Bisnis

5 Tips untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Jun 2020

5 Tips untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Berharap keuangan bisnis Anda lebih terorganisir? Tidak ada waktu yang lebih baik untuk menangani mereka daripada saat ini. Berikut 5 tips untuk mengatur keuangan bisnis yang bisa Anda terapkan.


Baca juga: Cara-Cara Gratis Mengiklankan Situs Web Bisnis Anda


Persiapkan pajak Anda

Pastikan semua dokumen, laporan, dan neraca Anda mutakhir dan teratur. Jika Anda telah melacak keuangan Anda sepanjang tahun maka ini seharusnya menjadi tugas yang mudah. Jika tidak, Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang agak besar.

Mulai sedini mungkin sehingga Anda tidak menerima denda yang lumayan jika Anda berjalan di belakang jadwal dan memastikan bahwa ke depan, Anda tetap di atas pajak Anda.


Lakukan tinjauan tahunan

Lihatlah dari mana uang Anda datang dan pergi selama setahun terakhir. Apa pengeluaran terbesar Anda? Dari mana penghasilan terbesar Anda berasal?

Ulasan ini akan memungkinkan Anda untuk berolahraga di mana Anda perlu memfokuskan upaya Anda di masa yang akan datang dan pengeluaran mana yang mungkin perlu dikurangi.


Pahami keuangan Anda

Apakah Anda mengerti apa yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan laba? Berapa Anda ambil untuk diri Anda sendiri sebagai gaji? Cek apakah Anda harus mengurangi apa yang Anda ambil atau Anda mampu mengambil keuntungan lebih banyak?

Awasi penjualan, uang yang datang, atau ketika Anda memiliki penurunan dalam pendapatan. Mungkin Anda mulai melihat tren terbentuk dari tahun-tahun sebelumnya ketika Anda memiliki lebih banyak pemasukan dan ketika ada penurunan. Ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakan secara efektif untuk saat-saat ketika pendapatan mungkin rendah.


Penganggaran adalah kuncinya

Berapa yang bisa Anda keluarkan untuk tahun ini? Apakah Anda memiliki rencana bisnis untuk memastikan bahwa Anda mencapai tujuan dan target Anda?

Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak memenuhi tujuan itu, mungkin Anda harus pindah ke mana anggaran Anda dihabiskan atau membuat pemotongan sehingga Anda dapat memastikan keuntungan dalam bisnis Anda.

Pelatihan - Jika Anda mampu membelinya, mungkin ada baiknya melihat menginvestasikan sejumlah uang ke dalam pelatihan untuk Anda atau tim Anda. Itu selalu baik untuk tetap mengikuti apa yang terjadi di industri tempat Anda berada dan segala tips dan trik di sepanjang jalan untuk membantu Anda tampil lebih baik sebagai bisnis.

Upaya pemasaran - Jika Anda belum benar-benar memiliki anggaran pemasaran sebelumnya tetapi memiliki sedikit uang tunai yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempromosikan Anda dengan lebih baik, mulailah dengan melakukan sedikit riset pasar di mana audiens target Anda mencerna berita harian mereka.

Cari tahu apakah mereka membelanjakan waktu mereka di media sosial, publikasi offline apa yang mereka baca. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat biaya iklan atau cara di mana Anda dapat menargetkan pasar Anda.

Sistem internal baru - Dapatkah sistem internal baru membantu Anda bekerja lebih hemat biaya jika Anda melakukan pembelian? Terkadang, investasi ke dalam teknologi - meski terkadang mahal - bisa lebih bermanfaat dalam jangka panjang.

Jika Anda tidak mampu membeli sistem baru, maka pastikan apa yang Anda miliki tetap diperbarui dengan pembaruan terbaru dan dijaga dengan baik sehingga itu akan bertahan lama.


Prioritaskan Utang

Tujuan jangka panjang Anda harus selalu untuk melunasi hutang Anda.

Jika Anda mendapat untung tahun lalu dan mampu - dengan proyeksi bisnis yang berhasil - untuk membayar kembali utang Anda, lakukanlah. Mudah-mudahan ini akan membuat Anda melunasi hutang Anda lebih cepat, yang akan membuat bunga yang Anda bayar kembali, menjadi lebih sedikit.


Baca juga: 6 Alasan Bisnis Keluarga Bisa Berhasil dan Langgeng

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru