Gaya Hidup

Finansial

Perbedaan Pinjaman Online Legal dengan Pinjaman Bank

Paskalia-

26 Feb 2021

Perbedaan Pinjaman Online Legal dengan Pinjaman Bank

Belakangan ini banyak orang mulai berburu pinjaman online legal. Selain dikarenakan kebutuhan mendesak yang semakin banyak, hal tersebut didukung juga dengan proses pencairan cepat. Sehingga hal tersebut memberikan poin lebih bagi masyarakat yang membutuhkan dana instan daripada meminjam lewat layanan perbankan.

Tidak heran bila kemudian banyak platform pinjol mulai muncul dimana-mana dan seakan-akan hal tersebut menjadi angin segar bagi semua orang. Banyak dari para konsumen akhirnya tergiur mencoba platform tersebut karena kebutuhan yang mendesak dan tidak mendapat solusinya. Akhirnya mereka lebih memilih mengajukan pinjaman secara online.


Baca juga: Pinjaman Modal Online dengan Proses yang Cepat


Perbedaan Pinjaman Online Legal vs Bank


Seiring berjalannya waktu, hal ini membuat kebiasaan orang-orang mulai beralih dari melakukan kegiatan secara konvensional menjadi kegiatan serba online alias digital. Hal tersebut juga berlaku sama untuk soal pinjam uang. Banyak orang mulai mengajukan pinjaman dana dari mana saja menggunakan smartphone yang tersambung internet.

Karena dengan cara inilah mereka bisa mendapat aliran dana segar dalam waktu 24 jam saja. Ini berbeda sekali dengan proses pengajuan di bank. Selain ketentuannya ketat daripada pinjaman online legal, proses pencairan dananya juga lama bahkan bisa sampai 2 minggu. 

Tidak hanya itu saja, biasanya bila mengajukan lewat perbankan itu harus dilengkapi dengan dokumen pendukungnya. Dimana beberapa dokumen pendukungnya tersebut ada banyak, belum lagi masih ada survei juga sehingga terkadang hal ini membuat nasabah merasa malu terhadap tetangga.

Tentunya ini berbeda sekali dengan layanan pinjol. Ketentuan yang ditetapkan untuk mendapatkan pinjaman jauh dari kata susah. Anda hanya perlu memberikan kontak email, sambungan akun media sosial, dan foto diri bersama KTP, serta ada beberapa yang terkadang meminta slip gaji juga.

Sehingga dengan beberapa persyaratan yang mudah terkadang membuat orang semakin tergiur mengajukan pinjaman online legal. Karena tanpa perlu survei lagi, maka dalam beberapa menit saja biasanya hasilnya akan langsung muncul. Apakah Anda disetujui mendapatkan pinjaman atau tidak.

Jadi prosesnya lebih cepat. Hanya saja Anda perlu menyadari juga bila dengan segala kemudahan yang serba digital online tentunya ada resiko di dalamnya. Karena semua data tersimpan dalam cyber jadi pastikan selalu bijak saat menentukan platform pinjol dan jangan asal download sebelum mereka bisa dipercaya.


Tips Pemula yang Ingin Mencoba Layanan Pinjaman Online Legal


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa pada dasarnya mengajukan pinjaman berbasis online itu harus dilakukan dengan cara hati-hati. Ada beberapa poin penting yang wajib dipahami oleh setiap orang supaya bisa merasa tetap aman dan nyaman terbebas dari penipuan pinjaman online. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan supaya aman saat mengajukan pinjaman dengan cara online:

  1. Sebaiknya perhatikan dulu legalitas dari platform pinjol tersebut. Pilih yang telah tertuang dalam OJK resmi agar setiap prosedurnya lebih jelas, baik dari peraturan hingga besaran suku bunganya. Sehingga Anda akan merasa lebih aman dan bebas dari hal merugikan saat memilih pinjaman online legal tersebut.
  2. Pilih aplikasi yang memiliki suku bunga rendah supaya lebih menguntungkan dan bebas resiko. Karena bila suku bunganya terlalu tinggi otomatis itu akan mempersulit Anda untuk membayar angsurannya. Sebab Anda harus membayar angsuran sekaligus bunganya yang tinggi.
  3. Selalu mencatat deadline waktu pembayaran pinjaman online legal itu sangat penting sekali. Sehingga Anda tidak lupa waktunya membayar tagihan. Bila perlu selalu ingat berapa banyak uang yang perlu dibayar pada angsurannya tersebut. Tulis pada buku khusus untuk menghindari keterlambatan bayar.
  4. Poin penting lainnya adalah ketika gajian sudah tiba, sebaiknya langsung ambil sebagiannya untuk membayar pinjaman tersebut. Jadi jangan digunakan dulu sebelum membayar angsuran pinjaman tersebut. Ini wajib dilakukan untuk menghindari denda karena telat melakukan pembayaran angsurannya.


Baca juga: Mau Mengajukan Pinjaman Modal Usaha? Perhatikan Hal ini


Bijaklah dalam Mengajukan Pinjaman Online Legal


Supaya tidak bernasib buruk seperti para korban pinjol ilegal lainnya, sebaiknya Anda harus lebih bijak dalam menentukan pilihan. Karena tentunya Anda tidak ingin diteror habis-habisan oleh sang debt collector bukan? Ada banyak korban bernasib sial dan sudah banyak diberikan baru-baru ini.

Kebanyakan dari mereka sebenarnya mengalami kejadian seperti itu karena asal dalam memilih pinjaman online. Mereka tidak memperhatikan dengan baik apakah platform pilihannya termasuk pinjaman online legal atau bukan. Para korban hanya berpikir untuk mendapatkan dana instan tanpa melihat suku bunga dan peraturan dari pinjol pilihannya.

Akibatnya mereka mengalami kejadian buruk seperti itu. Atas kejadian tersebut, akhirnya banyak orang seringkali menyamaratakan soal layanan pinjaman online. Banyak orang berpikir bahwa layanan mereka buruk, mengerikan, dan mencekik. Padahal tidak semuanya seperti itu asalkan Anda memilih yang sudah terdaftar OJK.

Itulah sebabnya setiap orang wajib lebih bijak ketika mencari pinjaman online legal. Anda tidak perlu takut memilih layanan mereka selama tidak melanggar peraturan dari OJK. Terlebih sebagai masyarakat masa kini seharusnya lebih melek terhadap teknologi. Jadi tidak asal mengunduh platform pinjol tanpa melihat legalitasnya.

Jadi pastikan Anda selalu mengecek status hukumnya dulu. Platform yang baik dan resmi selalu menawarkan suku bunga wajar dengan tenor yang masih menggunakan logika. Sehingga dijamin layanannya tidak akan memberatkan penggunanya. Berbeda sekali dengan aplikasi ilegal dimana mereka pasti identik menyebabkan masalah.

Ada banyak hal merugikan yang akan dialami oleh konsumen ketika mereka meminjam di tempat ilegal. Maka dari itu cerdas dalam memilih pinjol itu wajib hukumnya. Supaya Anda bisa merasa lebih nyaman dan aman saat mengajukan permohonan di pinjaman online legal.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru