Finansial

11 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Benar

Kabrina Rian Ferdiani-

06 Feb 2020

11 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik dan Benar

Keuangan adalah sebuah hal yang sangat penting Anda kelola. Mengelola keuangan memang tidak akan semudah seperti yang Anda lihat di televisi ataupun seminar. Namun bagaimanapun juga Anda tetap harus berusaha untuk mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Sebenarnya mengelola keuangan ada banyak cara. Anda tentu harus memilih cara manakah yang paling sesuai untuk Anda. Beberapa faktor seperti seberapa besar gaji Anda, seberapa besar pengeluaran Anda, apa saja tanggungan Anda, hingga rencana kedepan Anda akan menentukan bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan. Berikut adalah cara mengatur keuangan bulanan yang tepat untuk Anda.

 

Baca juga: 7 Langkah Jadi Womenpreneur yang Sukses


11 Cara Mengelola Keuangan yang Baik

 

1. Buatlah anggaran keuangan

Membuat anggaran adalah salah satu cara agar uang dapat Anda gunakan dengan tepat. Usahakan selalu membuat skala prioritas. Skala prioritas akan menghindarkan Anda membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Selain itu anggaran keuangan akan memberi gambaran seberapa besar pengeluaran bulanan Anda.

 

2. Lunasi hutang Anda

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar adalah dengan tidak memiliki hutang. Berhutang memang tidak ada salahnya tetapi hutang akan membuat keuangan Anda tidak akan bertumbuh dan justru terbebani. Jika memang Anda harus berhutang maka Anda harus memperhatikan besaran bunga dan juga jangka waktu melunasi hutang Anda tersebut.

 

3. Bayangkan Anda di masa tua

Ingin seperti apakah Anda dimasa tua nanti akan menentukan arah pengelolaan keuangan Anda. Apakah Anda ingin hidup sederhana di desa atau Anda ingin masa tua Anda dihabiskan dengan berlibur semuanya membutuhkan perencanaan keuangan yang matang. Perencanaan keuangan harus dimulai dari pengelolaan keuangan yang baik.

 

4. Siapkan asuransi

Cara mengatur keuangan di masa sulit salah satunya adalah dengan menyiapkan dana khusus untuk asuransi. Dengan asuransi Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan. Namun Anda perlu memilih asuransi yang terpercaya, mudah dalam melakukan pencairan dana, serta premi yang ringan sesuai kemampuan.

 

5. Investasikan uang Anda

Menginvestasikan uang adalah suatu keharusan di masa kini. Investasi saat ini dapat Anda lakukan dengan nominal yang relatif rendah. Selain itu saat ini Anda juga bisa memilih cukup banyak pilihan produk investasi.

Investasi memiliki beberapa macam mulai dari yang memiliki risiko rendah hingga tinggi. Investasi akan memberikan keuntungan untuk Anda dimasa depan.



 

6. Simpan uang receh

Jangan pernah sepelekan uang receh yang Anda miliki. Anda bisa memanfaatkan celengan agar Anda bisa menyimpan uang receh Anda. Tanpa terasa uang receh yang Anda kumpulkan dapat Anda gunakan untuk keperluan tersier Anda. 

 

7. Jangan lupa menabung

Menabung memang sangatlah penting dalam mengelola keuangan dengan benar. Sepertinya semua orang sudah tahu mengenai pentingnya menabung. Tetapi satu hal yang penting adalah Anda sebaiknya tidak menyimpan uang terlalu banyak dalam tabungan.

Hal tersebut adalah karena uang Anda akan termakan inflasi. Investasi adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan ketika mengelola keuangan Anda.

 

8. Pisahkan berbagai kebutuhan

Pada dasarnya Anda dapat membagi kebutuhan Anda berdasarkan waktunya seperti jangka pendek, menengah, dan masa depan.  Kebutuhan jangka pendek tentu harus Anda utamakan dalam pemenuhannya tetapi Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan masa depan Anda.

 

9. Catat keuangan bulanan

Pencatatan keuangan bulanan Anda akan membantu Anda mengevaluasi pengelolaan keuangan Anda. Anda akan mengetahui sektor mana saja yang masih bisa Anda hemat dan sektor mana yang lebih bisa Anda prioritaskan.

 

10. Kendalikan diri

Pikiran dan psikologi Anda dalam mengelola uang sangatlah penting untuk diperhatikan. Ada banyak orang yang sangat boros ketika sedang mendapatkan banyak uang. Pada kasus seperti itu sebenarnya pikiran dan psikologi orang yang lebih berperan dalam mengelola keuangan.

Anda harus bisa menahan diri mengendalikan berbagai keinginan Anda. Pahami lagi mengenai keinginan dan kebutuhan.

 

11. Kunjungi konsultan keuangan

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa pengelolaan keuangan satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda. Maka dari itu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan seseorang yang lebih ahli. Pasalnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengelolaan keuangan seseorang. Konsultan keuangan dapat memberikan saran-saran yang dapat memperbaiki pengelolaan uang Anda.


Mengelola Keuangan Menurut Orang Sukses

Warren Buffet yang merupakan pria paling kaya pada nomor tiga pada tahun 2015 mengatakan Anda harus menggunakan uang di bawah pendapatan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki pengeluaran yang sama besar atau bahkan lebih besar dari gaji Anda maka keuangan Anda akan hancur cepat atau lambat. Anda tidak akan bisa mengalokasikan uang Anda untuk menabung, asuransi, atau bahkan investasi.

Jack Ma yang merupakan seorang pengusaha sukses mengatakan jika Anda harus merencanakan masa depan Anda dengan matang. Sukses yang diraih oleh Jack Ma merupakan sesuatu yang sudah direncanakannya sejak lama. Banyak orang yang terlalu fokus akan hari ini dan melupakan masa depan.

Carlos Slim yang merupakan pengusaha besar asal Amerika Selatan berpendapat jika Anda harus berusaha mengembangkan atau menumbuhkan uang yang Anda miliki. Ada banyak orang yang memiliki tujuan untuk bisa hidup dari pertumbuhan uang yang Anda miliki saat ini.

Memang uang bukanlah segalanya dalam hidup. Namun cara mengelola keuangan yang tepat akan membantu Anda untuk menata hidup lebih baik. Mengatur keuangan sejak dini akan membantu Anda menyiapkan segala sesuatunya di masa depan. Selain itu Anda juga bisa memastikan kehidupan Anda dapat berjalan dengan baik untuk dirimu, bahkan tidak hanya Anda sendiri tetapi juga orang terdekat.

 

Baca juga: 10 Kesalahan Pengelolaan Keuangan saat Berumur 20-an


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru