Fitur dan Promo

Bisnis

Surat dari CEO Modal Rakyat: Upaya Mitigasi Risiko Covid-19

Paskalia-

20 Mar 2020

Surat dari CEO Modal Rakyat: Upaya Mitigasi Risiko Covid-19

Dear Rekan Modal Rakyat, 


Salam hangat dari kami untuk kalian di manapun berada, semoga Rekan Modal Rakyat beserta keluarga senantiasa diberi kesehatan.


Dalam dua minggu terakhir kita bersama-sama menghadapi penyebaran virus Covid-19, tentu wajar jika kita merasa khawatir dan resah. Seperti diketahui, penyebaran virus Covid-19 bukan hanya persoalan di Indonesia, melainkan menjadi persoalan global. Tidak sedikit negara-negara yang telah menerapkan lockdown sebagai upaya menghentikan penyebaran virus. Hingga hari ini, pemerintah pusat, kementerian, pemerintah daerah, tenaga medis, dan kita semua sedang berjuang memutus penyebaran Covid-19. 


Banyak kampanye terkait social distancing, self distancing, dan solidaritas disuarakan oleh berbagai pihak. Namun dampak dari semua ini tetap tidak bisa dihindari. Perekonomian Indonesia mulai terdampak, di mana nilai rupiah naik hingga harga saham bergejolak. Dampak yang sangat jelas dari semua ini, yakni adanya perlambatan ekonomi. Sebagian dari kita yang memperoleh gaji bulanan, tentu belum merasa terdampak, tetapi bagi mereka yang memperoleh penghasilan harian mulai ketar-ketir


Hal ini menunjukkan bahwa interaksi antar manusia ternyata menjadi salah satu kunci keberlanjutan ekonomi. Menghadapi situasi ini tentu tidak mudah, bahkan kestabilan perekonomian Indonesia menjadi salah satu tantangan terbesar yang harus dijaga bersama-sama. Pertanyaannya, apakah kita patut menyerah pada Covid-19? Jawabannya, “tidak”. Teknologi ternyata menjadi salah satu alternatif untuk terus menjaga kestabilan perekonomian. 


Modal Rakyat sampai saat ini memanfaatkan teknologi agar segenap karyawan dapat terus bekerja secara produktif. Manajemen Modal Rakyat memberikan kisi-kisi kepada karyawan untuk memanfaatkan software project management tools terkini, seperti Jira, Slack, Zoom, dan Trello. Keamanan data pengguna juga tetap menjadi prioritas Modal Rakyat. Segenap karyawan, khususnya tim developer yang bekerja dari rumah memanfaatkan jalur VPN, sehingga pengembangan produk terus dapat dilakukan. Sebagai peer to peer (p2p) lending yang telah tersertifikasi ISO 27001:2013, tentu ini menjadi salah satu pedoman yang diterapkan Modal Rakyat. 


Hingga hari ini, kami optimis bahwa p2p lending bisa menjadi salah satu pendorong untuk menjaga kestabilan perekonomian di Indonesia. Pada hakikatnya, teknologi menjadi pilar utama dalam bisnis ini, di mana transaksi dapat dilakukan secara digital, khususnya pembiayaan usaha kecil, mikro, dan menengah. Dari aspek model bisnis, p2p lending secara persentase relatif lebih kecil untuk terdampak dibandingkan bisnis tradisional lainnya. Modal Rakyat sendiri telah menerapkan sistem manajemen keamanan informasi dengan standar ISO 27001:2013. Sejalan dengan visi kami untuk menjadi p2p lending yang patuh dan berkelanjutan dalam memberikan kontribusi terhadap inklusi keuangan di Indonesia, maka kami senantiasa menerapkan prinsip Pengetatan analisa credit scoring dan mitigasi risiko sebagai berikut:


1. Bagian dari anggota PEFINDO


PEFINDO merupakan pelopor biro kredit swasta di Indonesia. PEFINDO Biro Kredit adalah Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau dikenal juga sebagai Biro Kredit Swasta dan telah mendapatkan izin resmi sebagai salah satu biro kredit unggulan untuk membantu Modal Rakyat melakukan analisa skoring kredit histori kepada para calon peminjam yang telah meminjam di sektor formal seperti Bank atau Multifinance.


2. Terintegrasi dengan FDC (Fintech Data Center)


Modal Rakyat merupakan salah satu pionir tekfin (teknologi finansial) yang telah terintegrasi langsung dengan FDC. Dengan ini, Modal Rakyat memiliki kemampuan mendeteksi peminjam-peminjam yang memiliki tunggakan di tekfin dari anggota asosiasi fintech pendanaan Indonesia.


3. Jaringan mitra menjadi strategi menyeleksi peminjam di Modal Rakyat


Jaringan mitra merupakan kriteria peminjam di Modal Rakyat yang telah bekerja sama secara resmi, umumnya merupakan bisnis teknologi dengan pendanaan yang cukup signifikan dari investor. Mutu dan kualitas bisnisnya telah terjamin baik secara prospek bisnis masa depan, hukum, keuangan, pemasaran, hingga operasional bisnis.  Jaringan mitra Modal Rakyat dapat dikategorikan sebagai pendanaan unggulan serta menguntungkan dikarenakan Modal Rakyat memiliki akses langsung melalui integrasi teknologi terhadap data dan riwayat keuangan dari seluruh peminjam yang tergabung dalam Jaringan Mitra Modal Rakyat.


4. Modal Rakyat menyediakan fasilitas pinjaman


Kami berupaya memberikan rasa aman bagi Pendana dalam memberikan aktivitas pendanaan. Modal Rakyat bekerja sama dengan sejumlah penyedia layanan asuransi untuk memberikan perlindungan tambahan bagi para pendana di Modal Rakyat.


5. Fokus pada Pinjaman sektor produktif 



Sebanyak 99% fokus Modal Rakyat adalah menyalurkan ke pinjaman produktif. Modal Rakyat tetap membantu menyalurkan kepada usaha-usaha yang dirasa dapat tahan di badai resesi Covid-19 dan yang masih berkembang industrinya seperti sektor logistik, teknologi, serta perdagangan distribusi barang-barang ke daerah.


Mari kita membangun solidaritas memerangi Covid-19. Gotong-royong untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia. 


Hendoko Kwik, 

CEO & CoFounder Modal Rakyat


#DariRakyatUntukRakyat



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru