Finansial

Perusahaan Fintech di Indonesia yang Sedang Berkembang

Kabrina Rian Ferdiani-

25 Jan 2021

Perusahaan Fintech di Indonesia yang Sedang Berkembang

Perkembangan teknologi di era modern semakin tidak terbendung, salah satunya terlihat dari hadirnya fintech alias financial technology. Gelombang modernisasi kini tidak hanya merambah trend belanja online seperti marketplace yang menampung merchant-merchant dengan berbagai produk kebutuhan masyarakat. Lebih jauh lagi, kini sektor keuangan juga memanfaatkan teknologi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Financial technology dapat didefinisikan sebagai inovasi layanan keuangan yang menggandeng kecanggihan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat secara luas. Ada banyak sekali produk financial technology yang sudah berkembang pesat di Indonesia. Mungkin saja Anda belum menyadari jika telah memanfaatkan salah satu atau beberapa produk dari fintech.

Misalnya adalah layanan pembayaran dengan metode dompet digital atau uang elektronik. Saat ini penggunaan e-money alias uang elektronik semakin marak karena kemudahan dan kepraktisannya. Orang mulai meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non tunai karena dianggap lebih aman dan juga nyaman. 

Produk lain dari financial technology yaitu pinjaman online yang bisa diperoleh dari aplikasi smartphone. Ada juga startup yang memungkinkan konsumennya untuk berinvestasi secara mudah. Pinjaman online maupun investasi yang dapat diakses melalui smartphone tentunya merupakan terobosan baru di bidang keuangan. Berikut adalah daftar perusahaan fintech yang sedang berkembang di Indonesia.


Baca juga: Yuk, Mengenal Fintech dan Jenis-Jenisnya


P2P Lending Modal Rakyat yang Menawarkan Pinjaman

Satu diantara jenis-jenis financial technology adalah lending, yakni perusahaan menjadi penyambung antara pemberi dana dan peminjam. Modal Rakyat merupakan salah satu perusahaan P2P lending yang menawarkan pinjaman bagi masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Pihak yang sering memanfaatkan pinjaman dari perusahaan ini adalah pelaku UMKM. 

Pelaku bisnis UMKM biasanya membutuhkan modal usaha untuk menjalankan bisnisnya. Jika dahulu kala mengajukan pinjaman hanya bisa dilakukan di bank, berbeda kondisinya dengan sekarang. Anda bisa mengajukan pinjaman melalui fintech P2P Lending Modal Rakyat secara online. Tidak perlu jauh-jauh ke bank, cukup mendaftar dengan smartphone dan jaringan internet.

Di sisi lain, Modal Rakyat juga menjadi wadah bagi para investor yang ingin menanamkan dananya untuk memperoleh keuntungan finansial sekaligus membantu pihak lain memperoleh dana. Bunga yang kompetitif tentu memberikan manfaat baik bagi peminjam maupun pendana. Tidak perlu khawatir, Modal Rakyat adalah perusahaan aman karena terdaftar di OJK.


Fintech Payment Go-Pay yang Bergerak di Bidang Pembayaran

Anda tentu sudah sangat familiar dengan Go-Pay atau bahkan menjadi pengguna rutin setiap hari untuk berbagai kebutuhan. Go-Pay merupakan startup finansial yang bergerak di bidang payment alias pembayaran. Pengguna aplikasi transportasi online Go-Jek saat ini kebanyakan menggunakan layanan dari Go-Pay untuk bertransaksi. 

Pengembangan perusahaan ini didasarkan pada kesadaran jika transaksi secara non tunai dinilai lebih aman. Selain itu, ini juga cara untuk beradaptasi dengan kemajuan zaman sehingga transaksi tunai secara perlahan mulai ditinggalkan. Kemudahan yang diberikan fintech ini tidak hanya sebatas dalam hal pembayaran saja tetapi juga cara top up.

Anda dapat melakukan top up via ATM, minimarket, hingga driver Go-Jek. Perkembangan startup ini semakin mantap dengan inovasi tarik tunai serta transfer saldo antar e-wallet. Kini Go-Pay juga tersedia untuk pembayaran berbagai transaksi selain produk Go-Jek. Hal ini menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memilih metode pembayaran.


Bareksa, Tempat Investasi Reksa Dana

Perusahaan fintech berikutnya yang memiliki layanan keuangan menarik adalah Bareksa. Didirikan pada 17 Februari 2013, Bareksa menjadi marketplace keuangan yang menawarkan produk instrumen investasi berupa reksa dana. Setidaknya terdapat 90 produk reksa dana yang tersedia di Bareksa dan dapat diakses secara online.

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi, reksa dana adalah instrumen menarik untuk pemula. Hal ini karena tingkat risikonya relatif rendah namun memberikan keuntungan yang cukup menarik. Jika ingin memperoleh return tinggi, ada baiknya memilih produk reksa dana saham. Namun jika ingin yang risikonya lebih rendah, reksa dana pasar uang adalah solusinya.

Tetapi sebelum memilih produk reksa dana, Anda wajib mengetahui jenis profil risiko serta tujuan finansial secara jelas. Dengan begitu bisa menerapkan strategi investasi secara tepat. Selain menjual reksa dana, fintech Bareksa juga menyediakan informasi seputar pasar modal seperti saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya.


Finansialku, Fintech Manajemen Risiko Investasi

Perusahaan financial technology lain yang juga tengah berkembang di Indonesia adalah Finansialku. Finansialku adalah platform yang menyediakan berbagai tips manajemen keuangan bagi para penggunanya. Perkembangan teknologi dan informasi di bidang finansial harus dibarengi dengan peningkatan literasi keuangan secara matang.

Fintech ini adalah solusi bagi Anda yang ingin mengatur keuangan serta investasi dengan tepat. Misalnya menyusun perencanaan investasi baik itu menggunakan instrumen saham, reksa dana, dan sebagainya untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh Anda ingin menyusun perencanaan keuangan untuk tujuan pensiun, pendidikan, liburan, dan sebagainya. 


Baca juga: Daftar Fintech Lending yang Terdaftar dan Berizin di OJK (2020)


CekAja, Platform yang Bergerak di Bidang Market Aggregator

CekAja merupakan platform fintech yang bergerak di bidang market aggregator. Situs ini menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan secara lengkap yang meliputi kredit, asuransi, deposito, hingga instrumen investasi. Kehadiran CekAja semakin meramaikan layanan keuangan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Melalui CekAja, anda dapat membandingkan produk-produk finansial yang ditawarkan beberapa perusahaan. Cara ini sangat memudahkan masyarakat untuk menemukan jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan ataupun tujuan finansial masing-masing. Jadi Anda tidak perlu mendatangi kantor atau mengecek website perusahaan satu per satu. Menariknya, Anda dapat mengakses informasi tersebut tanpa pungutan biaya.

Pelayanan keuangan di era modern semakin mudah berkat adanya kemajuan teknologi. Beberapa contoh perusahaan di atas mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai tujuan dan keinginan mereka. Pastikan Anda memilih fintech yang aman dan terpercaya sebelum menggunakan layanannya.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru