Gaya Hidup

15 Kualitas Kepemimpinan yang Dimiliki Pemimpin Hebat

Kabrina Rian Ferdiani-

21 Sep 2020

15 Kualitas Kepemimpinan yang Dimiliki Pemimpin Hebat

Kepemimpinan adalah keterampilan yang digunakan di setiap organisasi di setiap tingkatan. Eksekutif, manajer, dan kontributor tingkat tinggi semuanya menggunakan kepemimpinan untuk mendorong aktivitas dan proyek ke depan. Baik Anda memimpin tim atau rapat, mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang menjadikan Anda pemimpin yang efektif adalah tujuan yang dapat Anda perjuangkan di tahap mana pun dalam karier Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai kualitas yang menjadi pemimpin hebat dan cara untuk meningkatkan soft skill Anda.


Baca juga: Ingin Mencapai Kebebasan Finansial? Lakukan 11 Kebiasaan ini


Kualitas Kepemimpinan yang Dimiliki Pemimpin Hebat

Meskipun ada banyak kualitas berbeda yang dapat berkontribusi pada seorang pemimpin yang hebat, ada beberapa kualitas umum yang dapat membantu saat mengembangkan keterampilan kepemimpinan:

Bertanggung jawab

Penting bagi para pemimpin untuk menahan diri dan timnya bertanggung jawab atas pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Kepemilikan adalah bagian penting dari kepemimpinan.

Berani

Pemimpin harus memiliki keberanian dalam banyak hal, seperti mengoreksi perilaku atau membuat keputusan yang tidak populer.

Komunikator yang efektif

Berkomunikasi dengan cara yang jelas dan positif menciptakan jalur bagi seluruh tim, proyek, atau pertemuan yang Anda pimpin.

Empati

Penting bagi para pemimpin untuk memahami bagaimana perasaan orang-orang di sekitar mereka tentang proyek, keputusan, moral dan banyak lagi.

Fleksibel

Bekerja dengan tim berarti tugas, tujuan, dan tanggung jawab akan bergeser. Seorang pemimpin yang fleksibel mampu menyesuaikan dan mempertahankan kepemilikan tim, proyek, atau rapat yang ada.

Fokus

Menjelaskan tujuan dengan jelas akan membantu tim pemimpin lainnya menjadi efisien dan fokus.

Rendah hati

Pemimpin hebat mengakui kesalahan mereka dan meninggikan orang di sekitar mereka. Kerendahan hati sangat penting saat memimpin tim.

Inovatif

Pemimpin harus mampu mengembangkan ide, menyaring ide orang lain, memecahkan masalah dan menyelesaikan banyak tugas lain yang membutuhkan inovasi dan kreativitas.

Bergairah

Tim dimotivasi oleh dorongan untuk mencapai tujuan bersama. Pemimpin tim ini harus bersemangat tentang tujuan tersebut, menciptakan persatuan di antara tim mereka untuk bekerja sama.

Sabar

Kesalahan, miskomunikasi, dan kegagalan tidak bisa dihindari. Penting bagi para pemimpin untuk bersabar melewati masa-masa ini.

Pemecah masalah

Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah memungkinkan tim untuk melewati rintangan dengan gangguan minimal.

Tangguh

Pemimpin juga harus memikul beban untuk meningkatkan apa yang mereka miliki. Ini mungkin berarti membuat proses baru, merekrut orang baru atau mengubah status quo.

Penuh Hormat

Pemimpin yang hebat memperlakukan tim mereka dengan hormat, mendapatkan rasa hormat sebagai balasannya.

Transparan

Bersikap terbuka dan jujur ​​membuat pekerjaan lebih efisien dan menyenangkan.

Percaya

Kepemimpinan membutuhkan pendelegasian - mempercayai tim mereka untuk menyelesaikan apa yang ditugaskan kepada mereka dengan keunggulan menghasilkan moral yang positif dan saling menghormati.

Ini hanyalah beberapa kualitas penting yang ditemukan pada pemimpin hebat. Meskipun ini semua adalah keterampilan lunak atau "keterampilan orang", memiliki keterampilan teknis yang kuat di industri Anda juga diperlukan saat mengambil posisi kepemimpinan.


Bagaimana meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda

Mempelajari soft skill tidak semudah mempelajari keterampilan teknis. Meskipun membutuhkan waktu dan latihan, mengembangkan kualitas yang membuat Anda menjadi pemimpin yang hebat adalah mungkin. Berikut adalah beberapa tip untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas kepemimpinan Anda:

Identifikasi gaya kepemimpinan Anda

Meskipun Anda akan menggunakan gaya kepemimpinan yang berbeda dalam situasi yang berbeda, akan sangat membantu jika Anda menentukan bagaimana Anda ingin memimpin tim, proyek, atau rapat Anda.

Tentukan area kekuatan dan area untuk perbaikan

Pertimbangkan beberapa kualitas yang telah Anda asah dan yang mungkin perlu Anda fokuskan. Meminta umpan balik profesional dari kolega atau mentor terpercaya dapat membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang mungkin Anda lewatkan.

Tetapkan tujuan untuk mendapatkan keterampilan

Menetapkan tujuan pribadi untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda dengan mempraktikkan kualitas pemimpin yang hebat dapat memberikan kerangka kerja yang terfokus.

Temukan seorang mentor

Mengidentifikasi seseorang yang menurut Anda merupakan pemimpin hebat dan tindakannya ingin Anda tiru akan sangat membantu. Meminta mereka untuk menjadi mentor Anda dapat membantu Anda belajar dari mereka dan mengadopsi kualitas yang membuat mereka efektif.

Sabar

Menjadi pemimpin yang hebat membutuhkan waktu berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun. Beberapa orang mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk menjadi pemimpin yang hebat. Bersabarlah dan biarkan diri Anda melakukan kesalahan. Pemimpin yang hebat membuat banyak kesalahan, belajar darinya dan meningkat seiring waktu.


Baca juga: Punya Gaji Besar Bukan Berarti Bisa YOLO, ini Alasannya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru