Modal Inspirasi

Untuk Pemula, Ini Investasi Modal 500 Ribu yang Bisa Dicoba!

Amry Nur Hidayat-

09 Oct 2022

Untuk Pemula, Ini Investasi Modal 500 Ribu yang Bisa Dicoba!

Tidak harus menggunakan modal besar, ada beberapa investasi modal 500 ribu yang bisa dicoba anak muda atau pemula. Hal ini baik sebagai langkah awal belajar pengelolaan dana. Dengan modal yang tidak terlalu besar, bayangan risiko kerugian tidak akan terlalu membebani. 


Investasi Apa yang Cocok untuk pemula?

Ada berbagai instrumen investasi yang tepat bagi pemula karena bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil. Selain itu, beberapa pilihan ini diunggulkan karena memiliki risiko yang rendah bahkan cenderung sangat aman. Apalagi, pada instrumen-instrumen pengelolaan dana ini, investor tidak perlu direpotkan dengan kegiatan aktif pengelolaan aset.  

  • Reksa Dana
  • Peer-to-peer Lending
  • Deposito
  • Emas


1. Reksadana 

Reksadana adalah bentuk pengelolaan uang dari beberapa investor oleh Manajer Investasi. Artinya, pemilik dana atau investor tidak perlu melakukan tindakan aktif untuk mengolah uangnya. Manajer Investasi yang lebih berpengalaman akan memasukkan dana investor ke dalam beberapa instrumen investasi seperti deposito, obligasi, saham, dan lainnya. 

Karena menggunakan Manajer Investasi profesional, instrumen ini menjadi cukup aman. Karena itu pula, reksa dana kerap dipilih oleh para investor pemula. Namun, tentunya instrumen ini tidak cukup sesuai bagi seseorang yang profil risiko agresif. 


2. Peer-to-peer Lending

Salah satu alternatif pengelolaan dana yang kini sedang banyak dicoba adalah peer to peer lending. Selain dapat dilakukan menggunakan modal yang bertahap, bentuk pengelolaan dana ini dianggap tepat bagi pemula karena pemilik hanya bertugas membantu modal. Selanjutnya, dana tersebut akan dikelola oleh para pemilik usaha. 

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending pilihan di Indonesia saat ini. Sebagai Lender di Modal Rakyat atau pengelola dana, Anda akan dihubungkan dengan pemilik usaha kelas UMKM di Indonesia. Para pelaku bisnis akan memanfaatkan modal untuk mengembangkan usaha dan membagikan keuntungan sebesar 18% modal per tahun. 

Selain aman karena sudah terdaftar izin oleh OJK, platform ini juga mudah digunakan karena dapat dipasang di smartphone. Melalui platform mobile, Anda dapat mengelola dana dan melakukan pengawasan tertentu. Aplikasi Modal Rakyat dapat diunduh di semua operating system (OS) smartphone


3. Deposito

Deposito adalah pengelolaan dana yang mudah dilakukan oleh siapapun. Deposito dilakukan dengan cara seperti menabung biasa melalui bank. Bedanya, tabungan deposito harus memiliki jangka waktu tertentu untuk dapat diambil kembali. 

Pihak bank umumnya menerapkan batas minimum dana untuk mendaftar deposito. Oleh karena itu, jika modal Anda sedikit, maka bisa mengambil tabungan biasa terlebih dahulu. Apabila jumlahnya sudah mencukupi batas minimum pembukaan deposito, Anda dapat mengalihkannya sewaktu-waktu. 


4. Emas

Emas menjadi instrumen investasi modal 500 ribu lainnya yang banyak dipilih oleh investor pemula karena harganya yang stabil meningkat. Komoditas ini sangat aman untuk dijadikan tabungan karena nyaris tidak mungkin rugi. 

Karena harga per gram emas cukup tinggi, ada bisa membeli emas secara digital dengan ukuran di bawah satu gram. 


Usaha apa yang Cocok dengan Modal 500 Ribu?

Bagi seseorang yang sedang pertama kali mencoba usaha, lebih baik menggunakan modal sesedikit mungkin untuk melakukan percobaan pertama. Hal itu bukan demi rasa pesimis, melainkan agar pengelolaan yang Anda lakukan dapat lebih fokus. Modal yang terlalu besar justru akan membuat konsentrasi buyar karena keinginan untuk melebar ke berbagai bagian.

Nah, untuk Anda yang berminat wirausaha, berikut ini adalah berbagai ide usaha dengan modal sekitar Rp 500 ribu saja. 


  • Kerajinan Tangan 
  • Kuliner Camilan atau Makanan Sehat 
  • Bisnis Online 
  • Memberi Pinjaman untuk Usaha Lain 


1. Kerajinan Tangan 

Walaupun hanya menggunakan modal kecil, value usaha Anda akan tetap berharga jika dibungkus dengan kesenian. Oleh karena itu, Anda dapat menyasar bentuk usaha kerajinan tangan. Faktanya, banyak pengusaha florist besar yang memulai bisnisnya hanya dari satu dua pesanan karangan bunga saja. 

Sebagai ide usaha kerajinan tangan, Anda dapat mempertimbangkan usaha karangan bunga, hampers, lilin wangi dengan wadah beragam, rajutan, dan jasa lukis jeans. Anda juga dapat membuka jasa foto produk dengan terlebih dahulu menyiapkan studio box dengan harga murah. 


2. Kuliner Camilan atau Makanan Sehat 

Camilan menjadi objek yang cukup mudah dijual di lingkungan masyarakat mahasiswa atau pekerja. Mulai dari bakso goreng, keripik tahu, hingga manisan buah dan sayur bisa menjadi ide usaha modal murah. Untuk memenangi persaingan melawan usaha kuliner yang sudah mapan, Anda dapat memilih konsumen yang yang lebih khusus.

Anda dapat membuka catering dengan menu makanan khusus sesuai kebutuhan customer. Misalnya, Anda membuka layanan catering khusus ibu hamil, lansia, atau vegetarian. Sebagai tips, jangan buka usaha kuliner dengan promosi utama makanan murah.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuka usaha kuliner dengan promosi makanan murah justru akan membutuhkan biaya marketing tinggi. Selain memberi diskon, Anda harus mampu belanja bahan masakan dengan jumlah yang banyak supaya mendapat harga yang murah. Hal itu tentunya membutuhkan modal yang lebih besar. 


3. Bisnis Online 

Umumnya, usaha yang hanya menggunakan modal kecil akan melirik metode online sebagai marketplace. Hal itu karena bisnis online tidak membutuhkan sewa tempat. Anda dapat menjadi reseller, dropshiper, atau kerjasama ekspansi usaha-usaha yang hanya berjalan secara offline.  

Bisnis online hari ini semakin mudah dengan bantuan berbagai faktor media sosial, seperti Tiktok dan Instagram. Dengan kemampuan marketing yang baik, objek bisnis apapun selalu mampu menemukan target konsumennya. 


4. Memberi Pinjaman untuk Usaha Lain 

Cara lain untuk memutarkan uang Rp500.000 secara cerdik adalah dengan cara meminjamkan uang tersebut untuk bantuan usaha lain. Seperti seorang investor bagi sebuah perusahaan, Anda tentu berhak untuk memperoleh bagian untung dari usaha tersebut. 

Tentunya hal tersebut harus dilakukan secara legal dan aman. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan platform Modal Rakyat. Melalui platform ini, Anda tidak perlu menemukan pemilik usaha yang membutuhkan modal karena sudah ditentukan oleh Modal Rakyat. Kerjasama Anda dan pemilik usaha juga akan dijamin keamanannya oleh Modal Rakyat. 


Itulah tadi beberapa instrumen investasi dan ide usaha yang dapat dilakukan menggunakan uang Rp500.000. Apabila usaha dengan modal kecil sudah dapat berjalan, maka jangan buru-buru untuk menikmati hasilnya. Fokuskan keuntungan untuk memperbesar modal dan mengembangkan usaha. 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru