Gaya Hidup

Bisnis

10 Karakter yang Dimiliki Pemilik Usaha Kecil yang Sukses

Kabrina Rian Ferdiani-

19 Jun 2020

10 Karakter yang Dimiliki Pemilik Usaha Kecil yang Sukses

Mungkin ada seratus karakter dan kepribadian yang luar biasa yang menentukan Anda atau pemilik usaha kecil favorit Anda yang sukses.

Berikut adalah beberapa ciri karakter paling umum dan kuat yang menggambarkan pemilik usaha kecil yang telah memulai bisnis yang sukses.


Baca juga: 5 Tips untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda


Ambisius

Sebagian besar pemilik usaha kecil berambisi untuk berhasil. Mereka ingin melihat bisnis mereka tumbuh dari startup ke bisnis yang sudah mapan. Ambisius adalah karakteristik yang sangat umum di kalangan pengusaha sukses karena memulai bisnis dapat menjadi tantangan, dan beberapa tantangan membutuhkan daya saing, tekad, dan motivasi.


Berorientasi pada Tujuan

Ambisi dapat membawa pemilik usaha kecil terus berkembang, asalkan ada target yang ingin dicapai. Tanpa tujuan SMART (specific, measurable, attainable, relevant, dan time-based) dan kemampuan untuk fokus pada tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, kesuksesan dapat menjadi sulit dipahami.

Sebagian besar pemilik bisnis yang sukses meluangkan waktu untuk menetapkan tujuan sehingga mereka memiliki kejelasan tentang ke mana mereka akan pergi dan bagaimana mereka bermaksud untuk sampai ke sana.


Percaya Diri

Percaya diri adalah sifat karakter yang sangat kuat yang dapat menanamkan kepercayaan, memfasilitasi rasa hormat, dan sering mengarah pada peningkatan kesuksesan. Pemilik bisnis paling sukses memiliki kepercayaan diri yang mantap dan tenang yang tidak membatasi kesombongan atau egoisme.


Bergairah

Mungkin sangat sulit untuk mengatasi tantangan memulai dan menjalankan bisnis yang sukses tanpa hasrat yang sungguh-sungguh untuk pekerjaan Anda. Beberapa pemilik usaha kecil yang paling sukses memiliki bisnis yang dikembangkan secara langsung berdasarkan hasrat mereka, atau mereka dapat menggabungkan hal-hal yang mereka sukai dalam operasi bisnis mereka sehari-hari.


Berorientasi pada Anggaran

Karena sebagian besar kesuksesan bisnis dapat dikaitkan dengan keberhasilan finansial, sebagian besar pemilik usaha kecil yang sukses menjadi sangat paham dalam menciptakan anggaran dan berpegang teguh pada anggaran ketika mereka mengelola operasi bisnis mereka. 

Kemampuan untuk mengetahui dana apa yang Anda miliki, pengeluaran mana yang bisa dikurangi, dan bagaimana membuat keputusan yang cerdas dalam hal pengeluaran seringkali dapat menentukan keberhasilan bisnis kecil.


Mandiri

Sementara membangun dan mengelola tim mungkin menjadi bagian penting dari beberapa bisnis kecil, banyak pengusaha sukses juga memiliki kemandirian yang jelas. Kemampuan untuk berpikir dan bertindak secara mandiri, tanpa masukan dari orang lain adalah sifat yang sangat umum di antara pemilik usaha kecil yang sukses.


Rendah Hati

Banyak pengusaha mungkin mandiri, tetapi yang paling sukses juga dapat meminta bantuan ketika mereka membutuhkannya, memberikan kredit di mana kredit jatuh tempo, mengakui kapan mereka salah, dan menerima kritik yang membangun.

Pemilik usaha kecil ini memiliki kemampuan untuk tetap berdiri di atas tanah bahkan pada pencapaian yang paling memuaskan dan tidak pernah melupakan dari mana mereka memulai.


Ulet

Menjadi pemilik usaha kecil datang dengan pasang surut; ada kemenangan, kemunduran, kekacauan, dan air yang tenang. Pengusaha paling sukses adalah mereka yang ulet dan mampu bangkit kembali setelah tantangan yang tak terduga dan bangkit kembali setelah menghadapi kemunduran.


Fokus

Banyak pemilik usaha kecil menangani beragam tanggung jawab dalam bisnis mereka, mengenakan banyak topi berbeda selama hari kerja. Kemampuan untuk memblokir gangguan dan fokus pada masalah langsung, tugas, atau tujuan serta gambaran yang lebih besar dapat menjadi ciri utama dalam seorang pengusaha yang sukses.


Berpikiran Terbuka

Sementara fokus adalah sifat penting yang ditemukan di sebagian besar pemilik usaha kecil yang sukses, penting juga untuk tetap berpikiran terbuka dan mempertimbangkan perspektif yang berbeda.

Pemilik usaha kecil yang bersedia mempertimbangkan ide-ide alternatif dan mencoba proses baru mungkin lebih mungkin untuk mencapai tingkat kesuksesan yang signifikan.


Baca juga: Cara Melakukan Riset Pasar dengan Cara yang Benar

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru