaya kepada Anda lantaran kualitas produk dihasilkan tentunya semakin baik. Bukankah hal tersebut adalah sebuah keuntungan tersendiri yang membuat bisnis Anda kian berkembang dengan cepat. 

Di samping itu, Anda juga dapat memanfaatkan dana pinjaman usaha guna kebutuhan lain seperti menggaji karyawan. Meski sudah mengubah sistem produksi, Anda justru dibebani mencari karyawan ahli guna menjalankannya. Dan umumnya gaji tenaga kerja seperti itu lumayan tinggi. Akan sangat membebani apabila gaji diambil dari uang kas. 

Jika ternyata di tengah perjalanan uang pinjaman usaha tidak dipergunakan maka dapat digunakan sebagai dana darurat. Di mana dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu guna kepentingan mendesak. Apalagi situasi bisnis sering kali sulit diprediksi apakah sedang menguntungkan atau tidak. 


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Kesempatan Ekspansi Bisnis agar Berkembang Pesat

Suatu bisnis tentu kedepannya mempunyai harapan agar kian menjadi berkembang pesat bahkan bermimpi akan ada beberapa cabang. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan hanya saja perlu banyak pertimbangan salah satunya dana. Berekspansi bisnis tentu sangat dilarang apabila harus mengorbankan keuangan khususnya untuk dana operasional karena dapat mengganggu kelancaran usaha. 

Dalam kondisi demikian, seseorang akan menjadi bingung sehingga pinjaman usaha menjadi solusi yang sangat tepat. Dana tersebut dapat dialokasikan guna ekspansi bisnis seperti membuka kantor baru, membeli peralatan serta bahan baku hingga mendanai pemasaran. Setidaknya hal tersebut tidak mengganggu jalannya usaha sebelumnya khususnya di bidang operasional.

Tidak perlu khawatir karena dana pinjaman tidak sepenuhnya membebani. Pada dasarnya dana pinjaman akan membebani ketika Anda tidak dapat mengembalikannya tepat waktu. Meminjam dana secara online akan tetap aman asalkan dilakukan di media tepat. Serta pengembalian waktunya disesuaikan dengan kemampuan Anda tanpa ada unsur paksaan. 

Selain itu, pastikan pula bunga yang ditetapkan tidak terlalu besar. Terlalu besar bunga seringnya menjadi sebab banyak pengusaha terlilit hutang. Guna mengurangi risiko tersebut, jangan sampai Anda meminjam di tempat di mana menerapkan bunga besar. Jangan sampai tergiur kecepatan pencairan membuat Anda salah mengambil keputusan. 

Hal terpenting lainnya, sebelum meminjam pastikan Anda sudah mempunyai tujuan jelas mau diapakan dana tersebut. Ketika penggunaan dana jelas besar kemungkinan modal tidak hilang begitu saja guna kebutuhan kurang penting. Maka dari itu, mulai sekarang hilangkan anggapan jika mengajukan pinjaman usaha hanya membuat Anda terbebani.

Bagi Anda pelaku bisnis sangat disarankan meminjam apabila memang membutuhkannya. Ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memutuskan meminjam di antaranya besarnya bunga serta bagaimana cara mengembalikannya. Pastikan semua informasi didapat lengkap sebagai bentuk persetujuan disesuaikan kemampuan Anda. Guna mengurangi risiko pinjaman usaha tidak diinginkan terjadi. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru