Finansial

Siapkan Rencana daripada Tujuan Finansial

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Sep 2020

Siapkan Rencana daripada Tujuan Finansial

Ada beberapa orang yang suka menetapkan tujuan keuangan dan melakukan pekerjaan yang hebat untuk mencapainya setiap tahun. Di sisi lain, ada orang lain yang menetapkan tujuan dan kesulitan untuk mewujudkannya.

Jika Anda lelah hidup dalam situasi Anda saat ini tetapi merasa menetapkan tujuan keuangan baru tidak akan membuat perbedaan, Anda harus mencoba membuat rencana daripada menetapkan tujuan keuangan tahun ini.

Rencana keuangan Anda akan menguraikan apa yang perlu Anda lakukan dan kapan tanpa perubahan drastis yang sering datang saat Anda menetapkan tujuan yang mungkin tidak dapat dicapai.

Bagian terbaik dari memiliki rencana keuangan adalah membuat Anda tetap fokus untuk bergerak maju, bahkan setelah Anda mencapai tujuan yang mungkin telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.


Baca juga: Hidup Bahagia dan Terhindar dari Masalah Keuangan? Bisa Kok!


Manfaat Rencana Keuangan

Seringkali tujuan akan berurusan dengan satu bidang tertentu dari keuangan Anda. Tidak masalah jika Anda memerlukan perbaikan dalam penganggaran atau keluar dari utang tetapi kemudian Anda bertanya-tanya apa yang harus Anda tangani selanjutnya?

Rencana keuangan memberikan langkah Anda selanjutnya. Ini juga menghilangkan tekanan dari satu area yang mungkin Anda geluti dan memungkinkan Anda fokus pada gambaran besar, yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan penganggaran atau keluar dari utang.


Menyiapkan Rencana Keuangan Anda

Untuk mulai menyiapkan rencana keuangan, Anda harus mulai dengan berpikir jangka panjang. Ini mungkin berlaku sejauh Anda ingin pensiun dan seberapa nyaman Anda ingin menjadi. Jika itu terlalu menakutkan sekarang, lihat di mana Anda ingin berada dalam lima atau 10 tahun ke depan secara finansial.

Apakah Anda ingin membeli rumah baru saat itu? Apakah Anda ingin memiliki pekerjaan yang berbeda? Apakah Anda akan memulai sebuah keluarga atau mengirim anak ke perguruan tinggi? Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu Anda menentukan jalan yang perlu Anda tempuh untuk dapat mencapai impian tersebut.


Bagi Rencana Anda Menjadi Langkah-Langkah Kecil yang Dapat Dikelola

Setelah Anda mengidentifikasi kebutuhan Anda, Anda dapat menguraikan langkah-langkah yang Anda perlukan untuk mencapainya. Misalnya, jika ingin membeli rumah, Anda perlu mengurangi utang dan menabung untuk uang muka rumah Anda.

Ini membantu Anda untuk terus bergerak maju. Jika Anda mencapai langkah lebih awal, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah berikutnya segera setelah Anda mencapainya.


Pastikan Anda Menganggarkan

Anggaran Anda adalah kunci keberhasilan rencana keuangan. Anggaran akan memungkinkan Anda melihat berapa banyak uang tambahan yang harus Anda sisihkan untuk tujuan. Ini akan mengidentifikasi area masalah dalam hal pengeluaran atau mungkin menunjukkan bahwa Anda tidak membuat cukup uang untuk mencapai tujuan.

Anggaran keuangan akan membuat Anda memperbaiki masalah dan membuat penyesuaian sehingga Anda dapat melunasi utang Anda dan mulai menabung untuk masa depan. Itu membuat perbedaan besar dalam mencapai tujuan.

Jika Anda memerlukan bantuan penganggaran, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang memungkinkan Anda melacak pengeluaran dan menetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil kelas penganggaran yang akan bekerja dengan Anda untuk menyiapkan anggaran yang realistis untuk situasi Anda saat ini.


Mintalah Bantuan dari Para Ahli

Jika Anda ingin menginvestasikan uang untuk pendidikan atau pensiun Anda, temukan perencana keuangan yang dapat membantu Anda menyiapkan rencana investasi yang solid.

Jika Anda merasa perlu memperbaiki situasi pekerjaan Anda saat ini, pertimbangkan untuk mendapatkan pelatihan tambahan.

Ada begitu banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu saat Anda mengerjakan rencana keuangan. Jika memiliki pertanyaan, ada baiknya menemukan seseorang yang memiliki keahlian untuk membantu Anda.


Sesuaikan Rencana Keuangan Anda Sesuai Kebutuhan

Situasi berubah, dan garis waktu yang Anda pikirkan saat ini mungkin tidak berjalan seperti yang Anda harapkan. Hal-hal mungkin dipercepat atau tidak terjadi secepat yang Anda inginkan. Anda bisa terus mempersiapkan sehingga pada saat yang tepat, Anda siap untuk langkah selanjutnya dalam rencana tersebut.

Pastikan bahwa Anda selalu menabung untuk masa pensiun tidak peduli tahap apa dari rencana yang Anda kerjakan, dan Anda harus dapat mengubah situasi keuangan Anda tanpa stres yang mungkin datang dengan menetapkan tujuan.

Jika Anda lajang, Anda akan memiliki rencana yang berbeda dengan jika Anda sudah menikah, tetapi Anda harus tetap memiliki rencana yang solid dengan rencana keuangan yang cerdas.


Baca juga: 6 Pencapaian Penting di Usia 25 Tahun, Bukan Cuma Soal Nikah, Lho!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru