Finansial

4 Tips Pilih Investasi Online Aman dan Bisa Dipercaya

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Jul 2020

4 Tips Pilih Investasi Online Aman dan Bisa Dipercaya

Bila Anda memiliki dana lebih dan hendak melakukan investasi online, tentu perlu berhati-hati dan waspada. Banyak kasus investasi bodong secara online dan memakan banyak korban. Meski begitu, tidak selamanya investasi secara online adalah berbahaya. 

Banyak juga penyedia jasa investasi yang aman dan resmi. Untuk itu sebagai investor Anda harus cerdas memilih investasi yang terpercaya. Investasi secara online sudah banyak muncul serta menawarkan beragam produk investasi. Mereka juga mempermudah investor melalui aplikasi sehingga transaksi lebih mudah dilakukan. 

Ada juga model investasi pendanaan (crowdfunding) untuk beragam kebutuhan, misalnya riset maupun usaha UMKM. Dana akan diputarkan sehingga pemberi pinjaman atau investor mendapatkan bunga. Investasi online masih dalam proses pengembangan di Indonesia, bahkan bisa dikatakan hal yang baru. 

Namun, bagi para pengguna gadget, hal ini akan memudahkan. Anda bisa mencoba berinvestasi secara online dengan cermat serta waspada. Beberapa tips berikut ini bisa Anda pakai supaya dapat berinvestasi dengan perusahaan dan produk investasi yang aman.


Baca juga: Keuntungan Investasi Online yang Perlu Anda Tahu


Organisasi dan Struktur Perusahaan

Penyedia jasa investasi online yang resmi memiliki struktur organisasi yang jelas. Mereka juga memiliki kejelasan mengenai kepemilikan perusahaan serta rekam jejak yang bisa dilacak. Anda dapat mengecek mengenai latar belakang perusahaan tersebut melalui media internet. 

Cek mengenai kepemilikan, struktur perusahaan serta siapa saja yang bekerja di perusahaan tersebut. Investasi yang terpercaya memiliki penjelasan yang lengkap mengenai perusahaan serta organisasi Investasi online tersebut. Mereka juga memiliki rekam jejak yang baik. 

Mungkin tersedia review atau informasi dari para investor bila perusahaan tersebut bereputasi baik. Selain itu, pastikan para jajaran yang bekerja di perusahaan tersebut memiliki latar belakang ilmu investasi. Seharusnya Anda dapat memperoleh informasi tersebut pada laman resmi perusahaan investasi. 

Perusahaan yang terpercaya akan memberikan informasi yang jelas pada situs mereka. Tidak hanya dipasarkan secara online, perusahaan resmi akan memiliki kantor fisik yang resmi pula. Bila perlu cek lokasi secara langsung pada perusahaan tersebut sebelum berinvestasi.


Tidak Berlebihan Menjanjikan Keuntungan

Anda perlu berhati-hati dan curiga terhadap investasi online yang menawarkan return besar dalam waktu singkat. Misalnya mereka menawarkan adanya keuntungan 5% setiap bulannya, dengan kata lain 60% setiap tahunnya. Tentu saja tidak ada investasi resmi yang menjanjikan keuntungan sebesar itu. 

Proses investasi yang wajar memerlukan waktu serta proses dengan perhitungan tidak mudah. Bisa jadi investasi yang menawarkan bunga besar dan waktu yang singkat adalah investasi bodong. Banyak juga para investasi bodong yang menawarkan produknya melalui investasi online. 

Namun, tentu saja tidak semua investasi secara online adalah investasi bodong. Apabila dalam rentang keuntungan yang wajar, Anda bisa mempertimbangkan dan mengecek lebih dalam. Keuntungan investasi yang wajar dalam rentang 10% - 20% per tahun. Bila investasi online tersebut memberikan keuntungan dalam rentang wajar, bisa Anda pertimbangkan. 

Jadi, bila dihitung secara rata-rata, setiap bulannya return yang diperoleh kurang dari 2%. Hati-hati kepada oknum yang mengaku dan menawarkan investasi dengan return yang besar serta dalam waktu singkat, bisa jadi penipuan.


Kejelasan Skema serta Produk Investasi

Perusahaan investasi online yang resmi dan aman akan menjelaskan produk investasi secara jelas dan gamblang. Hal ini disebabkan mereka sudah memahami betul beragam produk investasi secara rinci. Setiap calon investor juga diberikan penjelasan yang jelas mengenai produk serta skema investasi. 

Penjelasan yang mereka berikan tidak mengambang, namun benar-benar jelas. Investasi online memberikan penjelasan juga mengenai dana investasi, besarnya dana yang mengalir, serta besaran return yang akan diterima investor. Sebagai investor, Anda juga harus cerdas dan kritis menilai setiap produk yang ditawarkan. 

Cermati skema yang dipakai oleh perusahaan investasi tersebut. Investasi penipuan biasanya memakai skema Ponzi sehingga Anda harus memahaminya untuk bisa menjauhinya. Salah satu ciri skema Ponzi adalah adanya bunga dari investor yang hanya bisa diperoleh bila Anda menarik orang baru. 

Skema ini sering dipakai oleh para investasi online bodong dan banyak yang tertipu. Bila diminta untuk menarik investor baru agar return naik, Anda patut curiga. Selebihnya skema Ponzi memang tidak dijelaskan secara gamblang oleh investor bodong.

 

Memiliki Lisensi Resmi dari OJK

Indonesia memiliki badan yang mengawasi produk keuangan termasuk investasi, yaitu OJK. Otoritas Jasa Keuangan memberikan izin kepada lembaga penyedia jasa investasi yang terpercaya. Pemberian izin lisensi legalitas juga diberikan pada produk-produk investasi yang mereka tawarkan. 

Perusahaan investasi yang memiliki izin resmi OJK akan mencantumkan nomor izin OJK di laman website mereka. Supaya Anda lebih yakin dalam melakukan investasi online, izin OJK perusahaan investasi bisa dicek secara langsung di kantor OJK maupun lewat website resmi OJK. 

Di laman resmi OJK, ada list perusahaan-perusahaan investasi yang sudah memiliki izin. Cek apakah perusahaan investasi yang akan Anda percayakan dana sudah ada di list tersebut atau belum. Jangan lupa untuk mengecek legalitas produk investasi maupun perusahaan investasi di OJK sebelum investasi online. 

Bila Anda menemui kecurigaan maupun hal yang tidak wajar pada suatu produk maupun suatu perusahaan investasi, bisa menghubungi dan melaporkannya pada OJK. Dengan begitu Anda ikut mencegah berkembangnya investasi bodong serta mencegah timbulnya korban-korban penipuan.

Jangan lupa untuk mengecek setiap akan berinvestasi dengan tips-tips tersebut agar nantinya kegiatan berinvestasi yang dilakukan tetap lancar dan menguntungkan. Salah satu investasi yang bisa dipercaya dan bisa diakses secara online adalah P2P Lending Modal Rakyat. 

Sebagai salah satu instrumen investasi resmi dan bisa dipercaya, Anda dapat membantu perekonomian UMKM sekaligus mendapatkan return. Jika ingin memilih investasi online yang aman dan terpercaya, Anda bisa menentukan Modal Rakyat. 


Baca juga: Cara Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia karena Amazon

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru