Bisnis

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tahun 2020

Kabrina Rian Ferdiani-

27 Feb 2020

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tahun 2020

Penghasilan bisa datang dari mana saja, termasuk dari internet. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan Anda.

Namun, bagaimana cara menghasilkan uang dari internet? Berikut di antaranya.


Baca juga: 4 Langkah Melakukan Diversifikasi Portofolio Investasi


Google Adsense

Jika Anda mengunjungi situs web apapun, Anda telah melihat iklan Google. Iklan ini ada di mana-mana, dan untuk alasan yang bagus. Tidak hanya mudah diatur di situs web dasar manapun, tetapi mereka juga dapat menguntungkan sekali situs web Anda mulai mendatangkan jumlah lalu lintas yang stabil.

Salah satu hal keren tentang Google AdSense adalah pengaturannya sangat mudah. Jika Anda memiliki blog atau situs web, Anda dapat mendaftar untuk Akun Google AdSense gratis. Dari sana, Google akan memberi Anda kode unik yang akan Anda tempelkan ke situs web Anda. Google mengambilnya dari sana, melacak tampilan halaman Anda, lalu lintas, dan penghasilan atas nama Anda.


Pemasaran Afiliasi

Apakah Anda memiliki situs web atau sebuah blog? Jika demikian, Anda bisa bermitra dengan merek dan bisnis di dalam konten situs web Anda. Jika Anda menyebutkan produk atau layanan, Anda menautkan ke produk atau layanan itu menggunakan kode afiliasi unik yang Anda terima ketika mendaftar untuk program afiliasi tertentu. Dari sana, Anda akan menghasilkan uang kapan saja seseorang membeli produk atau layanan melalui tautan Anda.

Selain mendaftar untuk program afiliasi individual, Anda juga dapat mendaftar untuk jaringan iklan afiliasi yang menawarkan banyak afiliasi berbeda di satu tempat. Dengan begitu, Anda dapat melihat mana yang berhasil dan apa yang tidak berfungsi seiring waktu.


Konsultasi

Cara lain untuk menghasilkan uang secara online adalah melalui jasa konsultasi. Jika Anda seorang ahli dalam bidang apapun, Anda berpotensi menemukan orang yang bersedia membayar Anda untuk menasehati mereka tentang tujuan pribadi atau bisnis mereka. Anda mungkin berpikir Anda tidak cukup penting untuk berkonsultasi dengan perusahaan besar, tetapi Anda mungkin terkejut dengan jenis keahlian yang akan dibayar orang.


Kursus online

Jika Anda memiliki keterampilan yang dapat Anda ajarkan kepada orang lain, Anda juga dapat membuat kursus online yang dapat Anda pasarkan secara online. Anda dapat menemukan kursus online yang mengajarkan apa saja mulai dari memasak hingga pemasaran atau bahkan menulis lepas.

Kebanyakan orang mengatur kursus online mereka melalui platform seperti Teachable.com. Dengan Teachable, Anda dapat mengunggah materi kursus dan menggunakan platform untuk mengelola pelanggan dan menerima pembayaran.


Podcasting

Cara lain untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan hosting podcast online. Saya memiliki podcast Finansial Baik untuk mengikuti blog saya, dan saya menggunakan platform itu untuk mencari sponsor dan pengiklan baru setiap saat.

Kunci untuk terus maju dengan podcasting adalah menemukan ceruk pasar Anda, menumbuhkan audiens, dan kemudian menemukan cara untuk menghasilkan uang dan terhubung dengan sponsor. Ini bukan cara termudah untuk menghasilkan uang secara online karena ada banyak logistik yang digunakan untuk menulis, merekam, dan mengedit podcast, tetapi masih layak dipertimbangkan.


Baca juga: Cara dapat Uang yang Banyak Melalui Podcast


Penjualan Buku

Meskipun industri penerbitan dulu sangat padat, Anda dapat menyelesaikan seluruh proses penulisan, penerbitan, dan pemasaran buku online akhir-akhir ini. Situs web seperti Create Space akan memungkinkan Anda mengunggah dan membawa buku Anda untuk dicetak tanpa melibatkan penerbit resmi, dan Anda bahkan bisa mendapatkan buku Anda di Amazon.com sehingga orang dapat membelinya di sana.

Jika Anda pikir Anda bisa menulis buku yang ingin dibeli orang, ini adalah strategi yang cerdas untuk dipertimbangkan karena biaya awal bisa minimal dan Anda mungkin sudah memiliki komputer dan perangkat lunak pengolah kata.


Penulisan Lepas

Jika Anda memiliki keterampilan menulis dan bakat kreatif, Anda juga mungkin dibayar untuk membuat konten online. Saya tidak melakukan ini seperti dulu, tetapi saya sangat menyadari betapa layaknya arus pendapatan ini.

Kunci untuk menjadikannya sebagai penulis lepas adalah menemukan ceruk, berjejaring dengan orang-orang yang mungkin mempekerjakan Anda, dan memberikan konten berkualitas tinggi 100 persen setiap saat. Meskipun ada satu ton papan tulis pekerjaan untuk membantu Anda memulai, dia mengatakan itu cukup mudah untuk menemukan pekerjaan menulis pemula di situs web seperti Upwork.com.


Webinar

Perlu lebih banyak ide tentang cara menghasilkan uang secara online? Strategi lain adalah menggunakan webinar untuk memasarkan produk, layanan, atau kursus Anda. Dengan webinar, Anda pada dasarnya menawarkan banyak kiat dan saran gratis - biasanya dalam format langsung. Pada akhirnya, Anda menjual produk atau layanan berbayar Anda dengan tujuan mendapatkan beberapa penawaran.

Apa pun yang Anda jual, tidak sulit untuk membuat webinar dan menarik orang untuk mendaftar dengan magnet timah atau iklan Facebook. Heck, Anda mungkin dapat menemukan webinar gratis tentang cara membuat webinar pertama Anda jika Anda terlihat cukup keras.


Youtube

YouTube adalah platform lain yang memungkinkan orang menghasilkan uang secara online. Ada satu ton saluran YouTube di luar sana tentang topik apapun jika Anda bisa memikirkannya, dan sebagian besar orang dengan banyak pengikut menghasilkan uang dengan imbalan video dan waktu mereka.

Anda dapat mulai menghasilkan uang melalui YouTube menggunakan jaringan iklan platform sendiri atau dengan mendapatkan posting yang disponsori. Jika Anda suka melakukan video, memulai saluran YouTube bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mendapatkan uang tunai di samping.


Bangun Komunitas Online

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, Anda juga dapat memperoleh uang secara online dengan membangun komunitas online. Meskipun strategi monetisasi yang dapat Anda kejar akan sangat bervariasi tergantung pada tujuan Anda.

Anda dapat membangun komunitas dengan blog, misalnya. Anda juga dapat membangun forum online dan membebankan biaya orang untuk keanggotaan. Anda bahkan dapat membangun grup Facebook dan menggunakan pengaruh Anda di sana untuk menjual dan mempromosikan produk.

Sebelum kelompok itu, mereka memiliki komunitas online untuk guru yang mencari rencana pelajaran. Itu mungkin terdengar sangat acak, tetapi ini gila jenis komunitas yang dapat Anda bangun dan kumpulkan orang di sekitarnya.

Jika itu adalah sesuatu yang Anda sukai dari diri Anda dan Anda ingin terhubung dengan orang lain yang memiliki hasrat yang sama, maka komunitas online adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan.


Baca juga: 5 Hobi Sederhana yang Bisa Tambah Penghasilan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru