Gaya Hidup

Ini Dia 10 Universitas Terbaik Di Dunia

Brigitta Winasis-

22 Jul 2021

Ini Dia 10 Universitas Terbaik Di Dunia

Universitas terbaik di dunia diperingkatkan oleh berbagai lembaga menggunakan indikator tertentu. Salah satu lembaga pemeringkatan universitas dunia yang terpercaya adalah QS World University Rankings.

Pada pemeringkatan tahun ini, 10 universitas terbaik masih diisi perguruan tinggi dari Amerika dan Eropa. Massachusetts Institute of Technology kembali ditempatkan pada posisi pertama untuk universitas terbaik. Apa alasan yang membuat MIT menjadi perguruan tinggi terbaik di dunia tahun ini?

 

Aspek Penilaian Universitas Terbaik di Dunia

Pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia umumnya tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Hal itu karena indikator yang digunakan dalam penilaian relatif sama dan hanya dimiliki oleh beberapa universitas saja. Beberapa aspek yang dijadikan penilaian dalam pemeringkatan universitas adalah sebagai berikut.

1. Reputasi Bidang Akademik

Universitas terbaik menghasilkan lulusan-lulusan terbaik pula. Itu bisa dilihat dari nilai dan penelitian yang dilakukan oleh para lulusannya. Banyaknya mahasiswa yang tidak lulus bisa menurunkan prestasi kampus.

2. Indeks-H

Sebuah universitas akan meningkat ranking-nya apabila memiliki produktivitas yang baik dalam pembuatan jurnal. Selain itu jurnal tersebut harus memiliki sumbangsih atau dampak pada dunia pendidikan. Indikasinya adalah dengan melihat banyaknya jurnal dikutip.

Faktanya, banyak universitas kecil di dunia yang bekerjasama dengan perpustakaan universitas-universitas besar. Kerjasama tersebut akan menciptakan rujukan dari universitas kecil kepada jurnal-jurnal yang dibuat oleh lulusan universitas besar. Hal itu akan membuat universitas yang semula sudah besar menjadi semakin tidak terkalahkan.

3. Sitasi Fakultas

Universitas yang akan menjadi kandidat universitas terbaik harus memiliki berbagai output penelitian. Penelitian tersebut harus mudah dipahami oleh masyarakat luas. Indikasinya bisa berupa penghitungan seberapa sering penelitian itu digunakan.

4. Kuantitas Pengajar Bergelar PhD

Semakin tinggi gelar para pengajar di sebuah perguruan tinggi, maka peringkat universitas tersebut akan meningkat. Hal ini sebenarnya juga berkorelasi dengan kualitas pendidikan yang akan diterima oleh mahasiswa.

 

10 Universitas Terbaik di Dunia 

Tidak mengejutkan jika deretan 10 besar kampus terbaik di dunia diisi oleh jajaran kampus Amerika dan Eropa. Fasilitas dan kualitas pendidikan yang baik membuat nama-nama besar sulit digeser. Berikut ini adalah 10 perguruan tinggi terbaik di dunia versi lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds.

1. MIT

Seperti tahun sebelumnya, Massachusetts Institute of Technology yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini kembali menjadi yang terbaik di dunia. Sejak berdiri pada tahun 1861, perguruan tinggi ini memang terkenal sebagai perguruan tinggi riset dan teknologi yang bersaing. 

Selain sains dan penelitian teknologi, kampus ini cocok untuk belajar manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi. Mantan Sekjen PBB, Kofi Annan, merupakan lulusan manajemen dari kampus ini.

2. Stanford University

Bukan hal yang baru jika nama Stanford University berada pada jajaran tiga besar kampus paling berkualitas. Universitas dengan sejarah panjang ini mustahil tidak  dihargai oleh kalangan akademisi manapun. Nama-nama besar seperti pendiri Google juga pernah menjadi mahasiswa di universitas swasta ini.

Stanford University memiliki berbagai program pendidikan yang merupakan program terbaik. Stanford menjadi salah satu universitas yang selalu diakui sebagai kampus dengan perkuliahan dan penelitian terbaik.

3. Harvard University

Tahun ini Harvard University harus berada satu tingkat di Stanford. Meskipun begitu, nama besar Harvard tidak akan membuat peringkat tahun ini mempengaruhi reputasinya. 

Berada pada ranking berapa pun, Harvard University tetap akan dinilai sebagai perguruan tinggi bermutu kelas dunia. Universitas yang sudah berdiri sejak 1636 ini dikenal memiliki banyak alumni yang merupakan penemu hebat. Hal tersebut yang membuat reputasi akademik Harvard University tidak akan pernah merosot.

4. California Institute of Technology

California Institute of Technology Caltech menggenapi 4 universitas asal Amerika Serikat yang menduduki peringkat terbaik dunia. Perguruan tinggi ini sangat erat kaitannya dengan bidang sains dan teknik. Bahkan, perguruan tinggi ini menjadi satu dari sedikit perguruan tinggi yang digunakan untuk pengajaran ilmu murni dan terapan.

5. University of Oxford

Di peringkat kelima terbaik dunia tahun ini mulai muncul universitas asal negara “The Three Lions”, yaitu Universitas Oxford. Universitas tua ini telah diakui oleh masyarakat Eropa sebagai universitas terbaik sejak dulu. Banyak lulusan dari perguruan tinggi ini yang menjadi tokoh ternama dalam bidang vital.

Banyak alumni universitas ini yang bekerja pada bidang penting dan terhormat. Baiknya employee reputation dari alumni Universitas Oxford tersebut membuat universitas ini hampir mustahil keluar dari jajaran 10 terbaik dunia.

6. ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology

Masih dari daratan Eropa, perguruan tinggi terbaik ke-6 dunia diambil oleh ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology. Salah satu tokoh yang pernah menjadi mahasiswa di perguruan tinggi ini adalah Albert Einstein. Beberapa bidang terbaik yang bisa didapatkan dari perguruan tinggi ini adalah seperti bidang teknologi, sains, matematika, dan teknik.

Selain peringkat dunia dalam hitungan perguruan tinggi, ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology ini juga menempati peringkat keempat untuk bidang teknik dan dan peringkat ke-2 terbaik di Eropa untuk bidang teknologi. Selanjutnya, untuk bidang ilmu bumi dan kelautan, perguruan tinggi ini tidak ada tandingannya.

7. University of Cambridge

Kakak dari universitas Harvard ini menempati peringkat ke-7. Banyak lulusan Cambridge yang menjadi tokoh penting dalam beberapa bidang ilmu seperti matematika dan politik. Banyak juga tokoh ilmuwan, filsuf, aktor, dan yang merupakan alumni universitas ini. 

Apabila ditotal, alumni University of Cambridge telah menjadi peraih penghargaan nobel sebanyak 121 orang, kepala negara di berbagai wilayah sebanyak 47 orang, dan bahkan 14 perdana menteri yang pernah menjabat di Inggris merupakan lulusan dari perguruan tinggi ini. 

8. Imperial College London

Berbagai jurusan yang diunggulkan di perguruan tinggi ini adalah kedokteran, teknik, sains, dan bisnis. Posisi terbaik nomor 8 di dunia tahun ini merupakan peningkatan, karena pada tahun sebelumnya hanya menempati posisi sembilan.

Secara hukum, kampus ini memiliki nama Imperial College of Science, Technology and Medicine Imperial. College London diketahui memiliki fokus eksklusif pada beberapa bidang seperti kedokteran dan teknologi. Namun, selain itu juga terkemuka di bidang sains dan bisnis. 

9. University of Chicago

University of chicago juga berhasil naik satu peringkat setelah sebelumnya berada pada posisi 10 terbaik di dunia. Untuk bidang publikasi pendidikan, kampus ini dikenal menjadi yang terbaik.

Selain itu, University of Chicago diakui sebagai perguruan tinggi paling selektif yang ada di Amerika Serikat. Beberapa bidang terbaik yang ada di universitas ini adalah seperti hukum, ekonomi, kritik sastra, fisika, matematika, sosiologi, sekolah ilmu politik, dan agama. 

10. University College London

Reputasi baik universitas ini membuatnya menjadi universitas kedua terbesar di Inggris dihitung berdasarkan jumlah pendaftarnya. Dalam sejarah, universitas ini mengadopsi ide berani tokoh bernama Jeremy Bentham dan menjadi perguruan tinggi yang menerima mahasiswa tanpa pertimbangan agama. 

University College London menjadi perguruan tinggi yang komprehensif pada pengajaran dan penelitian di berbagai bidang. Bidang yang dimaksud seperti ilmu sosial, humaniora, seni, fisika, teknik, dan biologi.

 

Melanjutkan Pendidikan ke Universitas Terbaik di Dunia Menggunakan Pendanaan oleh Modal Rakyat 

Untuk melanjutkan pendidikan ke universitas terbaik di luar negeri tentu harus dilakukan dengan persiapan dana yang cukup. Persiapan dana juga tidak bisa dilakukan secara mendadak. Untungnya, ada pendanaan cepat yang bisa didapatkan dari Modal Rakyat.

Untuk memenuhi administrasi sebelum melakukan pendidikan, peminjam dapat menemukan pemodal melalui medium Modal Rakyat. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Modal Rakyat, klik di sini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru