Gaya Hidup

Bisnis

Tips Menjadi Wirausahawan Sukses Melalui Media Sosial

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Mar 2021

Tips Menjadi Wirausahawan Sukses Melalui Media Sosial

Setiap orang pasti ingin menjadi wirausahawan sukses dalam hal apa saja, termasuk ketika berbisnis secara online. Siapa sangka bila ternyata dengan kecanggihan teknologi saat ini membuat proses pencarian uang semakin mudah. Asalkan orang mau sedikit berusaha saja dalam memanfaatkan teknologi, maka semuanya bisa terjadi.

Bahkan tanpa dipungkiri bila ternyata saat ini banyak orang sukses berasal dari mereka yang mengembangkan usahanya lewat media sosial. Karena seperti yang diketahui bahwa jaringan media sosial itu ada banyak hingga ke seluruh penjuru dunia. Itulah sebabnya bila ingin sukses sebaiknya perhatikan tipsnya berikut ini.


Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Ala Pengusaha Muda


Pentingnya Membuat Fans Page dan Promosi Online

Semakin tingginya persaingan di media sosial maka hal tersebut juga harus diimbangi dengan cara yang paling ampuh supaya bisa menjadi wirausahawan sukses lewat jalan tersebut. Salah satunya adalah dengan cara membuat sebuah fanspage khusus supaya semua orang lebih mudah mengenal produk Anda lewat jejaring sosial.

Semakin banyak orang yang mengenal produk Anda, otomatis itu juga akan mempengaruhi tingkat penjualan dan transaksi juga akan menjadi lebih meningkat. Karena dengan membuat sebuah fanpage akan membuat segala informasi yang dibutuhkan oleh para konsumen bisa lebih mudah didapatkan. Jadi ini bisa menghemat waktu Anda untuk melayani pelanggan.

Jadi pelanggan juga tidak akan banyak bertanya tentang semua informasi soal produk yang mau dibeli. Karena dalam fanpage tersebut seharusnya sudah berisi seputar detail produk secara lengkap serta lokasi usaha, nomor kontak, dan cara pembelian. Sehingga hal tersebut bisa mendukung impian Anda menjadi wirausahawan sukses.

Karena Anda bisa fokus ke hal-hal lainnya guna meningkatkan suatu perkembangan dan pertumbuhan bisnis lebih mudah. Setidaknya fanpage juga akan membantu para pelanggan menemukan barang yang memang dibutuhkan. Dengan begitu mereka juga bisa lebih yakin terhadap usaha Anda karena semuanya sudah dijelaskan dari awal.

Selain harus memiliki fanpage, seorang wirausahawan sukses itu pasti selalu tidak pernah henti membuat konten dan mempromosikan usahanya kepada khalayak umum. Cara mempromosikannya itu saja juga tidak hanya sekedar asal saja. Waktu dan siapa target tujuan pemasarannya harus jelas.

Promosi Anda tidak akan berjalan sukses bila dilakukan di waktu yang salah. Misalnya saja bila Anda mempromosikannya di jam tidur, otomatis siapa yang akan melakukan pembelian? Lama-kelamaan promosi Anda akan tenggelam. Begitu juga dengan target pemasarannya itu harus jelas untuk meningkatkan daya beli masyarakat.


Baca juga: 4 Regulasi UKM Ini Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memulai Usaha


Pentingnya Foto Produk Berkualitas Lengkap dengan Testimoninya

Demi mendukung suatu kegiatan promosi Anda di media sosial, jangan lupa untuk memperhatikan foto produknya juga. Ini adalah bagian paling penting sekali dalam menjual sebuah produk di jejaring dunia maya. Karena salah satu hal pertama kali yang pasti dilihat oleh konsumen adalah tampilan produknya dulu.

Terkadang orang yang mulanya tidak ingin membeli namun tiba-tiba saja tertarik hanya karena melihat dari kualitas foto produknya saja. Maka dari itu bila Anda ingin menjadi wirausahawan sukses, sebaiknya perhatikan kualitas foto produknya dulu. Perhatikan pencahayaan dan angle dengan baik agar hasil jepretannya berkualitas.

Dalam hal ini Anda tidak perlu harus menggunakan jasa fotografer bila memang dananya belum memungkinkan. Namun solusinya adalah cobalah tambahkan aksesoris pendukungnya saja. Misalnya saja Anda menjual pakaian bayi, maka tambahkan aksesoris pendukung sebagai hiasannya demi menjadi wirausahawan sukses.

Misalnya saja seperti sepatu, topi bayi, dan beberapa aksesoris lainnya. Namun jangan lupa menuliskan dalam deskripsinya bahwa penjualannya tidak termasuk dengan aksesoris pendukungnya. Jadi yang dijual hanya pakaiannya saja. Dengan begitu tidak akan terjadi kesalahpahaman terhadap konsumen.

Karena terkadang konsumen seringkali marah-marah hanya karena tidak mendapat apa yang sama seperti di foto produk. Jadi untuk menjadi wirausahawan sukses, Anda harus sabar dan lebih teliti dalam menuliskan deskripsinya. Bila perlu cantumkan juga gambar testimoni dari para pelanggan terdahulu.

Mengingat penjualannya secara online, terkadang orang takut melakukan pembelian karena mereka tidak ingin tertipu oleh orang-orang yang salah. Karena tidak dapat dipungkiri bila aksi penipuan online sedang marak terjadi sehingga sudah seharusnya bila Anda lebih menyadari hal tersebut.


Baca juga: Orang-Orang ini Meraih Sukses Karena Kerja Keras


Wirausahawan Sukses Selalu Memiliki Interaksi yang Baik

Membangun branding sebuah produk adalah salah satu cara terbaik untuk membuat usaha Anda dikenal oleh semua orang. Namun sayangnya terkadang orang seringkali terlalu angkuh untuk melakukannya. Bahkan beberapa dari mereka terkadang enggan memberikan pelayanan yang baik terhadap para konsumennya.

Padahal pembeli adalah raja. Jadi sudah seharusnya bila ingin menjadi wirausahawan sukses, Anda harus benar-benar lebih detail terhadap segala sesuatu bila berkaitan dengan bisnis yang sedang berjalan. Jangan sampai toko Anda ditinggalkan oleh konsumen hanya karena mereka merasa tidak dihargai saat membeli.

Itulah sebabnya demi membangun nama branding produk sebaik mungkin, usahakan untuk selalu berinteraksi dengan para konsumen sebaik mungkin. Bila perlu berikan waktu luang untuk menjawab semua pertanyaan mereka meski mungkin ada beberapa diantaranya tidak jadi membelinya. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

Jadi bila ada seseorang yang datang dan pergi begitu saja di lapak Anda, sebaiknya jangan marah. Seorang wirausahawan sukses tidak pernah mempermasalahkan hal-hal sekecil itu. Mereka akan selalu fokus terhadap tujuan utama hidupnya dan target yang telah direncanakan sebelumnya.

Meski mungkin banyak orang memandang sebelah mata hanya karena berbisnis secara online di media sosial, namun buat diri Anda berbeda dari yang lain. Karena dengan ketekunan dan kesabaran, itu akan membuat diri Anda bisa berhasil mewujudkan impian menjadi seorang wirausahawan sukses.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru