Gaya Hidup

4 Alasan Angkatan 2020 adalah Angkatan yang Hebat

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Jun 2020

4 Alasan Angkatan 2020 adalah Angkatan yang Hebat

Kelulusan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh pelajar maupun mahasiswa. Hari kelulusan menjadi momentum untuk mengakhiri sebuah babak sekaligus memulai lembaran baru dalam hidup.

Hari kelulusan kemudian diikuti oleh wisuda. Sebuah ritual mengharukan dan menjadi tandak puncak kelulusan.

Namun, ada yang berbeda dengan angkatan 2020. Angkatan 2020 tidak bisa menikmati momen kelulusan seperti angkatan sebelum-sebelumnya. Wisuda pun dilakukan jarak jauh karena pandemi virus corona yang belum kunjung reda.

Namun, hal ini bukanlah menjadi pembeda kualitas angkatan 2020 dengan angkatan lainnya. Justru angkatan 2020 adalah angkatan yang hebat. Berikut lima alasannya.


Baca juga: Ide Bisnis Terbaik bagi Fresh Graduate untuk Mengasah Passion


Angkatan 2020 Mampu Melewati Tantangan yang Lebih Besar

Pandemi Virus Corona memberikan tantangan yang lebih besar untuk angkatan 2020. Peraturan untuk jaga jarak dan tetap berada di rumah membuat angkatan ini harus menghadapi tantangan yang berbeda dari angkatan sebelumnya.

Angkatan tahun 2020 tidak bisa melakukan bimbingan skripsi secara langsung dengan dosen pembimbing. Tentu ini menimbulkan permasalahan komunikasi. Tidak ada yang mampu menggantikan pertemuan langsung.

Bagi pelajar atau mahasiswa yang berada di kota dan memiliki jaringan internet yang baik, pelajaran secara daring mungkin bukan menjadi masalah. Namun, tentu ini adalah tantangan yang besar bagi mereka yang tinggal di desa dan pedalaman dengan akses internet yang minim.


Angkatan 2020 Berjuang di Tengah Pandemi

Angkatan 2020 adalah angkatan yang kuat karena mereka berjuang di tengah pandemi. Mereka tidak hanya berjuang untuk belajar dan lulus tetapi juga berjuang untuk menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah mewabahnya virus corona.

Corona bukan satu-satunya tantangan anak muda ini. Banyak pelajar yang rela berjalan jauh hingga memanjat pohon untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Semua ini dilakukan agar mereka bisa mengikuti proses belajar dan mengerjakan tugas akhir dengan lancar.

Tidak semua pelajar dan mahasiswa memiliki tempat yang nyaman untuk belajar. Jika biasanya mereka bisa belajar dengan aman di sekolah atau di kampus, kali ini berbeda.

Banyak dari angkatan 2020 yang harus beradaptasi dengan belajar di rumah. Mereka harus berbagi ruang dengan anggota keluarga yang lain. Jika biasanya mereka bisa belajar dengan konsentrasi yang baik di sekolah, belum tentu mereka bisa fokus belajar di rumah dengan banyaknya distraksi.

Meskipun begitu, angkatan 2020 tetap berusaha untuk bisa belajar.


Angkatan 2020 Beradaptasi dengan Memanfaatkan Teknologi

Saat melakukan social distancing maupun physical distancing, teknologi menjadi alat untuk tetap bisa berkomunikasi. Kita bisa tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain walaupun tidak bisa bertatap muka.

Teknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam bersosialiasi. Angkatan 2020 beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas. Belajar dengan memanfaatkan berbagai aplikasi membuat angkatan ini semakin akrab dengan perkembangan teknologi.

Dengan perubahan pola hidup, generasi ini bisa memanfaatkan teknologi untuk berbagai macam tantangan pada masa yang akan datang. Angkatan 2020 menjadi generasi kunci perkembangan teknologi di masa depan.


Jarak Tak Mematahkan Semangat Angkatan 2020 untuk Lulus

Jarak ternyata tidak bisa mematahkan semangat angkatan ini untuk lulus, baik dari bangku sekolah maupun kuliah.

Dalam keadaan jauh dengan teman-teman, angkatan ini harus berjuang sendirian tanpa sahabat-sahabat di sekitar. Meskipun tidak ada sahabat yang menghibur dan menguatkan, angkatan 2020 terbukti menjadi angkatan yang tegar.

Jarak yang tercipta antara mereka dengan para guru dan dosen membuat angkatan 2020 harus berjuang lebih kuat untuk belajar. Secara mandiri, angkatan 2020 tetap bersemangat ketika proses belajar mengalami kendala selama pandemi.

Banyak mahasiswa yang tidak bisa kembali ke rumah selama pandemi menerjang. Saat hari raya pun mereka harus puas bersilaturahmi dengan keluarga melalui telepon atau video call. Meski harus menahan rindu, angkatan 2020 tetap bisa menyelesaikan tanggung jawab mereka dengan baik.


Tidak adil jika ada yang menyebut angkatan 2020 adalah angkatan giveaway. Setiap generasi atau angkatan memiliki tantangan yang berbeda. Keempat hal di atas adalah bukti yang cukup bahwa angkatan ini adalah angkatan yang hebat.


Baca juga: Siap Tidak Siap, Ini Tantangan Finansial di Era ‘Normal Baru’

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru