Finansial

4 Cara Menghilangkan Kekhawatiran Tentang Uang

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Jun 2020

4 Cara Menghilangkan Kekhawatiran Tentang Uang

Tidak dapat dipungkiri bahwa menghilangkan kekhawatiran tentang uang bukan perkara yang mudah. Perasaan tidak tenang yang timbul berkaitan dengan uang adalah ketakutan tidak lagi memilikinya di mana berarti kebutuhan hidup tak bisa terpenuhi. Situasi semacam ini menimbulkan beragam dampak negatif sehingga harus segera dihentikan.


Baca juga: Yuk, Jadi Milenial Cerdas Finansial Biar Makmur Sampai Tua!


Dampak Buruk Terlalu Mencemaskan Uang

Banyak orang yang belum menyadari efek buruk – bahkan fatal – dari kecemasan berlebih seperti demikian sehingga membiarkannya terus berlangsung. Apa saja dampak negatif tersebut?

Selalu Merasa Stres

Hal yang pasti kamu alami saat memiliki kecemasan terkait dengan uang adalah selalu merasa stres. Kamu akan sulit merasa santai karena terus diburu oleh kekhawatiran. Bila situasi semacam ini terus berlanjut, maka apa yang akan terjadi kemudian? Tidak lain rasa tertekan yang dapat menjadi pemicu tindakan-tindakan gegabah dan tidak rasional.

Memforsir Diri Terlalu Berlebihan

Mengapa menghilangkan kekhawatiran tentang uang sangat penting dilakukan? Efek negatif lainnya adalah membuatmu jadi memforsir diri untuk dapat menghasilkan lebih banyak lagi uang. Konsep seperti ini tentu bukan sesuatu yang baik untuk dipraktikkan, bukan? Tidak akan baik untuk kesehatan fisik maupun psikismu.

Hidup Terlalu Pelit 

Kamu mungkin merasa dirimu sedang berhemat, padahal sebenarnya kamu bersikap terlalu pelit. Setiap kali harus mengeluarkan uang untuk suatu keperluan, kamu akan berpikir keras dan lebih banyak memilih tidak melakukannya. Bahkan, kamu menjadi kikir pada diri sendiri sehingga kebutuhan pokok sekalipun banyak yang tidak terpenuhi.


Cara Menyingkirkan Kekhawatiran Tentang Uang

Ketika kamu sudah mulai merasakan hingga menunjukkan dampak di atas, besar kemungkinan orang-orang di sekitarmu akan memilih untuk menghindarimu. Kecemasanmu yang berlebihan pada akhirnya tidak hanya berdampak pada kesehatan mental dan jasmani diri sendiri, tetapi juga membuat orang lain merasa tidak nyaman. Kamu tentu tidak mengharapkannya, ‘kan?

Sebab itu, penting bagimu untuk mulai menyingkirkan segala bentuk kekhawatiran tentang uang tersebut. Kamu bisa mencoba cara-cara sederhana tapi efektif di bawah ini :

Ubah Pola Pikir

Hal pertama yang bisa kamu coba lakukan untuk menghilangkan kekhawatiran tentang uang adalah mengubah mindset terlebih dulu. Pola pikir seperti apa yang dimaksud? Bahwa uang adalah sumber kebahagiaan. Bila terus menerapkan mindset seperti ini, maka kamu tidak akan pernah merasa cukup dengan yang sudah dimiliki lantas memaksakan diri mendapat lebih.

Bedakan Antara ‘Masalah’ dan ‘Kekhawatiran’

Kamu harus bisa membedakan antara ‘masalah finansial’ dengan ‘kekhawatiran finansial’. Masalah artinya sesuatu yang harus segera kamu selesaikan, bersifat darurat karena sudah terjadi. Sedangkan kekhawatiran adalah hal yang belum sampai terjadi serta bisa disebabkan oleh sugesti semata. Ini sangat efektif menambah pikiran positifmu terkait keuangan.

Memperbaiki Manajemen Keuangan

Selanjutnya, cara yang efektif dalam mengenyahkan rasa cemas tersebut yaitu dengan memperbaiki manajemen keuangan. Kekhawatiran akan berkurang secara signifikan jika kamu memiliki pengaturan finansial yang baik. Sebab, kamu tahu dan bisa mengontrol alur keluar masuk keuanganmu sehingga kecemasan kekurangan atau kehabisan uang otomatis tersingkir.

Menyiapkan Dana Cadangan

Cara menghilangkan kekhawatiran tentang uang adalah dengan menyiapkan dana cadangan. Kamu tidak akan terkejut maupun panik dengan kebutuhan mendadak karena sudah ada alokasi biaya yang tersedia. Sebab, tidak semua pengeluaran bisa dikalkulasi dengan pasti. Selalu ada peristiwa tidak terduga yang bahkan bisa menghabiskan anggaran lebih besar.


Menyiapkan Dana Cadangan dengan Baik

Pengaruh dana cadangan terhadap menyingkirkan rasa khawatir atas keuangan sangat besar. Sebab itulah kamu sebaiknya memilih metode persiapan biaya sampingan terbaik. Salah satu bentuk cadangan biaya terbaik adalah dengan berinvestasi. Mengapa demikian?

  • Investasi memiliki potensi profit yang tidak terbatas – baik dari segi nominal maupun waktu. Jadi, bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang yang membuat setoran awalmu terus bertambah.
  • Investasi merupakan simpanan dengan stabilitas terbaik bila dibandingkan dengan model dana cadangan lain. Coba bandingkan dengan menyiapkan uang tunai untuk disimpan. Selain tidak menghasilkan profit juga lebih mungkin terus berkurang.
  • Investasi tidak sekadar menambah uangmu secara cuma-cuma, tetapi juga dapat merangsang dan melatih insting bisnismu.

Tentu saja agar kamu mendapatkan manfaat investasi secara maksimal, harus memilih objek yang paling bagus. Salah memilih, bukan profit yang kamu dapatkan, bisa jadi justru keuanganmu tambah mengalami defisit. Tidak berlebihan bila kemudian menyebut investasi emas merupakan objek yang menawarkan keuntungan terbaik dengan risiko minim.


Berinvestasi Emas Sebagai Pengusir Kekhawatiran Tentang Uang

Investasi emas bukan sesuatu yang asing – bahkan mungkin paling familier di antara objek lainnya. Namun, soal investasi ini dapat membantumu menghilangkan kekhawatiran tentang uang termasuk hal baru. Bagaimana bisa demikian? Sebab, emas memiliki keunggulan yang tidak tertandingi, yaitu soal stabilitas harga jual – beli sehingga dari segi profit selalu bagus.

Namun, kesulitan lain yang dirasakan bila memilih emas sebagai objek investasi adalah perkara modal. Sebab, selama ini pilihan luas yang dikenal adalah dengan membeli perhiasan emas yang harganya menyesuaikan kadar kemurnian logam mulianya atau membeli emas batangan murni. Kedua pilihan tersebut tidak menyisakan opsi dana yang kecil.

Sementara itu, harus menabung terlebih dahulu untuk bisa berinvestasi emas pasti terasa sulit. Terlebih untuk individu dengan tingkat kebutuhan yang tinggi. Namun kini, hal tersebut tidak lagi perlu untuk dikhawatirkan karena ada opsi investasi logam mulia yang dapat menyesuaikan dana di kantong, yaitu dengan sistem menabung. Menarik, bukan?

Kamu bisa mencobanya di IndoGold. Tanpa perlu mengumpulkan dana terlebih dahulu, kamu sudah bisa langsung mendepositkannya. Setoran akan langsung dikonversi menjadi emas yang bisa disimpan tanpa jangka waktu. Selain itu, bisa juga kamu jual atau tarik dalam bentuk batangan utuh. Cara menghilangkan kekhawatiran tentang uang yang sangat efektif, ‘kan?


Baca juga: 7 Tips Menabung untuk Persiapan Kelahiran Anak Pertama

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru