Finansial

Gaya Hidup

Ga Harus Mahal, ini Tips Hemat Biaya Pernikahan

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Feb 2021

Ga Harus Mahal, ini Tips Hemat Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan tentu menjadi topik yang harus dibicarakan oleh pasangan yang mempunyai keinginan melangkah ke jenjang lebih serius.

Biaya seringkali menjadi pertimbangan penting tatkala ingin menikah mengingat pernikahan tidak murah. Belum lagi mengumpulkan uangnya butuh waktu yang lama.

Banyak orang juga berusaha untuk menghemat pengeluaran. 

Tidak semua orang mempunyai kondisi finansial sama. Bagi Anda seorang calon pengantin tidak perlu khawatir lantaran tetap dapat mengadakan pernikahan meski budget terbatas.

Setidaknya ada beberapa tips menghemat yang wajib diketahui serta dipraktikkan sebagai bentuk persiapan jelang pernikahan. Berikut di antaranya.


Baca juga: Rahasia 7 Kunci Sukses Menuju Hidup yang Lebih Bahagia


Prioritaskan Kebutuhan Pernikahan Paling Penting dan Pokok

Memulai kehidupan baru apalagi pernikahan memang butuh persiapan matang. Tidak hanya finansial tetapi juga kesiapan mental.

Khusus mengenai biaya sudah bukan rahasia jika sering menghabiskan dana hingga jutaan bahkan ratusan juta. Namun, hal itu dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. 

Pernikahan sejatinya bukanlah akhir dari sebuah kehidupan. Justru menjadi awal kehidupan baru sebagai pasangan suami-istri. Itu artinya Anda harus memikirkan besarnya anggaran ketika sudah menjadi pasangan.

Sebaiknya pula bijaksanalah ketika menghitung estimasi biaya nikah agar tidak menjadi beban tatkala sudah menjalani kehidupan berumah tangga. 

Banyak orang beranggapan jika menikah haruslah mengeluarkan dana besar. Memang benar namun, hal tersebut dapat dihemat kemudian dialihkan guna persiapan kehidupan setelah menikah notabene jauh lebih penting.

Anda tidak perlu menghambur-hamburkan uang dan malah sengsara ketika resepsi pernikahan telah usai. 

Salah satu tips penting guna hemat biaya menikah adalah dengan memprioritaskan kebutuhan dirasa perlu. Misalkan saja anggaran ijab qobul, biaya sewa gedung, memesan dekorasi pernikahan, membeli mahar, serta kebutuhan pokok lain. 

Sementara kebutuhan yang dirasa tidak terlalu penting sebaiknya ditiadakan seperti membeli souvenir. 

Apabila Anda kurang puas ketika harus meniadakan beberapa keperluan maka solusinya adalah dengan meminimalisir anggaran masing-masing kebutuhan. 

Misalkan saja meminimalisir undangan dengan memilih versi online, mengadakan acara pernikahan di rumah, mengurangi biaya seragam keluarga dan lainnya sekiranya perlu. Atur sedemikian rupa selagi biaya dapat ditekan. 

Pada prinsipnya selagi bisa dihemat maka jangan ragu guna memangkas anggarannya. Sesuaikan pula biaya pernikahan secara keseluruhan dengan budget dimiliki. Jika memang budget terbatas maka ada baiknya eliminasi beberapa hal yang sekiranya memakan biaya besar tapi fungsinya tidak terlalu penting. 


Baca juga: Financial Checking Bersama Pasangan Sebelum Menikah


Lebih Hemat Sewa daripada Beli

Tips selanjutnya patut dicoba adalah dengan memilih menyewa dibandingkan membeli.

Dengan Anda menyewa setidaknya biaya pernikahan yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Mengingat hampir semua vendor mematok biaya sewa jauh lebih murah dibandingkan ketika membeli. Misalkan lebih memilih menyewa baju pengantin dibandingkan membeli sendiri. 

Mungkin banyak orang setuju jika memiliki sesuatu sendiri itu jauh lebih nyaman ketimbang ketika memakai milik orang. Namun, akan menjadi masalah tatkala sesuatu itu hanya dipakai sekali serta belum tentu akan dikenakan di lain kesempatan.

Hal seperti inilah patut dihindari apalagi kebutuhan pernikahan itu sangat banyak. 

Kini Anda semakin dimudahkan dengan banyaknya persewaan perlengkapan pernikahan. Mulai dari harga paling murah hingga mahal. Anda tinggal menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Ada baiknya pula pilih kebutuhan dengan biaya pernikahan sedikit lebih murah namun, tetap tidak mengesampingkan dari segi kualitasnya. 

Buang semua gengsi Anda karena mencapai tujuan pernikahan adalah yang utama. Meski serba sewa bukan berarti tidak meninggalkan kesan baik. Tetap meninggalkan kesan baik tatkala Anda berusaha mewujudkan pernikahan impian meski dengan anggaran dana terbatas.

Anggap saja hal tersebut sebagai latihan ketika nanti hidup bersama pasangan. 

Sekedar saran ketika Anda ingin menyewa lantaran dana minim maka sebaiknya dilakukan jauh hari. Dikarenakan biasanya banyak pasangan lain juga melakukannya.

Keuntungan lain ketika memesan jauh hari, Anda bersama pasangan mempunyai kesempatan melakukan riset hingga dapatkan kebutuhan sesuai harapan tanpa memakan biaya pernikahan banyak. 


Baca juga: Investasi yang Menguntungkan untuk Pasangan Baru


Hilangkan Anggapan Menikah Harus Mewah

Bagi seorang pasangan tentu menginginkan pernikahan berkesan. Berkesan bukan berarti harus mewah hingga mengundang ratusan jumlah tamu undangan, menggunakan jasa WO terbaik, cincin kawin mahal, atau pesta pernikahan yang besar. 

Berkesan di sini adalah keadaan di mana pasangan pengantin merasakan kebahagiaan serta akan selalu terkenang hingga tua. Namun, banyak orang menganggap jika semakin mahal biaya pernikahan maka kian berkesan. 

Anggapan seperti itu jelas tidak sepenuhnya benar. Nyatanya banyak pula pasangan yang juga bahagia meski menikah dengan budget terbatas.

Anggapan menikah harus mewah sebenarnya hanya berlaku pada pasangan dengan anggaran dana banyak. Sehingga tidak akan cocok dengan Anda ketika kondisi finansial serba minim. 

Bukankah jauh lebih menguntungkan ketika memilih mengumpulkan dana guna kehidupan setelah menikah.

Selain kehidupan Anda lebih terjamin, sisa biaya pernikahan tersebut juga dapat Anda gunakan guna membangun usaha atau investasi. Setidaknya prinsip menghemat selagi bisa dapat Anda terapkan mulai sekarang. 

Tidak dapat dipungkiri jika pernikahan adalah momen sakral yang bakal menjadi kenangan indah nantinya. Maka dari itu, butuh persiapan lebih matang serta dilakukan jauh hari sebelum acara berlangsung.

Sebagai pasangan cerdas ada baiknya mempertimbangkan setiap hal yang dibutuhkan. Lebih cermat mana yang wajib diprioritaskan. 

Dikarenakan biaya pernikahan terbilang besar Anda dapat mengumpulkannya mulai sekarang. Mulai dengan mengurangi biaya kencan hingga menghitung anggarannya dari sekarang.

Lakukan yang sekiranya dapat dilakukan sekarang jangan suka mendadak. Karena biasanya hal yang dilakukan mendadak maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Beberapa tips tersebut setidaknya dapat Anda jadikan acuan jika ingin segera melangsungkan pernikahan. Ingat kebutuhan setelah menikah justru lebih banyak sehingga perlu kecerdasan guna mengelolanya agar tidak menjadi beban. 

Selagi dapat menghemat maka pangkaslah biaya pernikahan tidak terlalu penting serta alihkan guna keperluan lain. 


Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Memiliki Anak


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungan.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru