Bisnis

Finansial

Tips Supaya Pinjaman Usaha Anda Cepat Disetujui

Kabrina Rian Ferdiani-

19 Mar 2021

Tips Supaya Pinjaman Usaha Anda Cepat Disetujui

Memiliki suatu usaha atau bisnis besar merupakan dambaan tiap orang. Dengan mempunyai sebuah bisnis diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang masif.

Masalahnya saat ini sulit untuk mengembangkan usaha atau mendirikan usaha tanpa modal. Karena itu, banyak pebisnis membutuhkan pinjaman modal untuk usahanya.

Dalam mengajukan pinjaman, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, biasanya para calon debitur tidak memahami apa saja syarat yang dibutuhkan tersebut, dan bagaimana cara agar pinjaman usaha tersebut cepat disetujui oleh penyedia pinjaman.

Tips mudah supaya pengajuan pinjaman Anda cepat disetujui adalah sebagai berikut.


Baca juga: Apa itu Invoice Financing? Bagaimana Langkah Kerjanya?


Siapkan Jaminan

Jaminan atau agunan, adalah hal pertama yang perlu Anda siapkan, terutamanya untuk Anda yang ajukan pinjaman modal usaha dalam skala besar, khususnya di bank.

Agunan yang Anda beri juga, tentu saja harus mempunyai nilai, seperti surat tanah, sampai BPKB kendaraan motor. Agunan atau jaminan tersebut perlu memiliki nilai yang sama atau lebih dengan nominal pinjaman yang diharapkan.

Dengan memberi agunan, umumnya pinjaman modal usaha makin lebih gampang cair dan pihak pemberi pinjaman akan memberi kepercayaan yang semakin besar ke Anda.


Menjaga Score Kredit Anda

Score kredit atau penilaian kredit adalah langkah yang digunakan pihak pemberi pinjaman modal usaha, dalam tentukan kelaikan Anda sebagai peminjam saat sebelum terima pinjaman dana yang Anda ajukan.

Karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis harus mempunyai kepribadian yang baik, dalam mengontrol riwayat kredit yang Anda punyai sejauh ini. Masalahnya hal pertama yang dijalankan pemberi pinjaman modal usaha ialah mengecek BI Checking Anda.

Disamping itu, pemberi pinjaman akan melihat rekam jejak Anda dan usaha yang Anda lakukan, latar belakang Anda, sampai pola hidup Anda sejauh ini sebagai sebuah alasan.

Score kredit sangat penting untuk dijaga agar pinjaman Anda cepat cair dan bunga pinjaman yang dibayarkan juga lebih rendah.


Baca juga: 8 Manfaat Jika Melakukan Pinjaman Modal Usaha


Persiapkan dengan Baik Laporan Keuangan Usaha Anda

Tidak hanya dua hal di atas, Anda perlu mempersiapkan laporan keuangan usaha Anda sebaik-baiknya. Pemberi pinjaman, seringkali menyaksikan performa laporan keuangan Anda untuk digunakan sebagai alasan.

Laporan keuangan ini penting untuk menentukan score kredit Anda. Dengan memiliki laporan keuangan yang rapi dan baik, modal usaha yang bisa diajukan dapat semakin banyak.

Tapi satu perihal yang perlu Anda pahami, jika pihak pemberi pinjaman tidak selamanya memberi pinjaman modal usaha sesuai yang Anda utarakan. Hal itu karena, pemberi pinjaman akan menyesuaikan dengan keadaan keuangan usaha Anda.


Pastikan Jenis Usaha Anda Memberi Imbas Positif

Bila usaha yang Anda lakukan memberi imbas positif pada masyarakat, dan perubahan ekonomi negara, maka kesempatan untuk disetujuinya pinjaman modal usaha yang diajukan juga, makin besar.

Karena, unsur yang lain jadi penilaian pihak pemberi pinjaman ialah conditions. Di mana, pihak pemberi pinjaman akan lakukan penilaian, atas landasan pengaruh yang diberi suatu usaha di lingkungan dan keadaan ekonomi negara.


Siapkan Kelayakan Usaha Anda

Kelayakan usaha kenyataannya jadi aspek penentu apa pinjaman modal usaha yang Anda ajukan disepakati atau mungkin tidak. Sama seperti yang diketahui, saat sebelum memberi pinjaman modal usaha, pihak pemberi pinjaman tentu saja mempunyai beberapa peraturan yang ketat.

Oleh karena itu, kelayakan usaha jadi poin utama yang diperhitungkan pihak pemberi pinjaman. Anda perlu menyiapkan kelayakan usaha Anda sebaik-baiknya, supaya pinjaman modal usaha yang Anda sampaikan cepat disepakati oleh pihak pemberi pinjaman.


Baca juga: Anjak Piutang vs Pembiayaan Piutang: Mana yang Lebih Baik?


Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Fintech

Telah Memperoleh Izin OJK

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat sebelum memilih pinjaman modal usaha yang bisa dipercaya ialah pastikan jika satu instansi pemberi pinjaman modal usaha telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Anda dapat pastikan lebih dulu, instansi peminjam yang akan Anda pakai ialah legal dengan lakukan pemeriksaan lewat situs resmi OJK.

Atau umumnya, satu instansi akan menampilkan logo OJK pada bagian bawah websitenya, jika sudah tercatat di OJK sebagai instansi peminjam legal.

Terbuka Pada Bunga dan Info Produk

Beberapa informasi berkaitan produk dan bunga, yang akan dikenai ke nasabah, jadi salah satu perihal yang sudah tentu diberi secara terbuka, oleh instansi pinjaman modal usaha.

Ditambah, pihak instansi akan senang memperjelas langkah pelunasan angsuran, periode tenor pembayaran, sampai sejumlah keringanan pembayaran yang akan diberi pihak instansi, jika nasabah bisa lakukan pelunasan lebih cepat.

Tetapi, Anda perlu mengenali lebih dulu isi kontrak yang sudah dibentuk bersama instansi pemberi pinjaman, saat sebelum menyepakati dan memakai pinjaman modal usaha.

Mempunyai Situs Resmi

Instansi pinjaman modal usaha yang paling dipercaya biasanya mempunyai situs sah, yang akan mempermudah beberapa nasabahnya dalam memperoleh info berkaitan pinjaman modal usaha, dimulai dari produk tersebut, proses pencairannya, alamat perusahaan, sampai nomor telepon perusahaan yang dapat dihubungi.

Disamping itu, adanya situs resmi, instansi pemberi pinjaman modal usaha akan lebih dipercayai oleh para nasabahnya, misalnya Modal Rakyat.

Modal Rakyat salah satunya instansi atau perusahaan financial technology dapat dipercaya, yang memberi pinjaman modal usaha dengan proses simpel.

Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan yang diperlukan dan mendaftar menjadi borrower. Persyaratan tersebut bisa diunggah melalui website secara online.

Kemudian, selanjutnya Modal Rakyat akan menghubungi dan memberi saran pinjaman modal usaha, yang sesuai jumlah dan jenis kebutuhan yang Anda sertakan sebelumnya.

Dengan demikian, Anda akan memperoleh pinjaman modal usaha yang sesuai kebutuhan dan kapabilitas keuangan Anda.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru