Bisnis

Finansial

Terbukti! Pinjaman P2P Lending Bantu UMKM

Paskalia-

26 Jul 2019

Terbukti! Pinjaman P2P Lending Bantu UMKM

P2P Lending bantu UMKM menjadi daya tarik para pencari modal karena sangat membantu mereka dalam mendapatkan modal. Modal berperan sebagai poin penting yang sangat mempengaruhi perkembangan suatu usaha. Tidak hanya usaha dalam skala besar dan mencakup ruang yang luas saja. 

UMKM juga membutuhkan modal supaya bisa bertahan di persaingan yang super ketat ini. Dengan adanya modal, suatu usaha yang sedang atau mungkin akan dijalankan, memiliki harapan besar dalam perkembangannya menjadi usaha yang lebih maju. Maka dari itu, pelaku UMKM harus memiliki modal cukup jika ingin mencapai tujuan itu.

Namun, dalam kenyataannya, kebanyakan para pelaku UMKM justru kesulitan dalam memenuhi kebutuhan modalnya. Kurangnya modal sebagai upaya perkembangan usaha yang dilakukan oleh para pelaku UMKM membuat usaha mereka stagnan. Harapan untuk kemajuan usaha pun menjadi hal yang cukup sulit untuk diwujudkan.


Baca juga: Jadi Wirausahawan Sukses Untuk Ibu Rumah Tangga


Maka dari itu, pengajuan peminjaman modal adalah jalan keluar utama dalam masalah terbatasnya modal yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Namun, tidak semua bank-bank serta lembaga keuangan lainnya yang berwenang memiliki kemudahan dalam prosesi peminjaman modalnya. 

Kebanyakan para pelaku UMKM kesulitan memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak perbankan dan lembaga keuangan. Kendala utama biasanya tidak tersedia harta atau aset berjalan yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Jika tidak harus menggunakan jaminan, bunganya akan sangat tinggi.

Selain itu, kendala lain lainnya adalah lamanya proses pencairan dana pinjaman, menjadi alasan lain kenapa para pelaku UMKM mengurungkan niatnya meminjam pinjaman konvensional. Sebab, pihak perbankan dan lembaga keuangan itu menerapkan sejumlah kebijakan ketat di dalam pengajuan tersebut.


Apakah Benar Pinjaman P2P Lending Bantu UMKM?

Dengan kondisi rumit itu, pelaku UMKM harus memutar otak untuk mencari sumber modal lain yang mungkin lebih mudah diraih demi perkembangan usaha mereka. Jika Anda juga sedang menghadapi masalah serupa, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui skema pinjaman P2P Lending yang menjadi terowongan terang bagi para pelaku UMKM. 

Meskipun pinjaman P2P Lending terbilang baru, program ini cepat dikenal oleh masyarakat luas dengan berbagai benefit yang ditawarkannya. Sistemnya yang fleksibel membuat pinjaman P2P Lending juga mudah diakses oleh pelaku UMKM yang berada di daerah-daerah.

Bisa dikatakan bahwa pinjaman P2P Lending bantu UMKM bukan isapan jempol semata.

Lantas, apa saja keunggulan pinjaman P2P Lending bagi pelaku UMKM sebagai bukti nyata mampu membantu pelaku UMKM? Jika Anda merupakan salah seorang yang mempertanyakan hal tersebut, di bawah ini akan ditunjukkan beberapa keunggulan pinjaman P2P Lending, yang sudah merasakan manfaat nyatanya.


Keunggulan Pinjaman P2P Lending Sebagai Bukti P2P Lending Bantu UMKM

Fakta pinjaman P2P Lending bantu UMKM semakin tercium oleh kebanyakan orang. Hal itu terjadi dilatarbelakangi akibat banyaknya keunggulan yang dimiliki pinjaman P2P Lending dalam menyalurkan pinjaman modal kepada UMKM, dibandingkan dengan penyaluran modal yang diberikan oleh para institusi konvensional. 

Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki pinjaman P2P Lending dalam menyalurkan pinjaman modal? 


Baca juga: Hal Penting Sebelum Ajukan Usaha Tanpa Jaminan


1. Pinjaman P2P Lending tidak membutuhkan jaminan

Jaminan yang biasanya sangat identik dengan pengajuan peminjaman ini, kerap menjadi penyebab kenapa para pelaku UMKM merasa kesulitan ketika mengajukan pinjaman. Alasannya, tidak semua pelaku UMKM memiliki aset yang bisa dijaminkan.

Namun, Anda tidak akan menemukan hal tersebut jika memilih untuk mengajukan pinjaman modal di P2P Lending. Di dalam proses peminjamannya sama sekali tidak mencantumkan jaminan sebagai salah satu persyaratan.


2. Proses pengajuan yang sangat mudah

Proses mengajukan pinjaman modal dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu bersusah payah ke institusi konvensional dalam mengajukan pinjaman, pelaku UMKM cukup melakukannya secara online karena kebanyakan P2P Lending menawarkan kemudahan ini. 

Proses peminjamannya hanya tinggal memanfaatkan platform yang sudah disediakan oleh P2P Lending tersebut. Tentunya hal itu benar-benar dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, selama Anda Anda memiliki koneksi internet yang layanannya memadai.


3. Bunga pinjaman yang cukup ringan

P2P Lending bantu UMKM semakin terbukti dengan fakta pinjaman yang ringan dalam proses peminjamannya. Ini yang perlu Anda ketahui lebih jauh.

Besaran bunga yang dibebankan pada peminjam adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku UMKM. Namun, di dalam pinjaman P2P Lending, Anda tidak akan dibebankan dengan bunga yang sangat tinggi. Bunga P2P Lending termasuk rendah dan tidak akan membebani peminjam.

Tidak mengherankan jika P2P Lending bantu UMKM benar-benar ada. Serta, benar-benar meringankan beban UMKM yang masih ragu-ragu meminjam uang di lembaga keuangan konvensional karena takut dengan bunga yang tinggi.


4. Pencairan dalam waktu singkat

Jika Anda termasuk pelaku UMKM yang ingin mendapatkan modal dalam waktu singkat, maka Anda akan berada dalam posisi tepat jika bergabung di pinjaman P2P Lending kali ini. Di dalam pinjaman P2P Lending, selain prosesnya yang tidak rumit, waktu pencairan dananya juga relatif singkat sehingga semakin membantu para peminjam dari kalangan pelaku UMKM.


Kesimpulan dari Pinjaman P2P Lending bantu UMKM

Jika kita melihat kembali dan membandingkan antara tawaran pinjaman yang dilakukan P2P Lending dengan pinjaman yang dilakukan oleh lembaga keuangan konvensional, maka sudah jelas bahwa pinjaman P2P Lending bantu UMKM dalam mengatasi permasalahan modal yang dimilikinya. Apalagi dilengkapi dengan keunggulan-keunggulan yang sudah dirasakan banyak pihak,  maka bukti P2P Lending mampu membantu UMKM semakin kuat.


Demikian ulasan mengenai pinjaman P2P Lending bantu UMKM. Semoga dengan ini semakin banyak pelaku UMKM yang berani untuk mengambil langkah ke depan untuk lebih maju lagi. Semoga bermanfaat.






Artikel Terkait
image image
Artikel Baru