Bisnis

3 Ide Usaha Kecil Menguntungkan Tanpa Perlu Banyak Modal

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Apr 2021

3 Ide Usaha Kecil Menguntungkan Tanpa Perlu Banyak Modal

Membahas tentang ide-ide usaha kecil menguntungkan tentu sangatlah menarik untuk dikembangkan lagi. Banyak orang ingin memulai menjalankan usahanya sendiri namun terkadang modal menjadi penghalang utama.

Padahal ada banyak ide usaha yang bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan banyak modal pribadi. Berikut 3 usaha paling menarik untuk dicoba karena selain mudah, minim modal dan peluangnya cukup besar.


Baca juga: 5 Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet


Membuka Usaha Pencucian Motor, Mobil dan Karpet 

Salah satu usaha kecil menguntungkan yaitu membuka tempat pencucian sepeda motor, mobil ataupun karpet. Usahanya ini tidak membutuhkan skill khusus terpenting Anda telaten, hasil bersih, harga wajar dan pelayanan terbaik.

Siapkan tempat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tempat untuk memulai usaha kecil menguntungkan itu sendiri. Pastikan lokasinya strategis, mudah ditemukan dan cukup luas karena terkadang dibutuhkan tempat parkir kendaraan.

Agar lebih hemat disarankan untuk tidak menyewa tempat namun gunakan tempat yang memang sudah ada saja. Sehingga tidak terlalu terbebani di awal Anda membuka usaha pencucian ini.

Perhitungkan modal yang dibutuhkan

Sangat penting juga memperhitungkan berapa modal yang dibutuhkan karena memang harus menyediakan tempat saat mencuci. Terutama jika akan mencuci mobil tentu butuh tempat khusus sehingga harus disiapkan.

Perhitungkan juga modal untuk mengatur media airnya mungkin dibutuhkan pompa air, selang khusus dan masih banyak lainnya. Anda bisa mencari referensi terlebih dahulu soal kebutuhan modal sehingga memiliki gambaran.

Tentukan tarif jasanya

Sebagai rekomendasi usaha kecil menguntungkan tentu harus memperhatikan berapa tarif yang dipasang. Penting untuk diperhatikan jika tarif jasa pencucian di satu daerah dengan daerah lainnya bisa sangat berbeda.

Penting untuk melakukan survei tarif mencuci mobil berapa, cuci motor dan cuci karpet. Harga ini dapat dijadikan patokan agar tarif dikenakan untuk pelanggan tidak terlalu murah ataupun terlalu mahal.

Memperhatikan kebutuhan tenaga kerja

Sebelum memulai usahanya sebaiknya perhatikan dari awal tentang kebutuhan akan tenaga kerja nantinya. Apakah Anda yang akan mencuci sendiri, apakah membutuhkan bantuan orang lain, apakah diserahkan ke orang lain?

Jika dikelola sendiri berapa penghasilan yang akan diberikan kepada diri sendiri setiap harinya. Sedangkan kalau memakai jasa orang lain untuk membantu tentukan juga perkiraan biaya jasanya per hari.


Menjual Pakaian Preloved yang Masih Layak Dipakai 

Jika Anda menginginkan usaha kecil menguntungkan, ide selanjutnya adalah menjual pakaian preloved. Pakaian preloved adalah pakaian bekas yang masih layak pakai sehingga dapat dibeli dengan harga murah kemudian dijual lagi.

Bisnis ini sedang trend di kalangan masyarakat sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir karena peminatnya cukup tinggi. Banyak orang sayang harus membuang atau memberikan pakaian yang masih bagus begitu saja.

Sementara jika dibiarkan pakaian-pakaian tersebut akan membuat lemari menjadi penuh dan memang sudah tidak dipakai. Sedangkan diluar sana banyak orang ingin tampil keren dan membutuhkan pakaian layak dengan harga terjangkau.

Peluang seperti ini dapat dimanfaatkan menjadi usaha kecil menguntungkan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal. Membeli pakaian bekas jauh lebih murah daripada harus stock baju-baju baru untuk dijual lagi.

Cara mendapatkan baju bekasnya dapat dimulai dengan menanyakan dari orang-orang terdekat terlebih dahulu. Kumpulkan baju-baju dari mereka pastikan masih layak untuk dijual saja yang diambil.

Kemudian Anda bisa mencuci baju bekas tersebut, disetrika rapi sampai wangi kemudian diberi label lagi. Banyak orang mulai menyukai baju-baju preloved sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencari banyak pembeli.

Tips menjalankan usaha kecil menguntungkan satu ini dengan melakukan penawaran secara online maupun offline. Jika Anda berniat menjual online pastikan memberikan foto terbaik dan harus realpict sehingga lebih dipercaya.

Pastikan memberikan informasi dengan jujur atas keadaan barang untuk mendapatkan kepercayaan pada pembeli. Misalnya ada noda yang memang tidak bisa hilang, sedikit ada robekan atau hal lainnya terkait kondisi barang. 

Memberikan informasi secara jujur jauh lebih baik dan dihargai oleh pembeli karena dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan. Daripada penawaran terlalu berlebihan namun tidak sesuai dengan kondisi barang tentu sangat mengecewakan.

Jika Anda ingin menjual secara langsung sebagai usaha kecil menguntungkan maka tentukan target pasarnya. Agar hemat modal jangan langsung membuka toko besar namun tawarkan dari teman ke teman terlebih dahulu.


Baca juga: Macam-Macam Pinjaman Modal Usaha untuk Merintis Bisnis


Menjual Berbagai Makanan Titipan di Pagi Hari

Apakah Anda ingin memulai usaha kuliner tetapi tidak punya modal dan tidak memiliki skill membuat? Ide usaha kecil menguntungkan lainnya yaitu menjual berbagai makanan titipan sebagai peluang di pagi hari.

Ide bisnis satu ini sangatlah menarik karena Anda tidak harus menyediakan modal banyak namun cukup butuh tempat. Berikan penawaran kepada orang-orang untuk menitipkan makanan baik lauk pauk maupun kue.

Tugas Anda hanyalah menjual tanpa harus membuat sendiri dan tidak perlu membayar semua titipan tersebut. Setelah akan tutup barulah melakukan pembayaran atas barang-barang yang laku saja kepada orang yang titip.

Sudah banyak orang mencoba menjalankan usaha kecil menguntungkan terutama di kota-kota besar. Anda dapat melihat peluang yang ada di daerah sendiri sehingga dapat memprediksi produk apa kemungkinan laku banyak.

Seperti contoh di kota besar banyak orang mencari sarapan nasi bungkus di pagi hari sehingga sangat laris. Bisa juga menjual lauk pauk yang sudah dibungkus sehingga tidak perlu repot melayani.

Mulailah menawarkan ke orang-orang yang dikenal untuk mau menitipkan produk mereka kepada Anda. Usahakan untuk mencari tempat strategis sehingga tidak kesulitan pada saat menjual titipan dan mudah dijangkau konsumen.

Banyaknya ide-ide usaha sebenarnya menjadi peluang yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan keinginan Anda sendiri. Apapun usaha kecil menguntungkan yang akan dijalankan usahakan untuk selalu disiplin dan semangat menjalankannya.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru