Gaya Hidup

5 Cara Meningkatkan Kualitas Diri di Tengah Pandemi

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Nov 2020

5 Cara Meningkatkan Kualitas Diri di Tengah Pandemi

Mendengar apalagi membahas tentang pandemi COVID-19 mungkin menimbulkan kejenuhan bagi mayoritas orang. Kapan wabah ini akan berhenti dan situasi kembali normal seperti semula? Padahal, musibah global ini tidak selalu soal negatif saja, lho. Ada satu nilai positif yang bisa kamu ambil di tengah pandemi ini, yaitu kesempatan meningkatkan kualitas diri.

Apa sih maksudnya? Kamu pasti setuju bahwa pandemi membuat waktu luangmu lebih banyak dibandingkan hari normal dulu, ‘kan? Terlebih untuk daerah-daerah dengan PSBB yang diberlakukan secara ketat. Nah, bukan berarti kamu menggunakannya bersantai, justru manfaatkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang membuatmu lebih produktif. Apa saja?


Baca juga: Sukuk Ritel: Kenali Risiko dan Keuntungannya


Mengasah Keterampilan Lebih Dalam

Meningkatkan kualitas diri yang pertama dengan cara mengasah keterampilan yang sudah kamu miliki agar lebih ahli lagi. Contohnya, jika kamu seorang desainer grafis, kamu bisa mengeksplorasi kemampuanmu dengan teknik yang lebih sulit. Semakin bertambah bagus skill yang dimiliki, nilaimu dalam karier profesional juga turut meningkat.

Meskipun terdengar sepele, banyak sekali yang masih meremehkan persoalan ini karena sudah terlanjur berada di zona nyaman. Padahal, jika kemampuan kamu tidak ditingkatkan, bukan mustahil akan tergerus oleh regenerasi yang terus berlangsung. Terutama mempertimbangkan persaingan dunia kerja yang semakin sengit.


Menambah Skill Baru yang Menghasilkan Tapi Fleksibel

Cara kedua dalam meningkatkan kualitas diri yaitu dengan menambah keterampilan atau skill baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Sebagai pribadi maupun profesional, kamu tentu akan lebih unggul jika memiliki tidak hanya satu keahlian saja. Tidak perlu pusing, kamu dapat mengembangkan keterampilan berawal dari hal-hal yang kamu sukai.

Misalnya kamu suka menulis tetapi tidak terasah dengan baik karena disibukkan dengan rutinitas sebagai pegawai kantoran. Ini kesempatan untuk mempelajari dunia tulis menulis lebih mendalam. Jangan salah, lho! Keterampilan menulis bisa menjadi sumber penghasilan sampinganmu dengan cakupan luas, yaitu : penulis novel, jurnalis, hingga content writer.


Mencoba Peruntungan dengan Berbisnis

Selanjutnya, cobalah peruntungan di bidang usaha dengan merintis bisnis kecil-kecilan. Sekarang ini, sektor usaha daring sangat menjanjikan, lho. Apalagi didukung dengan semakin menjamurnya berbagai E-commerce di tanah air. Kamu tidak perlu modal besar, bahkan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun jika memilih sistem dropship.

Sebagai pemula, pastikan untuk memilih usaha dengan persentase kerugian yang paling kecil. Gunakan modal yang bersumber dari dana segar, bukan uang untuk kebutuhan kamu sehari-hari. Hal ini akan menjadikan perputaran uang dalam bisnis menjadi lebih sehat. Keren sekali bukan jika kamu sudah memiliki usaha sendiri di usia muda!?


Menyeleksi Lingkup Sosial untuk Menghindari Toxic Friends

Selama pandemi COVID-19 ini, keterbatasan dalam beraktivitas di luar rumah secara otomatis turut memengaruhi pergaulan sosialmu. Waktu untuk berkumpul sulit dan ditambah protokoler kesehatan ketat yang diterapkan di ruang publik. Namun, di balik itu, terdapat hikmah di mana kamu dapat meningkatkan kualitas diri dengan menyeleksi ruang lingkup sosialmu.

Hindari berhubungan dengan toxic people atau orang-orang yang memberikan pengaruh negatif terhadapmu. Biasanya, di situasi serba sulit akibat pandemi seperti sekarang ini, mana teman yang benar-benar baik dan tidak akan tampak dengan jelas. Mempertahankan orang-orang dengan energi negatif di dekatmu hanya akan menghalangimu menjadi pribadi lebih baik.


Menggeluti Sektor Investasi Cerdas

Cara terakhir tidak lain adalah dengan menggeluti bidang investasi. Kamu mungkin dibuat mengernyitkan dahi ketika membahas tentang investasi pada kondisi di tengah kesulitan ekonomi sedang terjadi di mana-mana. Di situ kesalahan pola pikir mayoritas masyarakat, khususnya generasi milenial yang belum terlalu melek terhadap pentingnya investasi.

Tidak dapat disangkal bahwa investasi memang memiliki risiko yang tinggi, khususnya bila dilakukan saat perekonomian global sedang tidak stabil. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan dua faktor : objek dan vendor investasi yang dipilih. Objek investasi dengan nilai stabil akan menghasilkan profit secara konsisten dan vendor tepercaya menjamin sekuritasnya.

Mengapa investasi dapat meningkatkan kualitas dirimu? Sebab, investasi menghasilkan profit atau keuntungan yang dapat digunakan untuk persiapan masa depan, dana darurat, maupun kebutuhan lain. Selain itu, berinvestasi akan membuatmu lebih stabil secara finansial sehingga tidak tergantung pada suatu pekerjaan yang terikat pada pihak employer.


Investasi Cerdas untuk Milenial yang Aman dan Profitable

Sebagaimana sudah sedikit disinggung di atas, berinvestasi di tengah pandemi memang memerlukan perhitungan yang lebih matang. Khususnya dalam memilih objek dan vendor penyelenggara investasi terkait. Jika mempertimbangkan dari banyak aspek, merupakan fakta tidak terbantah bahwa logam mulia emas menjadi pilihan terbaik.

Mengapa demikian?

  1. Nilai emas tetap stabil, baik harga jual maupun belinya sepanjang pandemi berlangsung. Tidak tampak fluktuasi terhadap nilai logam mulia tersebut secara global maupun nasional.

  2. Emas dapat dijual kapan saja tanpa khawatir akan kerugian karena nilai logam mulia ini terus menunjukkan tren positif.

Namun, pertimbangan selanjutnya tentu vendor penyelenggara investasi yang dipilih. Kamu bisa saja mengikuti cara lama dengan langsung membeli perhiasan dan menyimpannya di rumah, tetapi justru dibayangi rasa tidak tenang menyimpan benda berharga. Terutama pada situasi saat ini yang lebih baik segala sesuatu dilakukan secara daring.

Begitu pula dengan berinvestasi logam mulia emas yang kini dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi fintech IndoGold. Terdaftar sebagai anggota OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan sudah beroperasi sejak tahun 1978, sudah dipastikan keamanan dan pengalamannya sebagai vendor investasi emas. Lewat aplikasi, investasimu beres.

IndoGold menawarkan sistem saldo tabungan emas yang bisa dibeli secara real time maupun menggunakan sistem cicilan. Konsep yang sangat keren, ‘kan? Hanya dengan minimal Rp500,- saja, kamu sudah bisa memulai investasi emas pertamamu di IndoGold. Jadi, siapa bilang meningkatkan kualitas diri melalui investasi emas itu sulit? Yuk, mulai sekarang juga!


Baca juga: 14 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru