Gaya Hidup

10 Hal yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Pribadi

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Jun 2020

10 Hal yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Pribadi

Setiap orang ingin menjadi lebih baik. Ini karena hidup merupakan proses belajar tanpa henti. Dengan menjadi lebih baik, Anda bisa bertemu kesempatan baru atau memiliki berbagai pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Namun, bagaimana cara meningkatkan perkembangan pribadi? Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan.


Baca juga: 5 Buku Terbaik untuk Startup Tahun 2020


Baca tentang apa yang ingin Anda tingkatkan

Apakah Anda ingin menjadi lebih baik pada keterampilan tertentu? Baca tentang itu. Apakah Anda ingin belajar meditas? Baca buku yang menjelaskan hal itu secara terperinci.

Ingin lebih produktif atau percaya diri? Semua bidang topik ini dicakup oleh buku-buku yang dapat Anda pelajari dengan membacanya. Dengan membaca mengenai topik yang Anda inginkan, topik tersebut akan selalu menjadi perhatian utama.


Temukan seorang mentor

Seorang mentor bisa siapa saja. Mentor bisa jadi teman sebaya yang mengetahui sesuatu yang tidak Anda ketahui dan Anda ingin belajar.

Mentor juga bisa seseorang yang jauh lebih berpengalaman yang bersedia membawa Anda di bawah sayap mereka dengan imbalan pekerjaan Anda dengan cara tertentu untuk atau bersama mereka.

Mentorship sejauh ini merupakan jalur pembelajaran tercepat.


Refleksikan pada akhir setiap hari

Jika Anda benar-benar ingin melakukan pengembangan diri dengan serius, Anda harus terus-menerus menyadari bagaimana Anda dapat berkembang. Dan satu-satunya cara untuk mengetahui cara meningkatkan adalah jika Anda merenung dan bertanya pada diri sendiri di mana dan bagaimana Anda masih membutuhkan perkembangan.


Buat latihan yang kuat

Kebiasaan Anda yang membuka hasilnya, bukan sebaliknya. Anda tidak dapat menjalani satu kehidupan dan berharap suatu hari memiliki kehidupan yang lain. Anda harus menerapkan kebiasaan sehari-hari yang akan memungkinkan hal-hal yang ingin Anda ubah berubah.


Temukan orang lain untuk mendorong Anda dan berlatih

Pengembangan diri bukan hanya permainan solo. Bahkan, pengembangan diri terbaik dilakukan dengan orang lain dalam kapasitas tertentu. Habiskan waktu bersama orang-orang yang mengerjakan hal-hal yang sama seperti Anda. Dengan begitu, Anda akan menemukan diri Anda tumbuh bersama mereka dengan kecepatan yang lebih cepat daripada jika Anda mencoba melakukannya sendirian.


Buat sistem hadiah atau hukuman

Ini penting bagi orang yang perlu menghentikan kebiasaan buruk. Terkadang, caranya adalah dengan memberikan hadiah atau hukuman. Hargai diri Anda dengan memberikan self-reward ketika berhasil mencapai sesuatu. Sebaliknya, hukum diri Anda sendiri ketika Anda mengulang kesalahan yang sama.


Tetap jujur dengan diri sendiri

Ini adalah bagian tersulit bagi orang. Jauh lebih mudah untuk membeli buku tentang pengembangan diri, membawanya berkeliling, dan berkata, "Saya sedang berusaha untuk menjadi lebih baik". Anda harus benar-benar jujur dengan diri sendiri daripada benar-benar melakukannya.

Tidak apa jika Anda belum bisa atau Anda masih mudah tergoda. Menyadari kelemahan itu dan mengakuinya adalah kunci untuk menjadi lebih baik. Anda adalah hakim Anda sendiri.


Temukan panutan yang bisa Anda cari

Sekali lagi, pengembangan diri tidak mudah, jadi sangat membantu untuk dapat melihat orang lain sebagai inspirasi, motivasi, atau bahkan hanya pengingat setiap hari tentang bagaimana Anda dapat terus bergerak maju dalam perjalanan Anda.


Ukur kemajuan yang Anda buat

"Jika Anda tidak bisa mengukurnya, jangan lakukan itu." Butuh waktu lama untuk mengerti apa artinya itu. Terlepas dari seberapa halus hal yang ingin Anda kerjakan, Anda harus menemukan cara untuk mengukur kemajuan Anda.

Ini satu-satunya cara Anda akan benar-benar tahu jika Anda bergerak ke arah yang benar dan kapan atau di mana untuk berputar saat Anda berjalan.


Konsistensi adalah kuncinya

Pengembangan diri tidak terjadi dalam semalam. Itu terjadi perlahan dan sengaja. Konsistensi adalah apa yang menciptakan perubahan yang benar-benar bermakna dan inilah yang membuat prosesnya sangat sulit bagi orang-orang.

Anda tidak melakukannya sekali dan Anda "sudah diperbaiki." Pengembangan diri adalah praktik dan gaya hidup sehari-hari.


Baca juga: Strategi Finansial untuk Menghadapi New Normal

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru