Finansial

Terlanjur Berutang? Tenang, Lakukan Ini Supaya Tidak Sampai Defisit Finansial!

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Aug 2020

Terlanjur Berutang? Tenang, Lakukan Ini Supaya Tidak Sampai Defisit Finansial!

Terkadang, kebutuhan yang mendesak dan dibarengi ketidaktersediaan dana darurat membuat kamu terpaksa berutang. Selanjutnya, kamu dibuat pusing mengembalikan pinjaman tersebut, apalagi jika nominalnya besar. Banyak kasus di mana situasi semacam itu berakhir dengan defisit finansial alias pengeluaran tidak lagi tercukupi dengan pemasukanmu.

Tentu kamu tidak mengharapkan kondisi semacam itu sampai terjadi, ‘kan? Apalagi sampai berlarut-larut yang berujung dengan gaya hidup ‘gali lubang, tutup lubang’ atau membayar satu utang dengan pinjaman lain. Meskipun terlanjur berutang, kamu masih bisa melakukan hal-hal sederhana berikut agar tidak mengalami kebangkrutan keuangan.


Baca juga: Apa Pentingnya Perencanaan Keuangan Pribadi di Usia Muda?


Jangan Menambah Utang

Jika sudah terlanjur memiliki pinjaman aktif, usahakan untuk tidak mengajukan utang ke tempat lain sebelum tanggung jawab itu terlunasi. Jika kamu melakukannya, maka otomatis beban kamu bertambah dua kali lipat. Bukan hanya uang pokok, tetapi juga besaran bunga yang harus ditanggung. Pinjaman dalam hal ini bukan saja aplikasi kucuran dana segar.

Utang di sini termasuk penggunaan kartu kredit atau layanan paylater. Sebab ada tambahan biaya yang dikenakan sebagaimana jika kamu mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan. Pastikan untuk memenuhi segala kebutuhanmu dengan sisa uang yang dimiliki setelah dikurangi sejumlah nominal cicilan pelunasan pinjaman kamu.


Hindari Lapar Mata

Kamu tidak akan bisa menghemat, bahkan sisa uangmu bisa lebih cepat habis jika sampai lapar mata atau mudah tertarik dan membeli barang-barang yang kamu jumpai. Situasi semacam ini biasanya terjadi saat kamu sering jalan-jalan keluar rumah – khususnya mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan. Jadi, sebaiknya kamu bepergian dan berbelanja seperlunya saja, ya.

Selain itu, kamu juga bisa lapar mata jika menjelajah toko-toko daring apalagi marketplace. Minimalisir penggunaan platform belanja online di gawai yang kamu miliki merupakan solusi terbaik agar tidak sampai lapar mata. Jangan mudah tergiur dengan promo gratis ongkir dan diskon untuk benda-benda yang sekiranya tidak mendesak untukmu.


Membawa Bekal Ketika Beraktivitas di Luar Rumah

Langkah sederhana yang satu ini acap dianggap tidak penting bagi mereka yang terlanjur memiliki utang. Padahal, membawa bekal setiap kali beraktivitas di luar rumah dapat menghemat pengeluaran kamu hingga 50%. Masih banyak yang menganggap remeh pengeluaran untuk konsumsi di luar, mulai dari minuman, makanan berat, hingga camilan.

Faktanya, kamu bisa membuat perhitungan sederhana berapa uang yang kamu keluarkan untuk membeli makanan dan minuman saat sedang tidak di rumah. Bandingkan dengan dana yang kamu keluarkan jika memilih membawa bekal. Signifikan sekali bukan perbedaannya? Selain itu, bekal juga lebih terjamin kebersihan dan higienitasnya.


Disiplin Soal Cicilan Utang

Selanjutnya, kamu juga wajib disiplin dalam membayar cicilan atas pinjaman yang sudah kamu ajukan. Mengapa demikian? Sebab, untuk setiap angsuran, kamu sudah dikenakan bunga sebagai tambahan biaya. Jika pembayaran terlambat, kamu juga akan dibebani dengan denda yang umumnya berjalan setiap hari hingga kewajibanmu bisa terbayar.

Sebab itulah penting sekali untuk membayar cicilan pinjaman kamu tepat waktu. Membayar denda terus menerus akan membuat dana segarmu habis percuma. Selain itu, riwayat keterlambatan pembayaran yang berulang akan membuat kreditmu di sektor perbankan sangat buruk. Dampaknya luas, bisa pada pengajuan pinjaman lain, KPR hingga investasi.


Selalu Menyisihkan Dana untuk Menabung dan Investasi

Langkah terakhir untuk terhindar dari kebangkrutan keuangan tidak lain adalah dengan rajin menyisihkan pemasukanmu untuk ditabung dan juga berinvestasi. Sekilas tampak tidak masuk akal bagi seseorang yang tengah terlilit utang, namun justru pada situasi seperti ini kamu wajib memiliki simpanan dan tambahan pemasukan.

Mengapa demikian? Dengan memiliki tabungan dan investasi, kamu akan mendapatkan beberapa benefit untuk pribadi :

  1. Tidak perlu berutang lagi saat ada situasi tidak terduga karena sudah memiliki dana darurat.
  2. Investasi bisa menambah pemasukan kamu untuk keperluan pelunasan pinjaman maupun mencukupi kebutuhan-kebutuhan kamu lainnya.
  3. Membuatmu lebih siap dalam menghadapi berbagai kondisi terburuk di masa mendatang yang berkaitan dengan sektor finansial.

Namun, mungkinkah bagi seseorang yang sedang berusaha melunasi pinjamannya untuk menyisihkan dana agar bisa menabung dan investasi? Tentu saja, selama kamu hidup sederhana dan berhemat, hal itu tidak mustahil. Selain itu, pastikan memilih objek investasi yang memberikan keuntungan secara stabil tanpa terbatas waktu.


Investasi Penolong Bagi yang Masih Memiliki Utang

Memilih objek investasi memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan kerugian sehingga investor wajib berhati-hati. Di tengah situasi kamu yang masih membayar angsuran pinjaman dan berinvestasi dengan tujuan menghasilkan pemasukan tambahan, wajar jika menjadi lebih waspada dalam memilih.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus takut untuk memulai investasi. Sebab, sekarang sudah hadir vendor dan objek investasi yang kekinian – cocok sekali dengan milenial sepertimu, yaitu investasi emas di IndoGold. Bukan sekadar omong kosong karena ada jaminan sekaligus keuntungan yang ditawarkan :

  • Investasi di IndoGold menggunakan logam mulia emas yang telah diakui sebagai objek paling stabil nilainya karena tidak berkaitan dengan faktor lain.
  • IndoGold merupakan financial technology (fintech) yang telah memiliki izin usaha resmi dan terdaftar di OJK.
  • Investasi di IndoGold tidak menggunakan metode konvensional melainkan menawarkan cara baru, yaitu : menabung, cicilan, menjual, dan menarik emas secara daring.

Unik dan istimewa bukan investasi logam mulia emas di IndoGold? Cukup dengan dana Rp500,- saja, kamu sudah bisa memiliki tabungan emas pribadimu. Jadi, siapa bilang kalau investasi membutuhkan modal yang besar!? Sekalipun kamu masih memiliki tanggungan pinjaman, tetap bisa berinvestasi tanpa perlu bingung soal modal.

Kamu bisa memperoleh profit sewaktu-waktu melalui investasi di IndoGold ini dengan menjual tabungan emas yang dimiliki. Daftar segera sebagai anggota IndoGold dan mulai investasimu. Jangan menunggu sampai defisit finansial baru terpikir untuk melakukan investasi. Saat ada investasi yang mudah dan menguntungkan, kenapa tidak?


Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Uang Menggunakan Media Sosial

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru