Bisnis

Tips‌ ‌Jitu‌ ‌Hadapi‌ ‌Kompetitor‌ ‌Bisnis‌ ‌Online‌ ‌

Kabrina Rian Ferdiani-

12 Jan 2021

Tips‌ ‌Jitu‌ ‌Hadapi‌ ‌Kompetitor‌ ‌Bisnis‌ ‌Online‌ ‌

Persaingan dalam bisnis online memang bukanlah hal baru. Apalagi bisnis yang dijalankan secara online ini kini begitu menarik hingga banyak orang menjalankannya.

Bisa dikatakan persaingan ini adalah sebuah risiko yang wajib Anda hadapi sebagai pelaku usaha. Hanya saja Anda harus siap dengan beragam strategi agar usaha tetap bisa bertahan.

Kompetitor merupakan pengusaha lain yang menjadi lawan Anda. Tidak dapat dipungkiri jika munculnya persaingan seiring dengan meningkatnya tren bisnis produk sejenis. Terlebih jika produk tersebut memiliki peminat lumayan banyak.

Maka besar kemungkinan persaingan akan semakin ketat dan membuat Anda harus memutar otak agar usaha tetap bertahan. 

Meski ketat, bersaing secara sehat tentu menjadi harga mutlak. Jangan sampai Anda melakukan tindakan menyimpang yang justru merugikan diri sendiri.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan agar bisnis online tetap bisa bertahan. Salah satunya adalah dengan tetap berusaha memberikan terobosan kreatif guna menarik konsumen. 

Munculnya terobosan tersebut tentu tidak serta merta muncul begitu saja. Melainkan muncul dari hasil analisa kompetitor yang Anda lakukan. Menganalisa kompetitor ini menjadi salah satu cara mengembangkan bisnis baik online atau offline secara efektif. 

Dengan begitu, bisnis akan jauh lebih mudah berkembang dalam waktu cepat.


Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet ala Pengusaha Muda


Pentingnya Menganalisa Kompetitor Sebagai Langkah Penting

Tidak selamanya hadirnya kompetitor ini negatif bagi bisnis online Anda. Nyatanya ada banyak pelajaran yang diperoleh ketika bersaing dengan kompetitor. Baik yang sejajar levelnya atau berada di atas Anda. Setidaknya ini bisa menjadi motivasi tersendiri agar usaha Anda bisa berkembang dengan baik. 

Selain itu, dengan adanya kompetitor juga mampu membuat Anda lebih kreatif menciptakan inovasi. Inovasi biasanya akan muncul ketika Anda dalam kondisi tertekan dan membutuhkan solusi secepat mungkin. Kondisi seperti inilah secara tidak langsung membuat Anda sadar bahwa kehadiran kompetitor juga sangat penting demi hadirnya inovasi terbaru. 

Ternyata adanya kompetitor juga membuat adrenalin menjalankan bisnis online Anda terpacu. Berada di zona nyaman memang tidak enak dan berimbas pada tidak berkembangnya usaha. Ketika Anda tertantang karena kompetitor lebih berhasil maka ini sebuah hal positif. Setidaknya semangat menjalankan bisnis semakin membara dan inilah yang diharapkan. 

Pelayanan yang baik ternyata tidak hanya muncul dari kritikan konsumen melainkan ada faktor hadirnya kompetitor juga. Ketika kompetitor menunjukkan keberhasilan maka keinginan Anda untuk lebih memberikan pelayanan terbaik meningkat. Dengan begitu konsumen akan puas dan menaruh kepercayaan lebih pada usaha Anda. Dan ini pertanda baik. 


Baca juga: Inilah Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil, Keuntungan Tinggi


Tips Bersaing Sehat dengan Kompetitor Bisnis Online

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika dihadapkan pada kompetitor lebih sukses. Meski menjadi sebuah ancaman namun, Anda tetap harus tenang dan jangan sampai melakukan hal terlarang. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali sekaligus mengamati pasar. Termasuk kekuatan kompetitor jika dibandingkan Anda. 

Bisa dikatakan Anda sedang melakukan analisa secara mendetail untuk mencari peluang untuk maju. Anda bisa menerapkan analisis SWOT (Strengths, Opportunities, Weakness, dan Threats) sebagai alat ukurnya. Melalui analisis ini Anda bisa memperkirakan seberapa besar kekuatan bisnis online Anda jika dibandingkan kompetitor tersebut. Termasuk bisa menjadi tolak ukur menentukan target pasar. 

Cara selanjutnya adalah dengan membuat produk lebih unik. Produk unik ini tentu saja lebih mudah menarik minat konsumen untuk membeli. Apalagi jika memiliki banyak kelebihan dibandingkan produk sejenis dari kompetitor. Ini menjadi cara termudah dan paling efektif agar bisnis online Anda semakin berkembang dengan cepat. 

Menekan harga seminimal mungkin namun wajar menjadi tips selanjutnya yang bisa dicoba. Persaingan khususnya dalam hal harga memang sangat ketat. Hampir semua konsumen ingin mendapatkan barang kualitas bagus dengan harga terjangkau.

Ketika Anda menekan harga seminimal mungkin maka selangkah membuat konsumen lebih tertarik. Hanya saja harus tetap dalam taraf wajar. 

Berani mengambil segala risiko menjadi tips paling ditekankan untuk seorang pelaku bisnis online. Menghadapi kompetitor memang bukanlah hal mudah apalagi jika kelasnya di atas Anda. Dibutuhkan keberanian untuk mengambil risiko dari segala kebijakan yang diambil. Meski demikian, Anda juga perlu mempertimbangkannya agar tidak salah mengambil langkah.


Baca juga: 7 Bisnis Online Tanpa Modal dan Bagaimana Cara Memulainya


Menganalisa Strategi Pemasaran Kompetitor Sebagai Langkah Strategis

Inilah salah satu hal yang tidak kalah penting untuk selalu diperhatikan ketika menjalankan bisnis online. Proses menganalisa ini pada dasarnya juga bisa memanfaatkan SWOT tetapi lebih signifikan kepada strategi pemasarannya. Salah satunya adalah dengan menganalisis dari segi penyajian kontennya. Bagaimana kompetitor bisa menarik minat konsumen melalui konten yang disajikan. 

Cara selanjutnya adalah dengan menganalisa dari segi copywritingnya. Copywriting pada dasarnya adalah sebuah strategi menarik konsumen lewat kata dan kalimat. Bagaimana kompetitor bisa menarik minat konsumen melalui kata-kata yang ditampilkan. Dari sini Anda juga bisa tahu sekiranya apa yang harus dilakukan untuk agar produk lebih menarik dibandingkan milik kompetitor.

Masih terkait pemasaran menganalisa dari budget iklan bisnis online juga perlu Anda lakukan. Seberapa banyak budget yang dikeluarkan kompetitor untuk sekedar iklan. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk lebih maju. Ketika budget besar maka wajar jika traffic website berada di atas serta media sosial begitu gencar promosi.  

Pada intinya analisislah kelebihan dari kompetitor untuk kemudian dibandingkan dengan kekuatan Anda. Meski kompetitor level besar tentu memiliki kelemahan. Dan ini bisa Anda jadikan kekuatan untuk membuat sebuah inovasi agar usaha segera berkembang. Dan ini wajar dilakukan bukan sebagai ancaman namun, usaha untuk maju. 

Perlu Anda tanamkan dalam pikiran jika proses mengembangkan bisnis tidak instan. Dibutuhkan waktu untuk usaha bisa besar dan berkembang. Untuk itu, lakukan terus inovasi hingga konsumen benar-benar percaya pada Anda. Dengan begitu bisnis online Anda akan tetap bertahan meski memiliki banyak kompetitor. 


Baca juga: Media Sosial vs Email: Siapa Pemenang Gim Digital Marketing?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru