Finansial

Bisnis

10 Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga yang Mudah Diikuti

Paskalia-

24 Jul 2019

10 Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga yang Mudah Diikuti

Menabung untuk ibu rumah tangga adalah hal yang mudah apabila mengikuti tips menabung ala ibu rumah tangga di bawah ini. Di artikel ini Anda bisa mengikuti berbagai macam tips menabung untuk ibu rumah tangga yang berhubungan dengan kehidupan Anda sehari-hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika mencoba melakukannya. 

Inilah beberapa tips menabung ala ibu rumah tangga yang patut Anda coba.


1. Mengikuti arisan

Arisan adalah salah satu tips menabung ala ibu rumah tangga yang biasanya sangat diandalkan. Kata “arisan” erat kaitannya dengan sosok ibu. Arisan ini dapat diikuti di mana saja. Dimulai dari saudara Anda, tetangga Anda, di kantor, bahkan teman main bareng.

Arisan membuat kita bisa menyisihkan beberapa rupiah yang nantinya akan Anda dapatkan ketika waktunya Anda dapat. Arisan menjadi salah satu cara jitu untuk ibu rumah tangga yang ingin menabung dengan mudah.


Baca Juga : 9 Tips Menabung Uang Agar Cepat Terkumpul


2. Mencatat daftar belanja bulanan

Dengan adanya daftar atau list belanja bulanan, kita akan mengerti apa saja yang telah kita beli dalam satu bulan itu. Kemudian, kita bisa melakukan evaluasi barang apa saja yang lebih baik tidak dibeli dan barang apa yang harus dibeli di waktu berikutnya.

Kita juga bisa membuat komparasi pada barang-barang apa saja yang mahal harganya serta bisa dibeli di tempat lain yang harganya lebih murah.


3. Tips menabung ala ibu rumah tangga dengan mengumpulkan uang receh

Jangan pernah menganggap remeh uang receh karena yang recehan pun bisa menjadi gunung di suatu hari nanti. Anda bisa mengumpulkan uang receh dari kembalian belanja. Dikumpulkan di celengan khusus yang bisa Anda gunakan di suatu hari nanti. Lakukan hal ini secara terus-menerus, nanti Anda akan kaget sendiri berapa jumlah totalnya.


4. Mencatat pengeluaran dan pemasukan

Tips menabung ala ibu rumah tangga yang satu ini sangat disarankan karena dengan begitu Anda akan mengetahui dari mana dan ke mana saja uang rumah tangga yang Anda gunakan. Ketika penghasilan lebih besar daripada pengeluaran, Anda akan bisa menabung lebih banyak. Apabila sebaliknya, Anda akan mencari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tiba-tiba membludak.

Tips menabung ala ibu rumah tangga berikut ini jangan sampai Anda lewatkan. Anda tidak hanya bisa mencatat secara manual, Anda bisa juga memanfaatkan aplikasi yang membuat Anda jadi lebih mudah mencatat kedua hal itu.


Baca Juga : Penentuan Tujuan Pengaruhi Cara Menabung, Benarkah?


5. Membuat rekening tabungan

Tidak ada salahnya memiliki beberapa rekening. Satu rekening untuk segala macam transaksi sehari-hari, satunya lagi rekening yang dikhususkan sebagai tabungan jangka panjang Anda. Kalau perlu Anda memilih produk tabungan yang tidak menyediakan kartu ATM, jadi uang di rekening tabungan itu tidak akan mudah Anda pakai sesuka hati. Hal itu pun membuat Anda bisa menabung dengan konsisten.


6. Menargetkan pengeluaran maksimal untuk belanja

Supaya tidak boros, Anda harus membuat target maksimal berapa nominal yang boleh dikeluarkan untuk berbelanja. Ketika target maksimal sudah terpenuhi, Anda tidak akan melakukan belanja lagi yang dapat membuat pengeluaran semakin banyak.

Jika Anda menuruti aturan target maksimal dari pengeluaran, dijamin uang Anda akan lebih tertata dan jauh dari kata boros.


7. Tidak berbelanja sesuai keinginan

Jika Anda sudah berniat untuk menabung, maka tips menabung ala ibu rumah tangga ini juga wajib Anda tanamkan di benak Anda. Jangan pernah membeli barang-barang sesuai keinginan karena jika dituruti hal ini tidak akan ada habisnya. Alias Anda akan cenderung terus berbelanja untuk memenuhi keinginan Anda. Berbelanjalah hanya untuk barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan.


8. Mencari diskon atau promosi

Semakin hari semakin besar saja persaingan bisnis yang terjadi. Hal ini membuat masing-masing toko mengadakan diskon supaya bisa menarik lebih banyak pembeli. Ya, tidak perlu malu untuk menggunakan produk yang diskon karena memang tidak ada yang perlu dipermalukan.

Saat berjalan-jalan di mall, carilah baju yang diskon saja. Coba bandingkan baju yang diskon 50% dengan baju yang memiliki harga normal, selisihnya cukup banyak, bukan? Oleh karena itu, mencari promosi atau diskon nantinya akan membuat Anda lebih hemat dan akhirnya bisa menabung.

Saat ini juga ada banyak toko atau aplikasi yang mengadakan diskon. Anda juga bisa mendapatkan diskon di beberapa rumah makan di kota Anda. Beberapa aplikasi dompet digital menawarkan potongan harga untuk menu makanan kesukaan Anda. Walaupun tidak sering, aplikasi ojek online juga memberikan diskon yang lumayan nominalnya.

Entah potongan harga tersebut berupa diskon untuk makanan atau potongan untuk ongkos antar, tetap saja hal ini akan membuat Anda lebih hemat. Jangan lupa untuk sering mengecek diskon di hari ini dan hari-hari berikutnya.


9. Langsung menabung di awal bulan

Tips menabung ala ibu rumah tangga ini sangat mudah Anda praktikkan. Awal bulan adalah waktu yang pas untuk menabung. Pasalnya, di akhir bulan atau di awal bulan kita telah menerima gaji, baik itu di tempat kerja maupun gaji bulanan dari suami. Nah, jangan sampai momen ini membuat Anda impulsif atau memiliki keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Sisihkan uang Anda dari gaji pekerjaan atau dari suami Anda sebanyak 10% atau 20% saja. Entah itu menjadi nominal yang kecil atau lumayan, tetap saja pada akhirnya uang-uang tersebut akan terkumpul dan menjadi nominal yang besar.

Barulah setelah uang terkumpul, Anda bisa membuat rekening khusus untuk menabung. Lebih efektif lagi apabila setelah menerima uang bulanan Anda langsung memindahkannya ke rekening khusus untuk tabungan.


10. Bekerja sambilan

Ibu rumah tangga bisa mendapatkan penghasilan dari kerja sambilan yang dilakukannya. Di zaman sekarang mencari uang bisa dilakukan dengan cara apa saja yang penting halal dan tidak melanggar aturan. Anda bisa mencari pekerjaan di internet. Di masa-masa sekarang banyak pekerjaan terkait dunia digital yang bisa dimasuki oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga.

Anda sangat bisa mengerjakannya dari rumah. Tinggal Anda yang menentukan waktu kapan saatnya bekerja untuk menambah penghasilan, kapan waktunya Anda menghabiskan waktu untuk keluarga. Semuanya bisa diatur dengan baik. 

Proses rekrutmen sekarang juga tidak ribet karena mengandalkan internet. Anda hanya tinggal mengirimkan contoh pekerjaan atau portofolio pada perusahaan yang Anda tuju. Demikian dengan wawancara yang dilakukan melalui online. Semuanya dapat terjadi dengan mudah karena teknologi yang sudah semakin canggih.

Pekerjaan yang dapat Anda lakukan pun berbagai macam mulai dari penulis lepas, desainer lepas, admin media sosial, data entry, dan pekerjaan lain yang bisa Anda pilih. Uang dari penghasilan itu pun bisa Anda tabung untuk masa depan. Ada banyak tips menabung ala ibu rumah tangga yang bisa Anda terapkan.


Itulah sepuluh tips menabung ala ibu rumah tangga untuk Anda. Tidak perlu langsung melakukan semuanya, Anda bisa melakukan hal yang sesuai dengan keinginan Anda dan dari yang menurut Anda mudah dulu.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat





Artikel Terkait
image image
Artikel Baru