Bisnis

Finansial

3 Bisnis Online Bisa Jadi Alternatif Menambah Penghasilan

Paskalia-

09 Sep 2019

3 Bisnis Online Bisa Jadi Alternatif Menambah Penghasilan

Sekarang ini jika harus ditanya bisnis apa yang paling menguntungkan, maka hampir semua orang setuju jika bisnis online adalah jawabannya. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya, jumlah pebisnis online saat ini semakin banyak saja. 

Untuk Anda yang tertarik membuka bisnis online, inilah 3 alternatif bisnis online yang bisa Anda pilih sebagai sumber penghasilan.


Baca juga: 11 Tips Sukses Bangun Bisnis dari Nol


1. Menjadi buzzer

Sebelum dikenal dalam dunia perpolitikan, buzzer sebenarnya sejak dulu sudah dipraktikkan oleh perusahaan untuk membuat kampanye yang dilakukannya sukses besar. Caranya adalah dengan menyewa jasa beberapa orang yang memiliki ketentuan tertentu, untuk mempromosikan kampanyenya.

Buzzer lebih dikenal sering berada di Twitter. Tugas mereka adalah membuat viral kata kunci yang sudah ditentukan oleh sebuah perusahaan sehingga menaikkan awareness dari brand yang mereka miliki. Anda yang sering bermain Twitter, pasti sering melihat kerja buzzer.

Menjadi buzzer memiliki keuntungan mendapatkan uang. Semakin sukses kampanyenya, maka pemasukan yang Anda dapatkan pun akan semakin besar. Namun, untuk menjadi buzzer,Anda perlu mengikuti ketentuan seperti memiliki pengikut minimal 1.000 atau 10.000. Syarat yang diberlakukan oleh perusahaan bisa berbeda-beda.

Masih banyak perusahaan yang membutuhkan jasa buzzer, jadi Anda bisa terus menaikkan jumlah pengikut agar bisa bekerja sama dengan mereka. 


2. Berjualan dengan memanfaatkan internet

Bisnis online yang sedang marak dilakukan adalah berjualan dengan memanfaatkan internet. Banyak keuntungan yang Anda dapatkan ketika berjualan online. Anda tidak perlu membuka toko fisik yang memakan modal sangat besar, Anda tidak perlu memproduksi barang sendiri karena barang bisa Anda dapatkan dari penjual lain, Anda sangat bisa melakukan kegiatan bisnis ini dari rumah. 

Anda perlu menyediakan jaringan internet yang bagus untuk bisa lancar melakukan bisnis yang sangat menjanjikan ini. Untuk pertama kali memulai, modal yang diperlukan tidak besar. Anda bisa sekali memulainya dari bawah, setelah itu bisa menjadi lebih besar ketika Anda berhasil meraih keuntungan yang berlimpah.

Anda bisa membuka bisnis digital ini mulai dari kebutuhan utama seperti makanan, pakaian, dan penawaran jasa.


3. Menjual jasa digital

Bisnis online yang bisa Anda praktikkan berikutnya adalahnya menjual jasa digital. Syarat untuk bisa melakukan bisnis ini adalah Anda perlu memiliki kemampuan yang biasanya dicari oleh perusahaan atau pelaku bisnis lain seperti menulis konten, desain grafis, membangun situs web, membangun aplikasi untuk ponsel pintar, dan berbagai macam jasa lainnya yang sangat dibutuhkan saat ini.

Asah terus kemampuan Anda dengan mengikuti berbagai macam pelatihan. Terus tambah pengetahuan yang menambah nilai untuk kinerja Anda nantinya, sehingga perusahaan pun akan membayar Anda dengan layak.


Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Entrepreneur?


Bisnis online paling menjanjikan di tahun 2019

Bagi Anda yang ingin merintis bisnis online dan masih belum memutuskan apa yang hendak Anda jual, berikut ini adalah bisnis online yang bisa Anda jadikan referensi.


1. Bisnis Fashion Online

Bicara soal fashion memang tidak akan ada matinya. Untuk itu bisnis fashion online bisa jadi pilihan tepat bagi Anda karena semua orang membutuhkan pakaian. Selain itu, modal yang dikeluarkan untuk merintis bisnis fashion online tidak terlalu besar. Anda bisa menekan modal dengan cara mengambil barang dagangan secara kulakan. 

Namun, bila Anda tidak mau langsung menjadi seller dan ingin menjadi reseller, maka boleh-boleh saja. Dengan menjadi reseller, Anda pun tetap bisa mendapatkan keuntungan.


2. Menjadi Youtuber

Fakta menunjukkan semakin banyak orang Indonesia yang menjadi youtuber. Tidak mengherankan profesi ini banyak yang menjalankannya karena mereka mendapatkan penghasilan besar. Bisnis ini pun yang membuat pemasukan Youtube semakin moncer. Youtube pun tidak ragu membayar youtuber yang kontennya sudah dimonetisasi.

Agar akun Youtube milik Anda bisa menghasilkan uang, Anda perlu melakukan pengajuan monetisasi. Tentu ada syarat-syarat yang perlu Anda penuhi agar Youtube menyetujui permintaan Anda. Apabila syaratnya dipenuhi dengan baik, Anda perlu memproduksi video yang berkualitas yang akan ditonton oleh jutaan orang. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.


3. Jasa Penerjemah

Bisnis online yang hits saat ini salah satunya adalah penyedia jasa penerjemah. Anda yang punya kemampuan berbahasa selain bahasa Indonesia, tentu bisa memanfaatkan hal ini. Banyak sekali perusahaan dan pelaku bisnis lain yang membutuhkan jasa penerjemah. Kebanyakan memang dilakukan dalam bentuk pekerja lepas, tapi penghasilannya lumayan besar karena yang namanya menerjemahkan itu tidak mudah.

Ada perusahaan yang berani membayar per jam untuk jasa Anda itu. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda. Bahasa asing pun tidak hanya bahasa Inggris. Anda bisa menambah kemampuan bahasa Arab, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Mandarin yang paling sering dibutuhkan di Indonesia.

Jenis pekerjaannya pun bermacam-macam, Anda bisa menjadi penerjemah dokumen resmi, penerjemah buku, penerjemah ketika sedang ada konferensi luar negeri, dan lain sebagainya.


4. Desain Grafis

Desain grafis adalah bisnis online yang bisa digeluti Anda yang sangat ahli dalam bidang ini. Kemajuan teknologi membuat profesi ini dibutuhkan di banyak perusahaan. Kebanyakan untuk tujuan promosi, tapi tidak menutup kemungkinan untuk keperluan lainnya yang masih berkaitan dengan kemampuan Anda itu.

Anda harus mahir dalam menjalankan software desain, lalu harus memiliki kreativitas yang tinggi. Jadi, Anda perlu terus latihan untuk menaikkan kemampuan Anda ini.


Itulah bisnis online yang bisa Anda jajal. Berbisnis saat ini memang punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Jadi, jangan ragu untuk berbisnis dari sekarang.


Baca juga: 5 Ide Bisnis Kekinian yang Mudah dan Menjanjikan


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru