Finansial

Yuk, Jadi Milenial Cerdas Finansial Biar Makmur Sampai Tua!

Kabrina Rian Ferdiani-

12 Jun 2020

Yuk, Jadi Milenial Cerdas Finansial Biar Makmur Sampai Tua!

Milenial identik sebagai kelompok yang mudah menghabiskan uang tanpa pertimbangan? Kata siapa!? Saat ini, sudah tiba era milenial cerdas finansial di mana merupakan langkah efektif dalam menjaga stabilitas keuangan hingga masa tua. Apa sih maksudnya, ciri-ciri, manfaat, berikut cara untuk mewujudkan tujuan tersebut?


Baca juga: Ide Bisnis Terbaik bagi Fresh Graduate untuk Mengasah Passion


Kecerdasan Finansial dan Ciri-Cirinya

Istilah kecerdasan finansial masih awam bagi sebagian besar masyarakat. Disebut juga sebagai financial literacy artinya yaitu sebuah kemampuan atau pencapaian kognitif untuk mengambil keputusan tepat terkait sumber keuangan yang ada. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencapai kebebasan finansial – menyingkirkan segala bentuk kekhawatiran tentang uang.

Individu yang memiliki kecerdasan finansial ini memiliki ciri-ciri khusus :

Mampu Membedakan Hak dan Kewajiban Keuangan

Tanda pertama adalah mampu dalam membedakan hak dan kewajiban terkait finansial. Bahwa hak merupakan sesuatu yang harus didapatkan, seperti gaji dari profesi yang dijalankan. Sedangkan kewajiban yaitu hal yang harus ditunaikan, contohnya membayar tagihan penggunaan listrik. Bukan hanya memahami tetapi juga menunaikan dengan baik.

Mampu Membuat Keputusan Keuangan Sendiri

Milenial cerdas finansial memiliki kemampuan untuk membuat keputusan terkait keuangannya. Jadi, kamu tidak akan membuat orang lain menentukan langkah tentang hal tersebut. Kamu jeli dalam melihat peluang dan membuat kalkulasi sehingga tidak sekadar mengikuti tren dalam memanfaatkan uang yang dimiliki.

Berutang untuk Produktif, Bukan Konsumtif

Seseorang yang memiliki intelektualitas dalam hal finansial tidak akan takut berutang. Namun, penggunaannya bukan untuk kebutuhan konsumtif, justru produktif alias memiliki potensi menghasilkan profit yang besar. Jadi, pinjaman diajukan karena kamu yakin dapat mengembalikan pokok maupun bunga sambil tetap menghasilkan keuntungan bagimu.


Manfaat Kecerdasan Finansial untuk Milenial

Mengapa kamu harus menjadi kelompok milenial dengan financial literacy yang baik? Tidak sedikit dari kelompok usia produktif sepertimu yang berpikir bahwa usia muda lebih baik dihabiskan untuk bersenang-senang dulu saja. Namun, ketika kamu mengetahui manfaat-manfaat dari praktik kecerdasan finansial, pasti akan menghentikan pola pikir demikian :

  • Masa tua terjamin meski tidak lagi bekerja, namun uang tetap ada tanpa mengharapkan pemberian orang lain.
  • Tidak sampai mengalami kebangkrutan atau defisit keuangan di masa-masa sulit perekonomian global, contohnya selama periode COVID-19 seperti sekarang.
  • Bisa menghasilkan dari peluang-peluang yang tidak terpikirkan atau tak menarik bagi orang lain.


Praktik Kecerdasan Finansial Sederhana untuk Milenial

Meskipun financial literacy memiliki skala yang luas, namun kadang beberapa praktiknya justru terlewatkan oleh para milenial cerdas finansial. Padahal, menerapkan langkah-langkah sederhana berikut bisa menghemat hingga menghasilkan keuntungan yang menjanjikan :

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Praktik sederhana pertama yaitu tidak menunda-nunda pembayaran tagihan. Ini bagian dalam kewajiban yang jika ditunda dapat membuatmu harus membayar lebih akibat pengenaan denda. Selain terkait tagihan yang bersifat bulanan seperti langganan listrik, kartu seluler pascabayar dan semacamnya, segera melunasi utang juga merupakan langkah yang tepat.

Memanfaatkan Promosi dengan Baik

Di era seperti ini, banyak sekali vendor yang menawarkan beragam promo menarik dengan memanfaatkan gadget. Biasanya, berkaitan dengan metode pembayaran non tunai tanpa chip seperti dompet elektronik. Kamu bisa menghemat pengeluaran cukup besar ketika mempraktikkannya. Jadi, selalu periksa diskon yang memberikanmu harga terbaik.

Menggiatkan Aktivitas Investasi

Sebagai milenial yang melek finansial, kamu wajib memulai hingga meningkatkan aktivitas investasimu. Langkah ini jelas menambah pundi-pundi yang kamu peroleh, dengan kata lain menjadi cara menghasilkan pendapatan pasif. Investasi menjadi pilihan terbaik bagi milenial karena dapat memberi manfaat jangka panjang maupun solusi dalam situasi darurat.


Investasi Terbaik untuk Milenial yang Cerdas Finansial

Bagi milenial cerdas finansial, berinvestasi bukan hal yang sulit. Terlebih dengan dukungan perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga investasi juga jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Tinggal bagaimana memilih objek yang paling cocok, mengingat semakin banyaknya pilihan yang tersedia dengan tingkat risiko tentunya turut berbeda-beda.

Lantas, objek investasi mana yang paling sesuai dengan prinsip intelektualitas keuangan bagi finansial? Menyesuaikan dengan generasi milenial sendiri, maka objek yang paling relevan sebaiknya memenuhi karakteristik-karakteristik :

  • Memiliki tingkat risiko kegagalan paling rendah atau cenderung stabil nilainya.
  • Termasuk dalam kategori fintech di mana lebih praktis bagi generasi muda.
  • Dari segi keamanan transaksi terjamin – utamakan diawasi oleh lembaga berwenang.
  • Bisa dimulai dengan modal yang kecil.
  • Dapat menjadi investasi rutin.
  • Menawarkan potensi profit yang tidak terbatas.

Menyimpulkan dari poin-poin di atas, emas merupakan objek yang paling memenuhi syarat. Sebagaimana banyak orang ketahui, logam mulia ini merupakan objek investasi legendaris yang tidak lekang oleh zaman. Hal tersebut antara lain dikarenakan nilainya yang tidak hanya stabil namun terus menunjukkan tren kenaikan tanpa terpengaruh faktor-faktor eksternal.


Cara Investasi Emas yang Asyik untuk Milenial

Beberapa waktu terakhir, opsi investasi emas yang lebih modern sudah hadir. Yaitu dengan metode menabung yang mana sengaja dihadirkan untuk membuat objek investasi ini dapat dijangkau lebih banyak kalangan – khususnya milenial. Jadi, kamu tidak perlu mengumpulkan uang dalam jumlah besar dulu guna membeli emas dan menyimpannya.

Program tabungan emas ini salah satunya ditawarkan oleh IndoGold. Tanpa ribet, investasi dijalankan dengan sistem daring melalui aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis. Jadi, di manapun dan kapanpun kamu ingin bertransaksi, bisa langsung melakukannya. Harga emas yang dicantumkan juga merupakan real time price sesuai pergerakan pasar.

Memilih investasi emas di IndoGold merupakan langkah tepat bagi milenial cerdas finansial untuk kebutuhan dana darurat maupun simpanan masa depan. Sebab, logam mulia tidak memiliki masa kadaluarsa sehingga tidak masalah disimpan dalam waktu panjang. Selain itu, nilai jualnya tidak mudah digoyahkan bahkan dalam situasi darurat sekalipun. 


Baca juga: Apakah Investasi Emas Cocok untuk Kaum Milenial?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru