Bisnis

10 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Pretty Angelia Wuisan-

29 May 2021

10 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Menjadi karyawan mengharuskan Anda bekerja delapan jam sehari, misalnya dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Ada juga kantor yang mengharuskan Anda bekerja selama 9 jam. Atas jasa Anda, Anda akan diberikan gaji setiap bulannya. Namun, biasanya Anda mengharapkan penghasilan lebih, jadi Anda melakukan usaha sampingan untuk karyawan.

Usaha sampingan untuk karyawan ada berbagai macam yang dapat dipilih sesuai dengan skill. Bahkan beberapa usaha ini tidak mengharuskan Anda mempersiapkan modal besar. Yang terpenting adalah pekerjaan utama Anda tetap bisa diselesaikan dengan baik. Inilah usaha sampingan untuk karyawan yang bisa Anda kerjakan.


Baca juga: 6 Hal yang Bikin Milenial Betah Kerja Kantoran


1. Menjadi reseller

Banyak sekali perusahaan atau toko online yang membuka program reseller untuk membantu memperjualkan produk-produknya. Tujuannya adalah agar produk jadi cepat laku. Ini adalah peluang bagus bagi Anda yang mencari usaha sampingan untuk karyawan.

Anda bisa menjadi reseller sebagai usaha sampingan yang dilakukan di luar jam kantor. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih supplier barang yang terpercaya. Lalu, menyetok barang dari supplier itu, biasanya Anda akan diberikan diskon.

Anda pun tinggal mempromosikan stok barang yang sudah ada di tangan Anda. Kemudian menjual barang pada pembeli yang berminat. Perlu diingat yang mengirimkan barang juga Anda. 

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan ini. Anda juga tidak perlu memproduksi barang sendiri karena sudah disediakan oleh supplier. Usaha sampingan ini cukup mudah dilakukan.


2. Berbisnis dropship

Bisnis dropship adalah usaha sampingan untuk karyawan yang bisa Anda pilih selanjutnya. Bisnis ini tidak mengharuskan Anda menyetok barang. Jadi, yang mengirimkan barang tetap supplier. Anda hanya membantu penjual agar produknya laku keras.

Caranya adalah dengan mempromosikan produk tersebut di media sosial. Ketika ada yang tertarik untuk membeli, Anda yang menghubungkan pembeli tersebut dengan supplier. Anda akan mendapatkan penghasilan dari target pembeli yang berhasil Anda dapatkan. 

Bisnis dropship ini dapat Anda lakukan di luar jam kantor. Tidak memerlukan modal usaha juga karena Anda tidak membeli produknya dari supplier dulu.


3. Membuka toko online

Saat ini cukup banyak pekerja kantoran yang membuka toko online. Kegiatan itu sangat mungkin untuk dilakukan sembari bekerja. Tidak perlu membuat situs web dulu, Anda dapat mengandalkan marketplace atau media sosial. Anda bisa membuka bisnis online yang sederhana terlebih dahulu. 

Setelah bisnis online Anda ini menjadi besar, Anda pun bisa membuat situs web untuk toko online Anda itu. Tidak masalah di awal usaha Anda melakukannya seorang diri. Sambil bisnisnya berjalan, Anda bisa merekrut orang untuk membantu bisnis Anda ini.


4. Membuka jasa penerjemah

Jika Anda mahir dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, Anda bisa membuka jasa penerjemah. Jasa penerjemah ini bermacam-macam mulai dari menerjemahkan novel, menerjemahkan dokumen penting, menerjemahkan film, menjadi interpreter di sebuah acara penting, dan lain sebagainya.

Bayaran penerjemah cukup besar juga, apalagi jika Anda sudah memiliki banyak pengalaman. Banyak juga perusahaan yang membuka jasa pekerja lepas untuk posisi ini, jadi Anda bisa mengerjakannya setelah pulang dari kantor.


5. Membuka kursus online

Kursus online atau kursus jarak jauh sekarang diminati oleh banyak anak sekolah. Anda yang punya kemampuan di bidang tertentu bisa membuka kursus online yang semakin mudah untuk dilakukan. Anda tinggal menyediakan laptop atau PCP, serta koneksi internet yang bagus.

Kursusnya bisa berbagai macam, mulai dari kursus mata pelajaran, kursus bahasa asing, kursus keahlian seperti menulis karya tulis akademis, dan lain sebagainya. Anda bisa memasang tarif per jam untuk jasa Anda ini. Sangat mungkin dilakukan setelah pulang dari kantor atau ketika weekend.


6. Menjual foto

Menjual foto cocok dijadikan sebagai usaha sampingan untuk karyawan yang hobi fotografi. Anda biasanya rajin menyimpan stok foto dengan berbagai macam tema menarik. Foto-foto itu jangan didiamkan, Anda bisa menjualnya di internet dengan sistem royalti atau pembelian per item foto.

Harganya lumayan, lho. Peluang Anda mendapatkan uang dari sini cukup besar karena banyak orang yang membutuhkan foto untuk konten tulisan mereka di blog atau media sosial.


7. Membuka jasa desain grafis

Anda yang punya keahlian desain grafis bisa membuka jasa ini sebagai sampingan. Peluang desain grafis ini sangat banyak mulai dari desain media sosial, desain situs web, desain flyer untuk iklan, desain sampul buku, desain mural untuk sebuah tempat, dan yang lainnya yang bisa Anda coba.

Anda biasanya akan dibayar per proyek. Jadi, semakin Anda mendapatkan banyak proyek, penghasilannya pun semakin besar. Yang harus diingat adalah untuk membuka jasa ini Anda harus bisa mengatur waktu. Jangan sampai pekerjaan kantoran Anda terabaikan. 


Baca juga: 5 Cara dan Tips Agar Semangat dalam Bekerja


8. Menjadi penulis artikel lepas

Peluang mendapatkan pekerjaan sebagai penulis artikel lepas saat ini sangat besar. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tulisan paling terbaru untuk situs web resminya. Untuk menjalankan usaha sampingan ini, Anda tentu harus mahir menulis. Ketika pengalaman Anda cukup lama, Anda akan mendapatkan bayaran yang pantas.

Apabila Anda mahir menulis dalam bahasa Inggris, Anda bisa mendapatkan proyek dari klien luar negeri. Bayaran yang Anda dapatkan biasanya akan lebih besar. Pekerjaan ini pun sangat mungkin dilakukan di luar jam kantor.

 

9. Membuka channel Youtube

Untuk Anda yang senang membuat konten, Anda bisa membuka channel Youtube sendiri. Kontennya bisa berbagai macam, dimulai dari yang Anda senangi. Misalnya, jika Anda senang mengulik tentang keuangan, Anda bisa menyajikan tips keuangan bagi anak muda. Atau jika Anda punya hobi memasak, Anda bisa membuat tutorial memasak.

Nanti Anda akan mendapatkan penghasilan dari adsense yang terpasang di akun Anda. Usaha sampingan ini sangat menggiurkan lho. Bahkan banyak orang yang menjadikannya sebagai profesi utama.


10. Membuka jasa pembuatan situs web

Jika Anda memiliki kemampuan membangun sebuah situs web, Anda bisa mengambil proyek ini sebagai usaha sampingan. Tarif untuk membangun situs web biasanya cukup besar karena memang tidak mudah. Namun, usaha ini sangat mungkin dilakukan di luar pekerjaan kantor, jadi Anda bisa mengandalkannya sebagai sumber penghasilan kedua.


Modal Rakyat Membantu Pelaku UMKM Mendirikan Bisnisnya

Anda yang baru merintis usaha UMKM, bisa mendapatkan dana melalui P2P Lending Modal Rakyat. Modal Rakyat membantu Anda bertemu dengan investor yang bersedia meminjamkan dana pada Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman dari Rp500 ribu hingga Rp2 miliar.

Bunga yang dibebankan pada Anda termasuk kompetitif karena disesuaikan dengan risiko usaha Anda. Selain itu, Modal Rakyat adalah P2P Lending yang aman dan terpercaya karena telah meraih izin resmi dari OJK. Ajukan pinjaman dana melalui halaman ini



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru