Bisnis

10 Jenis Bisnis Kreatif di Era Digital yang Bisa Kamu Coba

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Oct 2019

10 Jenis Bisnis Kreatif di Era Digital yang Bisa Kamu Coba

Saat ini, banyak pengusaha yang kreatif dalam memberikan inovasi dalam bisnis. Jenis bisnis kreatif di era digital adalah jenis bisnis yang memiliki inovasi-inovasi yang menarik.

Dengan berkembangnya teknologi, maka bisnis pun juga mengalami perkembangan. Perkembangan yang terjadi dalam bisnis tentu tidak lepas dari pelaku bisnis yang banyak memberikan inovasi yang kreatif terhadap bisnis-bisnis yang ada saat ini.

Banyak peluang bisnis yang sangat potensial untuk digeluti. Perkembangan bisnis di dunia digital sangat pesat terjadi akhir-akhir ini. Fenomena ini dipengaruhi oleh jaringan internet yang makin berkembang dan cepat. Merambahnya bisnis digital juga berkaitan dengan pola belanja masyarakat yang berubah menjadi belanja online dari belanja offline.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memulai bisnis digital, Anda perlu melakukan analisa terkait dengan bisnis apa yang akan Anda ambil. Anda harus memilih sebuah bisnis yang mempunyai minat yang tinggi dari masyarakat. Banyak orang telah mencoba pebisnis digital dan berhasil. Anda pun dapat mengikuti jejak mereka dalam memulai sebuah bisnis digital.

Bagi Anda yang akan memulai bisnis digital, berikut ini jenis bisnis kreatif di era digital yang bisa Anda coba.


Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Harga Emas Tanpa Harus ke Toko Emas


Web Developer

Web developer bisa menjadi peluang bisnis digital. Ini karena bisnis ini sangat menjanjikan, mengingat internet sudah semakin merambah di segala bidang dalam kehidupan. Banyak yang membutuhkan web developer mulai dari e-commerce, lembaga pendidikan, perusahaan, ekspedisi, dan pemerintahan.

Jika Anda memiliki keahlian khusus di bidang IT, maka Anda harus mencoba bisnis di bidang web developer. Kemampuan untuk mendesain sebuah website dan menjaga keamanannya bisa menjadi modal Anda untuk memulai bisnis menjadi freelance developer.


Blogger

Jika Anda memiliki hobi dalam menulis, maka jenis bisnis kreatif di era digital ini wajib Anda coba. Saat ini, orang lebih senang mencari informasi dengan berselancar di dunia maya. Ini bisa menjadi kue yang bagus untuk Anda.

Buatlah konten yang menarik dan kreatif sesuai dengan minat yang Anda miliki. Anda bisa memilih menjadi food blogger, fashion blogger, dan masih banyak lagi.

Jika Anda bingung untuk memulai sebuah blog, maka pertama-tama Anda harus membuat website terlebih dahulu. Setelah itu Anda harus menentukan nama domain yang akan menjadi alamat situs Anda. Jangan lupa untuk membeli hosting yang sangat berguna untuk menyimpan data-data Anda di internet. Pilih penyedia hosting dengan harga yang sesuai budget Anda.


Desain Grafis

Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang besar. Peminat jasa desain ini sangat banyak. Biasanya, pengguna jasa desain ini memerlukan tampilan yang menarik agar bisa menarik perhatian konsumen. Anda bisa mulai memasarkan jasa Anda di Sribulancer. Jangan lewatkan membuat portofolio online agar lebih mudah diakses banyak orang.


Menjadi Penyedia Konten

Penyedia konten sangat dibutuhkan di beberapa website freelance. Konten yang biasa diperlukan adalah berupa artikel, video, gambar dan banyak konten menarik lainnya. Konten ini diperlukan untuk dapat menunjang dan memaksimalkan lalu lintas dari website atau blog.


Youtuber

Apakah Anda memiliki kamera, mempunyai ide konten yang menarik dan mampu menarik perhatian banyak orang, serta mempunyai kemampuan untuk mengedit video? Jika iya, maka Anda sudah cocok untuk menjadi Youtuber. Seorang Youtuber dituntut untuk bisa membuat konten yang menarik terhadap video yang dibuat.

Semakin banyak penonton yang melihat video, maka semakin besar pula penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan Youtuber ini, apalagi jika memiliki banyak subscriber. Jika subscriber sudah banyak, maka Anda akan mendapat bayaran secara rutin tiap bulan dari Youtube.

Menjadi Youtuber bisa Anda jadikan pekerjaan utama, karena pekerjaan ini bisa menjadi pekerjaan tetap yang dapat menghasilkan uang setiap bulan.


Membuat Perpustakaan Online

Anda bisa membuat perpustakaan online untuk dapat memperoleh penghasilan. Anda bisa memberikan sebuah informasi yang bermanfaat dan mampu menarik orang-orang untuk dapat menjadi anggota dari perpustakaan online Anda. Penghasilan bisa didapatkan dari biaya berlangganan yang sudah ditetapkan oleh para anggota.


Membuat Grup

Jika Anda memiliki kemampuan dalam salah satu bidang, maka Anda bisa memulai bisnis digital dengan cara membuat sebuah grup. Anda bisa mengajarkan keahlian yang Anda miliki dalam grup tersebut. Jika sudah banyak anggota yang bergabung maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari orang-orang yang masuk ke grup tersebut.

Ada sebuah grup yang mengajarkan SEO, seseorang rela membayar jutaan rupiah hanya untuk bergabung dengan grup SEO tersebut, maka bisnis ini merupakan bisnis yang menguntungkan yang bisa Anda coba. Di era digital seperti sekarang ini bisnis ini banyak diminati oleh beberapa orang.


Membuka Toko Online

Sebelum dunia internet sudah berkembang pesat seperti sekarang ini, pasar mungkin menjadi salah satu tempat yang dijadikan tempat untuk berjualan. Namun, berjualan online merupakan jenis bisnis kreatif di era digital saat ini. Di era digital saat ini berjualan online menjadi salah satu bisnis yang mempunyai sangat banyak peminat.

Karena bisnis dengan toko online ini bisa dilakukan dimana saja, Anda bisa membuka toko online lewat Facebook, Instagram, Bukalapak, Tokopedia dan masih banyak lagi. Toko online ini nantinya bisa menjadi lapak Anda untuk dapat berjualan segala macam barang yang ingin Anda jual. Anda bisa membuat toko online secara gratis di beberapa sosial media.


Menjadi Android Developer

Menjadi Android developer merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan di era digital saat ini. tidak sedikit generasi muda yang menekuni bisnis ini. Dalam proses pengembangan aplikasi memang tidaklah mudah, tetapi jika terus giat dalam belajar, maka Anda bisa menjadi seorang Android developer yang profesional.


Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu bisnis di era digital yang bisa Anda coba. Reseller dan dropshipper tidaklah sama. keduanya sering dianggap sama padahal berbeda. Anda tidak perlu membeli dahulu barang kepada penjual. Tetapi Anda bisa langsung menjualnya, dengan kata lain Anda mempromosikan barang milik seller. Jika banyak pembeli yang didapatkan maka Anda akan semakin untung.

Saat ini terdapat banyak jenis bisnis kreatif di era digital. Anda bisa mencoba salah satu bisnis di atas untuk memulai sebuah bisnis di era digital. Berbagai jenis bisnis tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan, maka Anda bisa memilih yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.


Baca juga: 5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris dengan Smartphone

 



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru