Bisnis

10 Tips Agar Womenpreneur Berhasil Meningkatkan Modal Usaha

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Sep 2020

10 Tips Agar Womenpreneur Berhasil Meningkatkan Modal Usaha

Wanita memiliki lebih banyak tantangan daripada pria dalam hal mengumpulkan uang. Menurut Majalah Fortune, tim semua wanita hanya mengumpulkan 2,2 persen dari modal yang tersedia pada tahun 2017, dibandingkan 79 persen untuk tim yang semuanya pria.

Untuk mengatasi ketidakseimbangan ini, wanita harus sangat menyadari apa yang diperlukan untuk membuat promosi yang sukses kepada investor.

Berikut ini merupakan saran dari Yvonne Campos, pendiri Next Act Fund, untuk founder wanita yang mencari pendanaan modal. Berikut penjelasannya.


Baca juga: 10 Usaha Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Untung Berlipat Ganda


Bangun jaringan Anda

Bahkan sebelum Anda siap untuk memulai penggalangan dana, ada baiknya untuk mulai membangun dan meningkatkan jaringan Anda. Mulailah dengan menjelajahi angel investor dan ekosistem kewirausahaan di pasar Anda.

Siapa dan apa sumber modalnya? Cari tahu siapa individu atau kelompok ini. Apa latar belakang mereka, dan jenis peluang apa yang mereka investasikan? Siapa yang Anda kenal yang mengenal orang-orang ini?

Ingat, Anda mencari yang paling cocok untuk bisnis Anda. Anda tidak perlu mempromosikan semua orang. Meskipun Anda harus terbuka untuk semua peluang, Anda juga harus menjelajahi peluang untuk melakukan pitch di depan grup investor yang berfokus pada wanita.

Nasihat ini juga berlaku untuk angel investor dan VC yang lebih beragam yang mewakili dunia tempat kita tinggal dengan lebih baik.


Latih pitch Anda

Anda harus menjadi staf penjualan terbaik untuk ide Anda. Lagi pula, tidak ada orang lain yang dapat mengajukan ide ini lebih baik dari Anda! Kembangkan dan kerjakan promosi Anda sampai tidak bisa menjadi lebih baik lagi.

Luangkan waktu untuk berlatih dan bersiaplah untuk menjawab pertanyaan. Ketahui ide dan bisnis Anda dari dalam ke luar.

Jika Anda mendapat kesempatan, cobalah untuk melihat orang lain mempromosikan bisnis mereka sehingga Anda dapat belajar dari mereka. Saat Anda berlatih, pastikan untuk mendapatkan umpan balik dari penasihat atau teman terpercaya.

Anda hanya memiliki beberapa menit untuk menjual ide Anda dan membuat investor ingin berinvestasi pada Anda, jadi buatlah itu berarti!


Percayalah pada diri sendiri dan bisnis Anda

Tunjukkan keahlian, kepercayaan diri, dan pemahaman Anda tentang angka. Anda adalah bisnis Anda di mata para investor. Ingat, para investor akan menanamkan modal pada Anda dan ide Anda.

Mereka harus yakin bahwa Andalah orang yang melakukan pekerjaan itu dan Andalah yang akan mewujudkannya!


Latih keterampilan mendongeng Anda

Jadilah pendongeng yang baik, dan ingat, "Investor berinvestasi pada hal-hal yang mereka pahami." Jika investor cenderung tidak menggunakan produk atau layanan yang Anda promosikan, mereka perlu memahami masalah apa yang Anda selesaikan dan bagaimana hal itu akan mengubah pasar. Siapa yang mereka kenal yang akan terpengaruh oleh produk atau layanan Anda? Anda perlu menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan sebuah cerita.


Ketahui nomor Anda

Gunakan data nyata untuk membantu mendukung ide Anda. Dapatkan umpan balik dari calon pelanggan yang dapat Anda bagikan dalam promosi Anda. Tentukan peluang pasar dan ukuran pasar.

Seperti apa ruangan yang Anda ganggu? Bagaimana produk atau layanan Anda unik dan bagaimana Anda melindungi ide Anda? Bagikan rencana penjualan potensial dan pendekatan pemasaran Anda untuk menghasilkan pertumbuhan.


Bicaralah dengan tim Anda

Bicarakan tentang tim Anda dan penasihat Anda. Bagaimana relevansinya dengan bisnis Anda dan apa yang dapat mereka lakukan untuk perusahaan? Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya (relevan), pastikan untuk membagikannya.


Bagikan rencana bisnis Anda

Jelaskan rencana bisnis dan model ekonomi untuk produk atau layanan Anda. Bagaimana Anda akan menghasilkan uang? Apa rencana pendapatan potensial dan jenis margin apa yang dapat Anda harapkan?

Bicarakan tentang strategi pertumbuhan Anda. Bersikaplah realistis, tetapi berpikirlah besar. Siapa klien Anda saat ini dan bagaimana kemungkinan Anda menghasilkan pendapatan? Seberapa cepat ini akan terjadi?


Perjelas tentang permintaan Anda

Pastikan untuk menyatakan secara spesifik berapa banyak uang yang Anda minta dan apa yang akan Anda lakukan dengannya. Investasi apa yang akan membantu Anda? Bagaimana hal itu akan membawa Anda ke tingkat pertumbuhan berikutnya?


Miliki strategi keluar

Investor tertarik dengan strategi keluar Anda, jadi jadikan ini bagian dari promosi Anda. Seperti apa lanskap untuk jalan keluar? Menurut Anda, siapa yang mungkin menjadi pengakuisisi? Apakah Anda memiliki koneksi ke perusahaan-perusahaan ini yang dapat Anda manfaatkan pada waktu yang tepat?


Tindak lanjuti setelah promosi Anda

Setelah Anda mempromosikan bisnis Anda, pastikan untuk menindaklanjuti dalam waktu 24 jam untuk menjawab pertanyaan apa pun. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengklarifikasi masalah apa pun, memungkinkan Anda membuat poin kontak lain, dan menunjukkan bahwa Anda berada di puncak.

Ini juga dapat membantu Anda menonjol, karena tidak semua orang mengambil langkah ini!

Ingat, Anda hanya perlu satu "ya" untuk memulai! Gunakan tips berikut untuk mendapatkan pendanaan impian wirausaha Anda, dan Anda akan selangkah lebih dekat menuju kesuksesan startup.


Baca juga: Womenpreneur Harus Siap Hadapi 5 Tantang ini

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru