Bisnis

10 Usaha yang Menguntungkan untuk Pengembangan Desa

Kabrina Rian Ferdiani-

06 May 2021

10 Usaha yang Menguntungkan untuk Pengembangan Desa

Saat ini sangat sedikit sekali orang mengembangkan usaha yang menguntungkan di daerah pedesaan. Hal ini tidak terlepas dari paradigma bahwa desa itu tidak ada apa – apanya, cenderung terbelakang dan kurang prospek. 

Pemikiran ini memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan, karena memang realitasnya desa begitu. Kondisi pertumbuhan ekonominya cenderung lebih lambat dibandingkan kota, terlebih fasilitasnya sangat terbatas. 


Perlunya Upaya untuk Pembangunan Desa

Meskipun kondisinya sangat jauh tertinggal dari perkotaan, namun sebenarnya pedesaan memiliki peranan penting. Salah satunya adalah menyediakan berbagai sumber daya alam, terutama di bidang pangan dan peternakan. 

Kebanyakan usaha – usaha besar memperoleh suplainya dari desa – desa penghasilnya. Contohlah untuk kafe – kafe di kota – kota, bijinya didapatkan dari berbagai daerah di Indonesia yang memang memiliki komoditas kopi. 

Peran besarnya ini terkadang tertutup dengan hiruk pikuk di kota. Pertukaran ekonomi besar memang terjadi di kota besar. Hingga terkadang hal ini memberikan efek pada pembangunan desa, hingga menyebabkan rendahnya daya beli desa. 

Desa perlu dikembangkan lagi, karena beberapa hal belum optimal. Beberapa orang hanya terfokus pada proses produksi pertanian ataupun peternakan saja. 

Kemampuan negosiasi, pengembangan pangan, sangat terbatas. 

Rendahnya tingkat pendidikan juga menjadi salah satu penyebab rendahnya pendapatan masyarakat secara umum. Dengan mengembangkan usaha yang menguntungkan pada pedesaan, diharapkan juga mampu mendongkrak ekonomi mereka. 


Ide – Ide untuk Pengembangan Desa

Salah satu kelebihan pedesaan adalah belum banyak eksplorasi. Sehingga secara dasar, persaingannya tidak begitu ketat dibandingkan kota. 

Meskipun demikian, menarik perhatian masyarakat desa cukuplah sulit. 

Namun salah satu tujuan dari membuka usaha pada pedesaan bukanlah untung semata. Melainkan hal lainnya, seperti membangun kepercayaan dan memberikan edukasi terhadap masyarakatnya. Beberapa idenya adalah sebagai berikut : 


Membuka Toko Sembako

Toko sembako merupakan salah satu bentuk usaha yang menguntungkan bagi pedesaan. Melalui toko tersebut, masyarakat bisa membeli berbagai kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau tanpa harus ke kota. 

Selain itu juga bisa menjadi penyambung antara komoditas desanya untuk dijualkan ke masyarakat. Hal tersebut bisa membantu para petani – petani dari praktik para broker, biasanya mereka membeli dengan harga sangat murah. 


Beternak Ayam Potong

Perkembangan wisata kuliner di perkotaan tentunya membutuhkan suplai bahan makanannya. Ayam dan bebek termasuk salah satu menu paling dicari. Kebutuhannya tentu saja meningkat, dan tempat ideal memperolehnya adalah desa. 

Memahami peluang tersebut, harusnya mampu menjadi peluang untuk dikembangkan. Fokusnya bukan hanya menyediakan kebutuhan untuk pasar lokal, tetapi juga memenuhi permintaan dari restoran – restoran kota. 


Tempat Jual Pulsa

Kebanyakan masyarakat desa masih belum mengenal pembayaran digital atau online. Sehingga untuk mengisi pulsa terkadang masih sangat kesulitan. Harus ke kecamatan atau ke daerah kota terlebih dahulu. 

Untuk menjembataninya, Anda bisa membuka tempat jualan pulsa. Kini melalui berbagai dompet digital Anda bisa melakukan pembelian pulsa. Pastikan memiliki sinyal bagus, sehingga terhindar dari potensi gagal transfer. 


Membuka Bimbingan Belajar

Salah satu kelemahan orang pedesaan adalah tingkat pendidikannya rendah. Sehingga terkadang kesulitan untuk mendidik anaknya, membantunya mengerjakan PR, atau memotivasi agar senantiasa mengejar prestasi. 

Bimbingan belajar bisa menjadi solusi menarik serta bermanfaat bagi warga desanya. Karena daya belinya rendah, bentuklah model kelas kecil saja. Sehingga sekali mengajar hasilnya lumayan, menghemat waktu dan tenaga juga. 


Jasa Desain dan Fotocopy

Orang – orang pedesaan sangat awam dengan teknologi digital. Membuka jasa desain dan fotocopy bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Karena pada kegiatan – kegiatan tertentu membutuhkan desain. 

Anda juga bisa mengembangkannya menjadi jasa pelatihan desain atau komputer bagi anak muda. Hal ini tentunya mendorong literasi pemuda desa serta meningkatkan peluangnya bekerja di kota. 


Membuat Oleh – Oleh Khas Desa

Ada banyak sekali keunikan dari desa, salah satunya adalah cemilan atau makanannya. Membuka toko oleh – oleh secara online adalah salah satu langkah cerdas memperoleh keuntungan. 

Selain itu juga bisa memberdayakan ibu – ibu dan pemudi pedesaan untuk proses produksinya. Dengan demikian, akan terbentuk keterampilan serta kekeluargaan secara erat. 


Warung Kopi dengan Wifi

Orang desa identik dengan berkumpul serta mengobrol bareng bersama para tetangga. Memberikan ruang berupa warung kopi merupakan peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda. 

Untuk menarik generasi muda, tambahkan fasilitas wifi gratis. Selain memberikan peluang tempat berkumpul, juga membuat generasi mudanya semakin erat dengan generasi sebelumnya. 


Jasa Menjahit dan Fashion

Salah satu keterampilan ibu – ibu pedesaan adalah kemampuan menjahit. Kemampuan sederhana ini biasanya dimanfaatkan untuk memperbaiki pakaiannya sendiri. 

Dengan keterampilan dasar demikian, Anda sudah memiliki peluang calon karyawan. Tinggal mendesain bentuk bajunya serta menyiapkan langkah pemasarannya ke toko online. 


Jasa Titip ke Kota

Mobilitas masyarakat cenderung rendah, hal ini disebabkan oleh padatnya agenda bertani, berkebun, serta beternaknya. Sehingga jarang ada orang ke kota, kecuali ketika memang sedang ada keperluan. 

Namun ada beberapa orang menginginkan sesuatu barang kota untuk keperluannya maupun hobinya. Untuk menjembataninya, Anda bisa membuat jasa titip barang. 


Berjualan Tanaman Hias

Kondisi tanah subur di pedesaan membuat hampir seluruh tanaman hias mampu tumbuh. Bahkan beberapa dapat ditemui pada alam liar. Apabila sumber daya ini dikelola dengan baik bisa menjadi usaha yang menguntungkan bagi Anda. 

Dibalik kekurangannya dibandingkan perkotaan, pedesaan memiliki sejuta potensi untuk dikembangkan. Rendahnya eksplorasi pada desa memberikan peluang tersendiri untuk mengoptimalkannya. 

Salah satu hal yang perlu diingat adalah pengembangan desa tidak melulu keuntungan secara material. Membangun kesadaran, mengedukasi, serta memberikan kesempatan menjadi ide dasar dalam mengembangkan usaha yang menguntungkan di sana. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru