Bisnis

Gaya Hidup

5 Ide Bisnis Kekinian yang Mudah dan Menjanjikan

Paskalia-

02 Aug 2019

5 Ide Bisnis Kekinian yang Mudah dan Menjanjikan

Banyak orang bercita-cita membuka bisnis sendiri. Namun, sayangnya mereka merasa tak siap untuk memulainya. Padahal berbisnis bisa dimulai dari ide sederhana. Berikut ini ada beberapa ide bisnis kekinian yang bisa dijadikan inspirasi.


5 Ide Bisnis Kekinian Yang Mudah Dijalankan

Belum punya ide bisnis kekinian untuk dijadikan usaha? Sebenarnya ada banyak ide bisnis kekinian yang bisa dikerjakan sendiri dan tidak memerlukan karyawan. 

Beberapa bisnis bahkan bisa dijalankan dengan mudah. Bisnis seperti inilah yang cocok dan menguntungkan bagi para pemula. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa memulai dari berbagai ide bisnis kekinian di bawah ini. 



1. Bisnis Aksesori 

Ide bisnis kekinian yang pertama adalah membuat kerajinan tangan. Jika Anda memiliki minat dan kemampuan mengubah benda-benda sederhana menjadi rangkaian aksesori handmade yang cantik, maka ide ini sangat cocok buat Anda. 

Aksesorinya tidak terbatas pada aksesori orang dewasa saja, melainkan juga aksesori untuk anak-anak, seperti bandana, jepit rambut, gelang, kalung dan sebagainya. 

Beberapa produk handmade bahkan bisa dibuat hanya dengan sedikit bahan. Misalnya untuk membuat ribbon necklace, bahan yang dibutuhkan hanyalah rantai kalung dan pita kain. 

Baca Juga: Bagaimana Memanfaatkan Pinjaman Modal Usaha?

Cara membuatnya pun mudah. Anda hanya perlu memasukkan pita ke satu lubang rantai paling ujung, lalu kemudian tarik pita tersebut sekitar satu jengkal kemudian ikatkan pita pada rantai dengan simpul mati.

Lalu, sisanya Anda bisa mengulirkan kain pita ke dalam seluruh lubang rantai sampai ujung. Jika sudah diulirkan sampai ke ujung, ikatlah kain pita dengan simpul mati dan potonglah jika kain pita masih menyisa. Selesai. Mudah bukan?


2. Freelancer

Berbisnis tidak melulu tentang menjual produk, tapi juga menjual jasa. Bagi Anda yang tidak suka memproduksi barang-barang untuk dijual, Anda bisa menggantinya dengan keahlian atau bakat yang Anda miliki.

Salah satu cara untuk menjual jasa adalah dengan menjadi seorang pekerja lepas (freelancer). Bekerja sebagai seorang freelancer akan memungkinkan Anda bekerja dari rumah dan menerima pekerjaan secara daring. Dengan demikian, Anda bisa mendapat penghasilan tanpa harus berada jauh dari keluarga. 

Untuk menjadi seorang freelancer, Anda bisa memulainya dari internet. Caranya, Anda hanya perlu menawarkan jasa lewat media sosial atau situs freelance online seperti fastwork.id, sribulancer.com, dan lain sebagainya. Ide bisnis kekinian yang menarik, bukan?


3. Tutor Online

Bagi Anda yang suka mengajar, bekerja sebagai tutor online adalah pilihan ide bisnis kekinian yang tepat. Saat ini, ada sejumlah perusahaan startup yang mencari tutor online, seperti Ruangguru, Zenius, Quipper dan lain sebagainya.

Namun, memberikan pengajaran online melalui portal web tidak bisa dilakukan tanpa adanya fasilitas yang memadai seperti piranti komputer yang berfungsi dengan baik, koneksi internet yang lancar dan dukungan kamera digital. 

Tugas tutor online adalah melakukan proses belajar mengajar dengan konsep e-learning. Semua proses pengajaran dilakukan melalui media aplikasi atau situs yang tersedia. Nanti ada ruang kelas, penjelasan yang dilakukan secara online, dan soal-soal pelajarannya pun tersedia online.

Aplikasi tersebut dirancang untuk memudahkan anak-anak atau siapapun mengakses materi pelajaran secara luas. Beberapa PTN dan PTS Indonesia juga sudah menerapkan e-learning web based dalam proses belajar-mengajarnya. Hal ini tentu sangat praktis.

Dalam proses belajar mengajar itulah tutor online mengambil bagian. Tutor harus menyiapkan slide yang berisi penjelasan materi pelajaran berikut contoh-contoh penyelesaian soal yang mudah dipahami oleh siswa. 

Namun, karena kebanyakan proses e-learning berjalan satu arah, maka tutor punya kewajiban untuk menyampaikan materi sebaik mungkin agar siswa tetap dapat mengerti pelajaran tanpa perlu bertanya. 

Masalahnya, siswa yang menjadi peserta e-learning tidak diberikan akses untuk bertanya. Berbeda halnya dengan siswa di sekolah yang bisa bebas bertanya kepada guru selama proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) berlangsung. Berani ambil?

 

Baca Juga: Tips Investasi Ibu Rumah Tangga Anti Ribet


4. Makanan Rumahan

Ide bisnis kekinian yang berikutnya adalah berjualan makanan rumahan. Bisnis ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang suka memasak. Anda bisa membuka catering atau berbisnis makanan kemasan seperti rendang kemasan, kue kering, keripik, dan lain sebagainya. 

Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa bereksperimen dengan aneka sajian kuliner kekinian. Prospeknya sangat bagus, terlebih saat menjelang hari raya keagamaan. 

Jika memilih berbisnis cemilan, Anda bisa memulainya dengan cemilan sederhana, seperti keripik. Namun, dalam menjual keripik, lezat saja tak cukup. Keripik Anda juga perlu memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari produk keripik lain di pasaran. 

Jika Anda punya modal lebih, tak ada salahnya Anda membuka warung sederhana di rumah. Bisnis ini sangat bisa dilakukan ibu rumah tangga. Namun, untuk memulai bisnis ini, Anda harus pintar mengatur keuangannya. Jangan campurkan antara uang pribadi dengan uang hasil bisnis. Selain itu, Anda juga harus pintar bersikap di depan pembeli. Sapalah mereka dengan ramah agar mereka merasa senang dan mau datang kembali.


5. Bisnis Mainan Anak-Anak

Ini adalah salah satu ide bisnis kekinian yang patut dicoba. Mainan dan anak kecil adalah adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Oleh karena itu, berbisnis mainan anak kecil akan memberikan Anda banyak keuntungan. 

Alasannya karena bisnis seperti ini memiliki target pasar yang jelas dan pemasarannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menjajakannya di dekat sekolah atau tempat-tempat rekreasi. Biasanya jika sedang musim liburan, omzet yang Anda peroleh bisa sangat besar apalagi jika Anda menjajakan mainan di dekat tempat rekreasi. 

Anda juga bisa memulainya dengan cara yang lebih sederhana, yakni membuat kolam bola. Anda hanya perlu membeli perlengkapan yang dibutuhkan seperti kumpulan bola dan sebagainya. Kemudian, tempatkan kolam bola tersebut di lokasi yang strategis dengan tarif per jam. 

Namun, jika Anda lebih tertarik untuk menjual mainan anak-anak seperti robot-robotan dan sejenisnya, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, Anda harus menentukan jenis mainan apa yang ingin Anda jual dan siapa target pasarnya.

Anak-anak berumur di bawah dua tahun biasanya lebih menyukai mainan yang berukuran besar. Oleh karena itu, Anda bisa menjual mainan berukuran besar untuk menarik perhatian anak-anak. 

Namun, tak ada salahnya jika Anda melengkapi toko dengan mainan-mainan yang berbeda ukuran. Dengan menyediakan berbagai jenis mainan akan memudahkan konsumen saat memilih mainan yang disukai dan cocok untuk anak-anaknya. Selain itu, hal tersebut juga akan memperbesar peluang Anda mendapatkan konsumen.


Itulah beberapa ide bisnis kekinian yang bisa Anda jadikan pilihan saat memulai usaha. Temukan ide yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda agar Anda bisa nyaman ketika mengerjakannya. 


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru