Bisnis

3 Langkah Ampuh Mengembangkan Bisnis Online

Kabrina Rian Ferdiani-

27 Jan 2021

3 Langkah Ampuh Mengembangkan Bisnis Online

Kini banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis online karena merasa peluang untung lebih nyata. Memang bisnis secara online sudah terbukti mampu memberikan untung besar dengan catatan dijalankan sungguh-sungguh. Tanpa keseriusan atau ajang coba-coba maka bisa jadi dalam waktu dekat bisnis yang dijalankan akan gulung tikar alias bangkrut. 

Ketika sudah memulai maka kini saatnya untuk mengembangkannya. Mengembangkan pada dasarnya lebih sulit dibandingkan memulai. Karena saat mengembangkan banyak sekali permasalahan yang akan Anda hadapi dengan risiko besar. Ketika Anda berhasil melaluinya maka keberhasilan sudah ada di depan mata dengan segudang keuntungan. 

Anda yang sudah capek bekerja di kantor namun, dengan penghasilan minim bisa mencoba untuk memulai bisnis online. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh yakni dapat dilakukan dengan modal kecil. Ditambah jangkauan pemasaran yang luas sehingga membuat produk Anda mudah dikenal oleh khalayak umum dalam waktu cepat. 

Kini saatnya untuk Anda memulai bisnis secara online dari sekarang. Pemula yang belum berpengalaman bahkan bisa untuk ikut menjalankannya. Hanya saja harus terus belajar karena tantangan dan permasalahan juga sering muncul layaknya bisnis konvensional pada umumnya. Ketika berhasil maka bersiaplah untuk dapatkan untung berlipat. 


Baca juga: Kembangkan Bisnis dengan Pinjaman Modal Usaha dari Modal Rakyat


Fokus dan Pelajari Internet Marketing

Untuk dapatkan kesuksesan ketika mengembangkan bisnis online maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan fokus. Mengembangkan bisnis bukanlah ajang coba-coba yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Jika memang ingin berhasil dan mendapat banyak keuntungan maka fokuslah terlebih dahulu. Fokus untuk mengembangkan bisnis hingga besar. 

Memang fokus ini sekilas memang sepele namun, memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan usaha. Orang yang fokus cenderung untuk bekerja keras mengembangkan usaha tanpa terganggu oleh hal-hal yang tidak bermanfaat. Sehingga yang dipikiran hanya ada tekad dan keinginan untuk melakukan berbagai upaya guna mengembangkan bisnis secara optimal. 

Selain itu, terus mempelajari internet marketing juga penting untuk mendukung bisnis online Anda. Internet marketing pada dasarnya merupakan strategi pemasaran efektif untuk mempromosikan produk. Ini penting untuk dipelajari apalagi bisnis secara online semua bergantung pada internet. Dari mulai promosi item produk, transaksi, hingga proses pengiriman. 

Internet marketing ini juga bisa dianggap sebagai ujung tombak berhasil tidaknya sebuah bisnis. Persaingan yang ketat sekarang ini sudah seharusnya membuat Anda sadar bahwa marketing online ini sangat penting. Begitu luas pengetahuan di dunia marketing membuat Anda wajib untuk terus mempelajarinya bahkan ketika bisnis sudah berkembang. 


Baca juga: Tips‌ ‌Jitu‌ ‌Hadapi‌ ‌Kompetitor‌ ‌Bisnis‌ ‌Online‌


Pahami Risiko dan Cara Mengatasinya 

Langkah selanjutnya yang wajib Anda lakukan guna mengembangkan bisnis online adalah dengan memahami beberapa risikonya. Risiko memang hal mutlak yang selalu mengintai ketika menjalankan usaha baik online atau offline. Namun, ketika Anda memahaminya tentu saja bisa memperkecil besarnya risiko kerugian yang akan dialami. Mengingat tingginya risiko ketika berbisnis. 

Memahami ini termasuk bagaimana Anda memperhitungkan sebelum kerugian menimpa. Serta cekatan mengambil solusi ketika masalah sudah tiba. Tentunya dengan berbagai strategi agar risiko merugi tidak terjadi.

Atau setidaknya terjadi dengan persentase kerugian kecil. Ini sebagai kemampuan mutlak yang diperlukan oleh seorang pengusaha baik pemula atau profesional. 

Salah satu risiko yang tidak berbisnis yang tidak bisa dihindari adalah adanya persaingan ketat. Seiring maraknya orang menjalankan bisnis online maka persaingannya menjadi ketat. Cara mudah untuk memperkecil risiko agar bisnis tetap berjalan adalah dengan memberikan terobosan terbaru terkait produk. Dengan begitu konsumen tetap tertarik untuk memilih produk Anda. 

Kemungkinan risiko lainnya adalah menurunnya kepercayaan konsumen ketika barang dipesan habis. Tidak dapat dipungkiri jika ini sering dialami oleh pelaku bisnis secara online. Secara tidak langsung konsumen akan kecewa dan besar kemungkinan enggan untuk mampir ke lapak Anda. Cara tepat mengatasinya adalah dengan memastikan stok produk aman untuk jangka panjang. 

Yang paling sering terjadi dan hampir semua pelaku bisnis online mengalaminya adalah risiko adanya penipuan. Bagi penjual penipuan ini berasal dari pembeli. Karena sistem online maka besar kemungkinan pembeli melakukan penipuan hingga membuat penjual rugi besar. Seperti memalsukan bukti transfer dan motif kejahatan lainnya. 


Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Uang Menggunakan Media Sosial


Konsistensi Sebuah Kunci Keberhasilan Bisnis Online

Langkah yang paling penting dan utama adalah konsistensi Anda ketika melakukan usaha. Ini menjadi cara mengembangkan usaha paling efektif dan tidak boleh diremehkan. Meski sederhana namun, ketika Anda tidak konsisten maka kerugian yang justru akan dialami. Konsisten yang dimaksud adalah terus-menerus berusaha mengembangkan dengan kebijakan tepat. 

Ada beberapa tips agar Anda bisa konsisten menjalankan bisnis online. Di antaranya adalah dengan menghindari berpikir negatif. Berpikir negatif hingga timbul rasa takut ternyata memiliki efek buruk bagi bisnis.

Anda bisa saja ragu untuk melakukan banyak hal. Dan efek buruknya bisa membuat Anda menjadi pesimis bahkan ketika menghadapi persaingan. 

Tips selanjutnya adalah dengan tidak menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Kebiasaan buruk ini memang tidak boleh ada pada diri seorang pengusaha. Selain merugikan, menunda pekerjaan bisa menyebabkan bisnis Anda sulit berkembang. Terlebih ketika kompetitor sudah lebih jauh melesat dengan bisnis sejenis. 

Jangan lelah untuk selalu belajar menjadi kunci keberhasilan bisnis online. Ketika Anda selalu meng-upgrade pengetahuan dalam banyak hal maka secara tidak langsung akan memberi efek baik bagi perkembangan bisnis. Karena pada dasarnya ilmu bisnis ini sangat luas terlebih jika menyangkut pemasaran produk. 

Cara meng-upgrade ini bisa dilakukan dengan sering bertukar pikiran dengan pengusaha lain. Anda juga bisa mendapat banyak relasi yang tentunya baik bagi perkembangan usaha. Dengan begitu usaha akan jauh lebih mudah berkembang. Dan bukan sebuah kemustahilan jika Anda bisa sukses ketika berhasil mengembangkan bisnis online.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru