Bisnis

Finansial

Tips Memilih P2P Lending untuk Dapatkan Pinjaman Usaha

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Mar 2021

Tips Memilih P2P Lending untuk Dapatkan Pinjaman Usaha

Di zaman yang telah serba digital sekarang ini kita diberikan banyak kemudahan dalam mengerjakan aktivitas setiap hari. Makin hari penawaran akan kemudahan makin bermacam, termasuk penawaran untuk pinjaman usaha tanpa jaminan.

Hal tersebut berjalan bersamaan dengan keperluan hidup yang makin bertambah. Karena itu, melakukan pinjaman sering menjadi jalan keluar dengan menjaminkan aset yang dipunyai.

Sekarang ini, Anda dapat dengan gampang mendapatkan penyedia layanan keuangan yang memberikan pinjaman tanpa jaminan. Anda dapat melakukan pinjaman usaha tanpa jaminan dan dengan proses cepat.

Yang wajib Anda tahu berkenaan pinjaman ialah sekarang ini banyak penyedia layanan pinjaman yang menyiapkan penawaran pinjaman secara daring. Bahkan juga pinjaman tanpa jaminan sekarang ini jadi penawaran terbaik yang diminati beberapa orang.


Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Hal paling penting yang harus Anda kenali saat akan ajukan pinjaman online ialah pastikan apakah penyedia layanan itu bisa dipercaya atau tidak. Untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan Anda seharusnya pastikan jika penyedia layanan keuangan itu telah tercatat di OJK.

Pastikan penyedia layanan telah tercatat sebagai pinjaman online yang bisa dipercaya. Bila penyedia layanan keuangan jelas sudah tercatat di OJK, itu berarti telah aman dan Anda dapat lakukan pinjaman usaha tanpa jaminan dengan proses yang cepat.


Baca juga: 8 Manfaat Jika Melakukan Pinjaman Modal Usaha


Tersedia berbagai macam produk pinjaman online

Saat Anda akan lakukan pinjaman usaha tanpa jaminan dengan proses yang cepat, Anda perlu ketahui produk atau tipe pinjaman yang ditawarkan.

Tipe pinjaman online itu perlu Anda sesuaikan dengan keperluan dan kembali ke alasan Anda meminjam uang. Perihal ini bermanfaat agar Anda masih dapat memaksimalkan uang yang telah Anda pinjam dari penyedia layanan keuangan. Dengan demikian Anda masih dapat mempunyai keuntungan.


Transparansi jumlah uang masuk dan keluar

Misalnya dari jumlahnya uang yang Anda terima dan uang yang perlu Anda kembalikan nanti. Bila kita berbicara masalah bunga pinjaman, telah umum bila jumlahnya bunga tergantung pada lama pengembalian dana yang telah Anda pinjam.

Pastikan P2P Lending yang Anda pilih menampilkan transparansi keuangan. Dengan begitu, Anda tahu berapa uang yang akan Anda terima dan berapakah jumlah uang yang perlu Anda keluarkan. Simulasi transparansi dana ini bergantung pada tipe pinjaman apa yang Anda pakai.

Ini sudah pasti sangat mempermudah Anda, dengan adanya simulasi transparansi dana, Anda makin lebih mempunyai bayangan pada proses pengembalian nanti.


Waktu yang di perlukan untuk pencairan dana

Bila dahulu banyak orang mengeluh karena waktu pencairan dana dapat memerlukan waktu beberapa minggu, sekarang ini tidak lagi seperti demikian. Sudah pasti jika tidak langsung cair, tidak dapat dimanfaatkan untuk Anda yang memerlukan uang dengan segera.

Saat ini Anda tak perlu cemas, untuk melakukan pinjaman usaha tanpa jaminan dengan proses yang cepat, cuma memerlukan waktu beberapa saat saja, dan uang yang Anda pinjam langsung bisa cair.


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Persyaratan yang mudah

Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman usaha dari P2P Lending, pastikan Anda memenuhi berbagai persyaratan. Sebagai contoh, di P2P Lending Modal Rakyat, Anda perlu memenuhi persyaratan berikut:

  1. Peminjam telah terdaftar dan terverifikasi sebagai Peminjam di website www.modalrakyat.id
  2. Memiliki mutasi rekening selama 6 bulan terakhir yang mencerminkan omset bisnis
  3. Laporan keuangan tahun berjalan
  4. Laporan pembelian dan penjualan per bulan
  5. Daftar kewajiban pada bank atau leasing atau lembaga keuangan lainnya
  6. Daftar supplier dan buyer beserta contact person untuk trade checking
Artikel Terkait
image image
Artikel Baru